Rice Cooker Cosmos Harmond, Jaga Nasi Sehat dan Tetap Hemat



Bismillah,
Wah, udah lama juga ternyata hibernasi dari blog, karena segala keseruan mengurus anak-anak yang makin padat kegiatannya, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Makin padat jadwal mereka, makin kerja keras bundanya buat bisa mengatur waktu yang hanya 24 jam. Penginnya selain semua kerjaan beres, juga masih bisa menguatkan bondong antar anggota keluarga dan meningkatkan komunikasi yang baik. Semoga bisa dimudahkan oleh Allah semua prosesnya, karena selain ikhtiar, juga dikuatkan dengan doa.

Oiya, peer bundanya nih, selain mengatur waktu, juga harus mengatur keuangan keluarga hingga bisa memenuhi semua KEBUTUHAN keluarga. Beberapa hal yang saya lakukan dalam mengatur keuangan keluarga, antara lain:


  • Memisahkan keuangan sesuai dengan posnya, yaitu kebutuhan bulanan keluarga, zakat, tabungan dan hiburan. 
  • Mendahulukan pos tabungan dan zakat, lalu kemudian menghabiskan sisanya untuk kebutuhan bulanan dan hiburan keluarga.
  • Menghemat pos kebutuhan bulanan keluarga, pada item yang bisa dihemat. Contohnya: konsumsi listrik, air, belanja bulanan, transpor, dan masak keluarga. 
  • Hemat tidak sama dengan pelit. Menghemat artinya mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan agar tidak mubazir nantinya. Jadi biasanya saya memasak lauk dan sayur dengan jumlah pas. Insya Allah berkah dan mencukupi kebutuhan gizi harian keluarga. 
Selain lauk dan sayur, nasi pun saya usahakan agar masak dengan porsi cukup. Saya menggunakan rice cooker dengan anti lengket, karena memang sepengetahuan saya yang banyak dijual di pasaran adalah jenis tersebut.

Dan memang, walaupun saya berusaha merawatnya dengan apik yaitu mencucinya dengan sabut yang halus agar tidak menggores bagian dalam rice cooker, tetap saja lama kelamaan tergores. Tapi cuek saja tetap saya gunakan, karena saya pikir itu tidak berpengaruh juga ke nasi. Nasi yang saya masak tetap enak dimakan, wangi, dan tidak mudah basi. 

Oiya, nasi yang tidak mudah basi kemungkinan karena saya masak nasi untuk sekali porsi makan. Selain itu, lima menit setelah nasi masak, saya aduk nasi agar uap panasnya keluar dan nasi tidak menggumpal.



Setelah berkenalan dengan rice cooker Cosmos dengan teknologi Harmond, saya baru mengetahui ada teknologi rice cooker dengan Anti Gores. Apa bedanya dengan anti lengket?
Ternyata teknologi innerpan (panci) dengan anti lengket itu mengandung perfluorooctanoic (PFOA) yang karsinogenik, sehingga bila lapisannya terkelupas maka akan bercampur dengan nasi dan menyebabkan penyakit serius, salah satunya penyakit kanker. Wah, ngeri juga ya!

Nah, teknologi Harmond dari rice cooker sehat  ini menjamin innerpan tidak akan mengelupas, sehingga bisa jaga nasi sehat. Karena innerpan dibuat dengan teknologi khusus dan didinginkan dengan temperatur mendekati 0 derajat Celcius.

Saya sempat mencoba membuktikan apa benar bahwa innerpan Cosmos dengan teknologi Harmond ini anti gores. Jadi saya menggosok innerpannya dengan sikat alumunium. Ternyata terbukti bahwa innerpannya memang anti gores.



Rice cooker tipe CRJ 6601 yang saya miliki ini kids-friendly, karena tampilannya yang lucu dengan karakter angry bird dan bukaan yang open matic, sehingga anak pun bisa membuka tutup rice cooker dengan mudah untuk mengambil nasi.  Multifungsi pula, selain bisa memasak nasi, juga bisa untuk mengukus, merebus dan memasak. Hemat dong ya, jadinya.

Nah, untuk menghemat penggunaan listrik, saya juga memakai tip:


  • Setelah masak, tunggu 5 menit, aduk untuk keluarkan uap panas dan nasi tidak cepat basi, lalu cabut colokannya.
  • Walaupun menggunakan daya 300 Watt, tetap dong ya penggunaannya dihemat dengan menghangatkan nasi setengah jam sebelum dimakan. Setelah itu matikan. Hal tersebut juga menjaga nasi lebih sehat dan tidak cepat kering.


Selain menggunakan rice cooker sehat, nasi yang sehat juga didapat dengan menggunakan tempat penyimpanan (rice dispenser) yang membuat beras tetap terjaga kualitasnya, yaitu bebas kutu dan bebas dari karat. Cosmos juga memiliki rice dispenser yang sesuai dengan kriteria tersebut, plus ditambah dengan sistem pull and dispense atau sekali tarik maka beras akan otomatis keluar dalam satu takaran (150 gram). Praktis, ya. Tempatnya terbuat dari plastik yang tebal dan kokoh, dengan warna pastel yang feminin dan anti slip. Aih, suka deh.



Alhamdulillah, dengan nasi yang lebih sehat dan lebih awet, jadi terhindar dari mubazir karena nasi terbuang disebabkan cepat basi atau kering. Penggunaan beras (dan listrik) bisa lebih terkontrol penggunaannya (baca: Hemat).

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan produk Cosmos, bisa mendapatkannya di toko elektronik, supermarket, atau online di market place seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store).

