Berbelanja Aman dan Nyaman dengan TIKI


Di rumah saja sudah kita lakukan sejak awal pandemi, bagi yang memungkinkan untuk berkegiatan di rumah. Dampak pandemi membuat semakin banyaknya masyarakat yang menjadi pelaku usaha atau sebagai pelaku pembeli online. Hal tersebut menyebabkan transaksi online  makin banyak dilakukan masyarakat, baik sebagai pelaku usaha, maupun sebagai konsumen. 

Melakukan transaksi online tentu saja memerlukan edukasi agar bisa berjalan aman dan lancar. Sebagai seller penting untuk memastikan agar produk yang dijualnya sampai ke tangan konsumen dengan aman dan mereka bisa puas dengan barang dan pelayanannya. Sedangkan sebagai konsumen, penting untuk memilih seller yang terpercaya dengan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhannya.

Penghubung di antara keduanya adalah jasa logistik atau pengiriman barang. Penting bagi kedua belah pihak untuk memilih jasa logistik yang terpercaya, agar produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik dan tepat waktu. Tentu saja, juga dengan biaya yang mudah terjangkau dan pelayanan yang memuaskan.


Transaksi online lebih sering lagi saya lakukan saat pandemi ini, karena memang membatasi kegiatan di luar rumah, Selain itu, transaksi online juga memudahkan saya untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Selama ini, saya lebih sering membeli lewat market place, selain karena mudah mencari barang, juga lebih bisa mendapatkan seller yang terpercaya.

Untuk jasa pengirimannya saya menggunakan pilihan yang ada di market place tersebut. Dan selama ini saya lebih sering menggunakan jasa TIKI. Selain karena tepat waktu, kurirnya pun ramah dan sigap. Sering saat paket datang dan saya tidak mendengar karena kami sedang ada di lantai 2, kurir meletakkan barang di tembok dekat pagar dan WA/SMS saya untuk memberitahu tentang paketnya. Alhamdulillah tidak dilempar :) Dan, selama pandemi ini, kurir yang datang selalu dengan prokes ketat, yaitu jaga jarak dan menggunakan masker double.


Zoom Meeting KEB dan TIKI



Tanggal 14 Juli 2021 kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti zoom meeting dengan KEB (Kumpulan Emak Blogger) dan TIKI dengan tema "Aman dan Nyaman Berbelanja Online". Walaupun sambil antri vaksin untuk dosis pertama, alhamdulillah tetap bisa mengikuti jalannya zoom karena menarik sekali perbincangannya.


TIKI sebagai salah satu jasa logistik yang terpercaya, ingin agar baik para pelaku usaha maupun konsumen bisa menggunakan jasa mereka dengan aman dan nyaman. Di masa pandemi ini, TIKI sangat memperhatikan protokol kesehatan, baik saat interaksi antar pegawai, maupun antara pegawai dengan para pelanggannya. Hal tersebut akan membuat para pelanggan makin nyaman untuk mendatangi gerai TIKI dan mengirim barang-barangnya. Paket-paket yang ada pun disemprot dengan desinfektan, dan kurir menggunakan protokol kesehatan ketat.


Saya sering berbelanja di market place dengan menggunakan jasa TIKI. Sejauh ini barang yang saya terima selalu dalam kondisi baik, petugasnya ramah dan cekatan, juga tepat waktu. Tapi saya belum pernah memiliki pengalaman sebagai seller, sehingga belum pernah menggunakan jasa logistik sebagai pelaku usaha atau yang mengirimkan barang. 

TIKI memiliki banyak produk unggulan, diantaranya adalah SDS (same day service). ONS (one night service), TDS (two days service), REG (reguler), ECO (economy service), TRC (trucking service), INT (international service). 

Nah, karena kondisi sekarang yang mengharuskan membatasi kegiatan di luar rumah, TIKI menawarkan layanan terbarunya, yaitu PUTAR (jemput dan antar). Jadi dengan menggunakan layanan ini barang bisa dipick up oleh gerai TIKI yang terdekat dari lokasi kita. Layanan tersebut bisa didapatkan di aplikasi TIKI. Aplikasinya memudahkan sekali untuk seller, terutama untuk cek ongkir dan cek resi. Lebih mudah dan praktis, terutama bagi seller :)




Di zoom meeting tersebut, saya mendengarkan penjelasan Mak Rina Susanti yang memiliki usaha anggrek hias. Usaha yang dimulai tahun 2017 itu makin ramai dan laris, dan jangkauan pasarnya juga makin luas. Hal tersebut membutuhkan jasa logistik yang terpercaya, karena kebayang dong betapa sulitnya menjaga tanaman tersebut agar tetap dalam kondisi baik bisa diterima pembeli.

Mak Rina ternyata menggunakan TIKI sebagai salah satu jasa ekspedisinya, karena memang tidak semua ekspedisi bisa dan mau menangani pengiriman tanaman karena resikonya yang cukup tinggi. Wah, bila paket tanaman saja bisa ditangani dengan baik, apalagi paket yang lainnya. Dan. ternyata pengiriman ikan hias pun bisa dilakukan, tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi, andaikan saya akan membuka usaha, terpikir untuk menggunakan TIKI sebagai salah satu jasa pengirimannya. 


Jasa logistik memang makin banyak di Indonesia, tapi nama TIKI memang sudah familiar dalam dunia pengiriman barang di Indonesia. Sebagai (calon) seller, saya tertarik menggunakan layanannya, dan sebagai pembeli selama ini saya puas dengan layanannya. 



Tidak ada komentar