Menguatkan Bonding Bersama Anak dengan Ngabuburit Bermanfaat



Ngabuburit Bersama Anak


Sore hari itu biasanya waktu yang lagi rempong-rempongnya buat kita para ibu menyiapkan makanan buka puasa untuk keluarga. Padahal justru sore hari itu waktu asyik buat kita ngabuburit bersama anak-anak buat kita lebih meningkatkan bonding dengan mereka.

Pasti pada tau dong apa itu ngabuburit? Jadi intinya sih ngabuburit itu merupakan kegiatan yang kita lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, sehingga lapar dan dahaga jadi tidak terlalu terasa. Nah,  kalau kita sebagai ibu sibuk menyiapkan makanan berbuka pada sore hari, dan anak-anak sibuk sendiri dengan kegiatannya,  kenangan apa yang akan mereka ingat nantinya saat mereka besar?

Tip Agar Ngabuburit bersama Anak Bisa Menyenangkan


Saya pengin banget bisa ngabuburit bersama anak-anak, tapi juga makanan untuk berbuka sudah beres. Beberapa hal yang saya lakukan agar bisa ngabuburit bersama anak-anak, yaitu:

1. Menyiapkan rencana menu untuk bulan Ramadan, jadi waktu untuk kegiatan berbelanja dan memasak pun bisa dipangkas.

2. Anak-anak saya biasanya tidak tidur lagi setelah subuh. Nah agar waktu tidurnya tetap tercukupi, biasanya mereka saya ajak tidur siang setelah zuhur. Tentu saja kalau mereka tidak ada kegiatan di sekolahnya. Beda cerita nih nanti kalau mereka sudah masuk sekolah. Nah, saya memasak saat mereka tidur siang, jadi menjelang magrib saya hanya tinggal menyiapkan saja atau memasak sebentar untuk jenis masakan yang harus hangat seperti tempe atau tahu goreng, dan lainnya. Sepertinya kalau anak-anak sudah masuk sekolah, saya akan memasak atau menyiapkan makanan berbuka saat mereka sekolah. Jadi menjelang magrib saya hanya tinggal mengolahnya sebentar.

3. Tidak menunda sholat wajib. Jadi begitu azan asar langsung ajak anak-anak sholat, tilawah dan zikir petang. Begitu semua ibadah selesai, kan jadi bisa ngabuburit dengan tenang deh bersama mereka.

Jika semuanya sudah beres, ngabuburit bersama anak-anak pun bisa 'all out' dan fokus.

Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak


Nah, sekarang kegiatannya ngabuburitnya apa aja sih? Penginnya sih ngabuburit bersama mereka itu selain menyenangkan juga yang bisa membawa manfaat. Jadi biasanya ngabuburit yang kami lakukan adalah:

✔ keliling komplek sambil cari-cari lapak yang jual penganan untuk buka puasa. Ini palingan seminggu sekali sih belinya, kalo pas saya lagi tidak sempat bikin-bikin camilan.

✔ nonton bareng kajian online.


✔ anak sulung ini kalau di rumah suka banget ceramah ala dai-dai cilik gitu di depan kami. Jadi tambahan pengetahuan juga sih buat adik-adiknya.

✔ bikin camilan atau es buah bareng untuk buka puasa, biasanya sih dengan resep yang simpel aja.

✔ ngobrol sambil leyeuh leyeuh. Biasanya yang dibahas receh banget sih hahaha... tapi sering juga diomongin hal- hal yang berat seperti kisah nabi, kiamat, surga neraka. Duh, langsung pening pala mamak hahaha... Tapi jadinya saya memang semangat juga buat terus belajar hal-hal yang ternyata banyak banget yang belum saya ketahui.

Ngabuburit sederhana, tapi insya allah mudah-mudahan akan bisa mengisi kenangan indah mereka tentang masa kanak-kanaknya. Jadi kalau ngabuburit moms bersama anak-anak apa aja nih? Pastinya seru dan menyenangkan ya walaupun terlihat sederhana.

Tidak ada komentar