Untuk info lengkap produk Cosmos plus banyak resep dan tip bermanfaat, bisa kunjungi website Cosmos ya di www.cosmos.co.id






26 komentar

  1. Rice cooker Cosmos kecintaan sejuta umat! Aku jg punya produk ini dan super recommended. Hepi bgt punya produk berkualitas mumpuni yak

    BalasHapus
  2. Menyajikan makanan sehat buat keluarga sudah pasti jadi keinginan setiap ibu rumah tangga ya. Saya blm punya nih penanak nasi seperti ini. Semoga kecipratan juga deh. Amin...

    BalasHapus
  3. Buagusss banget produknyaaaa
    Aku jg punya rice cooker Cosmos iniii

    BalasHapus
  4. Cosmos selalu jadi yg terdepan ya utk alat rumah tangga khususnya utk masak

    BalasHapus
  5. Sepakaat banget kalau nasi Cosmos ini beneran bikin nasih tetap sehat. KIta juga jadi sehat kan kalau makan nasi yang sehat. Oh ya, aku udah buktiin kalau ini anti gores loh :)

    BalasHapus
  6. Selama ini akutuh ngga aware sama penanak nasi gini.. aku kira yang paling bagus ya yang ngga lengket, tapi ada bahan bahan yang tidak sehat jika digunakan sebagai bahan pembuat penanak nasi ya.. harus lebih berhati hati sebelum memilih penanak nasi nih

    BalasHapus
  7. Kemasan rice cookernya lucu angry bird gitu salah fokus saya hehe, rice cooker cosmos anti gores ini favorit keluarga kami sudah bertahun2 pakainya :)

    BalasHapus
  8. Emang keren banget cosmos harmond pilihan ibu-ibu banget ini

    BalasHapus
  9. Cosmos Harmond kiyuutt banget modelnya....bikin emeessh~
    Aku suka banget sama Cosmos, karena awet dan ternyata bikin nasi lebih sehat yaa...

    BalasHapus
  10. Dulu kupikir yang baus ya panci antilengket ya mbak ternyata lbh bagus yang antigores karena mencegah lapisan rice cooker mengelupas sehingga enggak mengkontaminasi makanan yang kita makan, khususnya nasi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, rata-rata orang masih salah kaprah ya nyarinya malah yang anti lengket. Padahal begitu lapisannya rontok, duuh malah mempengaruhi kualitas nasi yang kita makn.

      Hapus
  11. Aku tertarik Rice dispenser nya deh..cakep euy warna maupun motifnya..Bentuknya pun sedang ya..tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar..

    BalasHapus
  12. Hari gini mah jadi ibu harus cermat dalam memilih perabot dapur yang aman buat keluarga yah mbaak, Cosmos emang pilihan yang paling tepat dan aman sih,

    BalasHapus
  13. pilih rice cooker gak boleg sembarangan

    merek ngasal biasanya bikin nasi gampag kering dan gampang kuning

    itu nggak banget,, nafsu makan ilang , sehat juga diragukan

    BalasHapus
  14. Tempat penyimpanan beras ku pas rusak, udah lama sih sebenarnya tapi lagi males keluar rumah kalo sendirian nyari peralatan gini. Aku punya yang seri lama dan udah lebih dari 20 tahun usianya, hihii...saatnya ganti Cosmos emang siy

    BalasHapus
  15. Aku juga selalu pakai rice cooker yang anti lengket dan tidak nempel pelapis pancinya

    BalasHapus
  16. Punyaku masih anti lengket sih mbak. Ternyata lebih penting yg anti gores ya untuk menanak nasi

    BalasHapus
  17. Cosmos memang jadi andalan ibu rumah tangga sejak dulu kala. Inovasinya bener bener ngebantu kita utk tetap sehat dgn lapisan harmond ini

    BalasHapus
  18. Cosmos bagus ini anti lengketnya lebih awet juga. Aku juga akhirnya udah pakai Cosmos nih.

    BalasHapus
  19. Cosmos menjadi pilhan untuk hidup lebih sehat dan pastinya bisa buat kita lebih hemat karena awet dan tahan lama nih

    BalasHapus
  20. Aku juga Alhamdulillah percaya dengan merk cosmos. Cuma hanya belum pinter Mili tipe nya nich dan ternyata beda ya anti lengket anti gores kirain sama aja

    BalasHapus
  21. Milih rice cooker bagus itu gampang gampang susah. Saya beli dua kali, yang satu lumayan awet tapi yang kedua sebentar banget awetnya. Kayaknya yang pertama itu merek cosmos. Yang kedua bukan. Cepet panas, nasinya cepet kering, nasinya jadi sering kebuang. Saya udah masukin ke rencana belanja sih bakal ganti rice cooker dalam waktu dekat, insyaa Allah

    BalasHapus
  22. Tadinya aku piker rice cooker yang bagus itu yang anti lengket loh kak, ternyata malah bias jadi penyebab kanker ya, duuuhhh mending ganti ke teknologi harmond aja deh

    BalasHapus
  23. Ricecookernya lucu banget yah gambarnya angry bird gitu. Bagus nih anti gores. Rice cookerku yang lama juga udah habis lapisan anti lengketnya.

    BalasHapus
  24. Wow, cosmos selalu berinovasi dalam membuat produknya ya. rice cooker yang wajib banget buat ibu rumah tangga. modelnya lucu bikin semangat masak nih.

    BalasHapus
  25. Rice cookernya lucu, imut, cocok nih buat anak kos. Bukan cuma bisa untuk masak nasi, bahkan rice cooker ini bisa dipakai untuk bikin kue bolu sederhana lho.

    BalasHapus