Penuhi Nutrisi si Kecil yang Alergi Susu Sapi dengan SGM Eksplor Advance+ Soya

Peluncuran SGM Explore Advance+ Soya

Sebagai ibu, kita pasti ingin agar tumbuh kembang anak bisa optimal. Memenuhi kebutuhan nutrisi mereka adalah salah satu cara kita untuk mendukung kualitas kesehatannya di masa kini, sekaligus investasi kesehatan mereka di masa mendatang.

Namun, kata siapa memenuhi kebutuhan nutrisi mereka tidak ada tantangannya? Mulai dari GTM, picky eater, sampai alergi pada anak.

Saya termasuk yang anaknya pernah mengalami ketiganya. Namun, menurut saya yang cukup membuat pusing adalah bila anak memiliki alergi, karena berdampak langsung ke anak, misalnya ruam merah yang sangat gatal dan sangat mengganggu kenyamanan anak.

Nah, di acara peluncuran produk terbaru dari Sari Husada, yaitu SGM Eksplor Advance+ Soya, pada tanggal 28 Agustus 2019 di Double Tree by Hilton (Jakarta), para awak media dan momblogger bisa sekaligus belajar mengenai pemenuhan nutrisi pada anak, terutama yang mengalami alergi susu sapi.

Asupan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak yang Mengalami Alergi Susu Sapi


"Status kesehatan seorang anak dilihat dari pencapaian tumbuh dan kembangnya. Untuk tumbuh bisa dilihat dari indikator berat badan, panjang/tinggi badan, indeks massa tubuh, dan lingkar kepala. Sedangkan kembangnya sendiri dapat dikatakan baik, bila terjadi peningkatan juga sesuai umurnya dalam hal kemampuan motorik, bahasa, personal sosial, dan kemandirian," jelas Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak.

Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) 


Dalam proses tumbuh kembangnya, anak bisa mengalami berbagai tantangan yang berpotensi akan membuat tumbuh kembangnya tidak akan optimal. Tantangan itu seperti anak mengalami sakit, alergi, aspek lingkungan dan lainnya, yang tentu saja harus dicari solusinya sehingga anak bisa memiliki kualitas hidup yang baik. 

Sekarang ini, banyak anak yang mengalami alergi, terutama alergi protein susu sapi. Gejalanya setelah mengkonsumsi susu sapi, anak mengalami alergi atau gangguan pada kulit (ruam merah), saluran cerna dan/atau saluran napas. 

Jadi, bagaimana tata laksana anak dengan alergi susu sapi?
  • Menghindari susu sapi dan produk turunannya.
  • Memberikan nutrisi alternatif pengganti susu sapi, misalnya dengan susu formula dengan protein yang sudah terhidrolisa atau isolat protein soya (susu formula soya).
Spesifikasi dari Susu Formula Soya

Susu formula soya sendiri merupakan nutrisi alternatif yang aman dan efektif untuk bayi cukup bulan yang tidak dapat mengkonsumsi protein susu sapi. 

Ketuai IDAI Jakarta ini pun menegaskan, "tidak ada perbedaan tumbuh kembang antara anak yang mengkonsumsi susu formula sapi dengan susu formula kedelai."

Hal mengenai alergi itu sendiri dipaparkan lagi oleh Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan SpA(K), M.Kes pada sesi kedua.

"Susu sapi adalah penyebab kedua alergi terbesar di Asia, setelah telur. Di Indonesia sendiri, hampir 7,5% anak mengalami alergi susu sapi, " buka dokter yang humoris ini.

Alergi sendiri merupakan respon sistem imun yang tidak normal, bisa bereaksi dengan bahan yang menurut kebanyakan orang tidak berbahaya. Pencetusnya bisa berupa makanan tertentu (misalnya makanan laut, telur, gandum, dan kacang-kacangan), atau sesuatu yang terhirup, seperti tungau rumah, serbuk sari tanaman, dan lainnya.

Anak yang memiliki riwayat keluarga kandung yang alergi, lahir dengan operasi, atau terkena paparan asap rokok akan berpotensi meningkatkan risiko alergi pada anak. Kelahiran secara caesar juga meningkatkan risiko anak terkena asma, karena operasi menyebabkan penundaan perkembangan bakteri baik pada usus, sehingga perkembangan sistem daya imun tubuh anak pun mengalami hambatan.

Alergi sendiri ternyata memiliki dampak negatif, baik pada anak, maupun keluarganya. Dengan memiliki alergi, maka risiko penyakit degeneratif pada anak akan meningkat dan mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Kualitas hidup anak juga akan berkurang karena faktor stress pada anak dan bisa termasuk juga kondisi ekonomi keluarga yang menurun akibat harus sering ke dokter, dan lainnya.

Jadi setelah mengenal tentang alergi pada anak, konsultasikan ke dokter, sehingga bisa diketahui tentang tata laksana alergi pada anak.

SGM Eksplor Advance+ Soya untuk Anak yang Alergi Susu Sapi


"Sari Husada sangat peduli dengan hak anak untuk berkembang, salah satunya caranya adalah dengan ikut serta menyiapkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak Indonesia" ungkap  Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia. 

Hal senada juga dijelaskan oleh Meutia Athaya, Brand Manager SGM Eksplor Adance+ Soya.

Meutia Athaya, Brand Manager SGM Eksplor Adance+ Soya

"SGM sangat peduli dengan nutrisi anak Indonesia. Melihat cukup banyak anak Indonesia yang ternyata alergi susu sapi, maka SGM mengeluarkan solusi nutrisi untuk mereka untuk membantu optimalisasi tumbuh kembangnya, yaitu SGM Eksplor Advance+ Soya dengan ComplinutriSoy+."

Ada 5 (lima) kebaikan dari ComplinutriSoy+ loh, yaitu:
  • 100% isolat protein soya berkualitas
  • Bebas laktosa
  • Sumber serat
  • Minyak ikan, Omega 3 dan 6
  • 13 Vitamin dan 7 mineral
Untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap nutrisi anak Indonesia, selain mengeluarkan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, SGM juga membantu menyebarkan informasi pentingnya nutrisi pada anak dengan berbagai cara, antara lain:
  • Membuat konten mengenai nutrisi di website dan akun media sosial SGM (kampanye #BundaTanggapAlergi dengan 3K).
  • Mengadakan gathering atau sejenisnya dengan para ibu agar mereka bisa melek nutrisi.

Partisipasi Kita untuk Membantu Menyebarkan Informasi Nutrisi


Kita sebagai ibu yang melek digital, bisa banget ikut berpartisipasi dengan ikut menyebarkan konten mengenai nutrisi di akun sosial media kita, misalnya Instagram.

Agar kita bisa mengetahui seberapa banyak konten nutrisi yang kita buat dibaca, maka bisa dilihat dari jumlah likes dan komen. Jadi gimana sih caranya bisa mendapatkan banyak likes dan komen?

Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan SpA(K), M.Kes - Nucha Bachri 

Nucha Bachri, momfluencer yang juga pendiri Parent Talk, membeberkan tentang bagaimana caranya bisa membuat konten yang bernilai. Tip dari ibu 2 anak ini agar konten Instagram kita bisa mendapatkan banyak likes dan komen adalah:

  • Foto jernih dan caption menarik
  • Memanfaatkan fitur yang ada di Instagram untuk meningkatkan interaksi
  • Posting di "prime time"
  • Gunakan hashtag yang berkaitan dengan caption
  • Konsisten
Untuk itu kita harus mengetahui tujuan kita posting, caption yang kita tulis memang benar kita alami, dan menonjolkan karakter kita. Jangan lupa juga ada "social media rules" di mana salah satunya adalah menjaga privacy keluarga kita. 

Kenali, Konsultasikan, Kendalikan (3K)


Jadi, untuk para ibu dengan anak yang memiliki alergi, jangan panik. Yuk,  lakukan 3K! Kenali dulu pemicu alergi anak dan gejalanya, konsultasikan pada dokter, dan kita kendalikan dengan menjaganya dari faktor pencetus alerginya.

Dan ingat, anak dengan alergi, termasuk alergi susu sapi, bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal juga. Jadi semangat, moms!



27 komentar

  1. Wah bener banget nih Mbak memenuhi kebutuhan si kecil ini memang penting banget nih

    BalasHapus
  2. Anak yang alergi susu sapi memang masih bisa tumbuh dengan baik nih ya Mbak

    BalasHapus
  3. Sekarang sudah nggak perlu khawatir lagi nih ya Mbak buat si kecil yang alergi susu sapi

    BalasHapus
  4. Untung banget ya ada SGM soya ini, jadinya anak2 yang gak bisa minum susu sapi masih tetap terpenuhi kebutuhan susunya..

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu mbak kalau terpapar asap rokok juga bisa memicu alergi anak. Anak aku jarang seh terpapar asap rokok, tapi di Pontianak sering terpapar asap kebakaran hutan :(

    BalasHapus
  6. Alergi emang bikin bete ya..apalagi kalo kita gak tahu penyebabnya...Ibuk emang wajib nih dengan 3 K nya...jadi tetap bisa optimal memberi asupan gizi ke anak2.

    BalasHapus
  7. Alergi pada anak ini kalo nggak ditangani dengan baik dampaknya mengganggu kesehatan anak ya mbk. Alhamdulillah sekarang ada susu soya, susu pengganti susu sapi untuk anak yang memiliki riwayat alergi

    BalasHapus
  8. Harus lebih menjaga dan berhati-hati ya kalau sudah tahu alerginya apa pada anak. Biasanya alergi kan bikin gatel-gatel, bisa-bisa digaruk malah luka atau anak juga jadi rewel. Ternyata susu sapi dan telur banyak membuat alergi ya...Saya baru tahu fakta ini

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu nih SGM mengeluarkan SGM Eksplor Advance+ Soya dari cerita instagram milik teman, mbak. Jadi ngebantu anak2 untuk tetap mendapat nutrisi, dan gizi mereka yg alergi susu sapi dengan susu soya dari SGM ini ya hhehee
    TFS, mbak

    BalasHapus
  10. Betul sekali. Memenuhi kebituhan gizi anak memang banyak tantangannya. Untung ada SGM Soya ini ya buat yang alergi susu sapi

    BalasHapus
  11. Karena nutrisi yang tepat bagi Si Kecil yang alergi bisa membantu tumbuh kembangnya makin optimal dan sama dengan anak-anak lainnya

    BalasHapus
  12. Kasihan ya kalau anak terkena alergi, rewel karena tubuhnya nggak nyaman, kangen banget padamu Indriii..sehat selalu..

    BalasHapus
  13. Dulu pasti panik banget kalau anka gabisa minum susu sapi karena alergi. Sekarang aman aja ya Mak ada susu terfortifikasi :)

    BalasHapus
  14. Sekarang anak yang alergi dengan susu sapi sudah tidak perlu khawatir lagi, karena ada SGM Eksplor Advance+ Soya untuk membantu tambahan nutrisinya.

    BalasHapus
  15. Iya nie.. Kayaknya setiap anak harus kita cari tau alerginya apa.. Biar gak asal ngasi makanan ke anak...

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah dapat pengetahuan lagi soal parenting di sini, bisa mempersiapkan susu yang tepat untuk anak kelak 😊

    BalasHapus
  17. Makin keren deh SGM. Susu untuk anak alerginya semakin disempurnakan. Bikin para ortu yang anaknya alergi gak perlu takut anak-anak mereka kekurangan gizi.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya mba, untukk anak y yang alergi susu sapi dapat memperoleh n nutrisi yanng sama dengan mengkonsumsi susu sgm soya

    BalasHapus
  19. Baru ngeh ternyata SGM Soya ini baru diluncurkan. Saya kira sudah ada sejak lama.

    BalasHapus
  20. Khatam ya mak masalah gtm. Belum klau yg kita masak ternyata bikin alergi. Tambah pusing lagi

    BalasHapus
  21. Ternyata efek akibat dari alergi susu sapi ini mengerikan juga ya mb..dapat berpengaruh ke tumbuh kembang anak.. Untung ada SGM Soya, sebagai alternatif bagi anak-anak yang alergi susu sapi. Mksh infonya mbak...

    BalasHapus
  22. Oh berarti anakku dulu alergi susu sapi di saluran pernapasan. Tiap minum susu sapi pasti tenggorokan nya radang. Akhirnya ganti susu soya yang dirujuk oleh dokter spesialis anak

    BalasHapus
  23. talkshow kesehatan bonus tips mengelola media sosial, lengkap!
    btw, udah ga ragu lagi ya untuk memberi nutrisi untuk anak alergi susu sapi dengan tepat. SGM Soya terbaru nutrisinya pas untuk yang tidak cocok minum susu sapi.

    BalasHapus
  24. Anak-anak mesti banget dapat nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  25. Dulu pas anak saya kecil juga alergi susu sapi jadi diare gitu kalau minum susu sapi. Tapi alhamdulillah saat itu ada SGM Soya yg harganya ekonomis jadi konsumsi SGM Soya dan berangsur pulih

    BalasHapus
  26. setuju banget kalau alergi tuh memberikan dampak negatif ke anak. Kayak saudaraku yang umur 3 atau 4 tahun gitu kena alergi dan dia gatal-gatal kalau makan ikan padahal dia suka banget. Jadinya kan tubuhnya kurus karena pengen makan ikan tapi enggak boleh sama mamanya, huhuhu

    BalasHapus
  27. Nutrisi penting banget untuk masa tumbuh kembang anak ini mah
    Ibu ibu di sini akhirnya pakai SGM demi pemenuhan nutrisi yang dikandung susu ini

    BalasHapus