Menginspirasi Para Perempuan dengan Share Your Power bersama Lactacyd



Entah kenapa, para sahabat dan beberapa teman sering curhat pada saya. Seringnya sih masalah ringan, tapi beberapa kali juga ada yang mengalami masalah cukup berat menurut saya. Padahal saya lebih banyak hanya mendengarkan loh, dibanding ikut membantu mereka mendapatkan solusinya. Menurut saya sih mereka bisa mendapatkan solusinya sendiri, jadi sebenarnya hanya butuh didengarkan.

Dan saya baru mengetahui, kalau ternyata hal yang  saya lakukan tersebut adalah termasuk dalam Share Your Power. Nah loh, apakah itu? Jadi Share Your Power adalah gerakan dari Lactacyd untuk perempuan Indonesia agar mereka berani membagikan ‘kekuatannya’ kepada perempuan lainnya. Jadi bukannya bersaing secara tidak sehat, tapi seharusnya bisa saling mendukung satu dengan yang lainnya. Dengan hanya mendengarkan, bisa menguatkan dan menyemangati perempuan lainnya.



Share Your Power ini saya ketahui saat saya berkesempatan hadir dalam event Lactacyd hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019 kemarin, di area parkiran Carrefour Lebak Bulus, Jakarta. Banyak kegiatan dalam event ini selain sesi talkshow yang akan membahas tentang Share Your Power untuk para perempuan. Dengan dress code berwarna pink, kami bisa berolahraga zumba bersama, mencoba decoupage, henna, dan nail painting, serta mendengarkan hiburan musik yang lumayan bikin adem di hari yang terik.

Jadi, apa yang dimaksud dengan Share Your Power? Memang kita punya kekuatan apa yang bisa kita bagikan untuk menjadi inspirasi atau penyemangat bagi perempuan lainnya?

Tiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekuatannya masing-masing. Dengan mengenali kekuatannya sendiri, maka kita akan bisa membaginya dengan perempuan lainnya.



Menurut Ibu Rohika Kurniadi Sari (Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak, Deputi Tumbuh Kembang Anak, KPPPA), perempuan sangat penting dalam pembangunan bangsa. Hal tersebut disebabkan perempuan yang mengurus dan mendidik lingkup masyarakat paling kecil dalam suatu bangsa, yaitu keluarga. Perempuan yang memiliki kualitas baik dalam fisik, mental, dan spiritualnya, maka akan bisa membentuk ketahanan keluarga yang baik. Semakin banyak keluarga yang memiliki ketahanan yang baik, maka makin maju pembangunan suatu bangsa.

Namun untuk mencapai semua hal tersebut bukan hal yang mudah, karena banyak masalah yang dihadapi perempuan, mulai dari hal kecil sampai masalah besar yang pastinya akan mengganggu perjuangan para perempuan tersebut dalam mengurus keluarganya.

KPPPA meminta partisipasi dari banyak pihak untuk membantu beragamnya masalah para perempuan tersebut, mulai dari pihak swasta, LSM, sampai masyarakat. Dengan keterlibatan banyak pihak tersebut, diharapkan akan turut membantu kemajuan para perempuan tersebut dalam menghadapi masalahnya.

Kita sebagai perempuan sangat bisa ikut membantu, yaitu dengan membagikan kekuatan kita kepada perempuan lain, sehingga mereka bisa terinspirasi dan makin bersemangat dalam menghadapi tantangan hidupnya. Dengan semangat positif, mereka akan berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan mereka, salah satunya dengan meminta tolong pada pihak yang dianggap mampu ikut membantu menyelesaikan permasalahan mereka.

Salah satu pihak yang bisa ikut membantu adalah Institut Kapal Perempuan. Organisasi sosial tersebut  memberikan perhatian khusus pada kelompok-kelompok terpinggirkan terutama perempuan dan minoritas di berbagai wilayah terpencil di Indonesia.



Ibu Misiyah selaku Pendiri dan Direktur Institut Kapal Perempuan yang berdiri sejak tahun 2000 ini, mengatakan bahwa isu perempuan yang mereka tangani mencakup seluruh aspek hidup perempuan, mulai dari masalah ekonomi sampai masalah tempat tidur, dimana di sini biasanya kekerasan dalam rumah tangga berawal. Alhamdulillah, Indonesia sudah memiliki UU penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, sehingga Institut Kapal Perempuan memiliki landasan hukum dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.


Share Your Power digagas oleh pihak Sanofi (Lactacyd) sebagai salah satu bentuk kampanye mereka dalam rangka membantu program KPPPA sebagai mitra. Menurut Adisti Nirmala – Head of Marketing – Sanofi, selain memberikan donasi kepada Institut Kapal Perempuan untuk makin mengembangkan kegiatannya, Lactacyd juga  mengajak para perempuan Indonesia untuk tidak segan membagikan kekuatannya kepada sesama perempuan. Untuk bisa membagikan kekuatannya, selain mengetahui kekuatan atau kelebihan sendiri, kita juga harus percaya diri. Percaya diri bisa muncul bila kita dalam kondisi sehat dan nyaman, terutama untuk kita sebagai perempuan adalah memiliki area kewanitaan yang juga sehat.

Lactacyd membantu para perempuan Indonesia untuk memiliki area kewanitaan yang sehat. Lactacyd merupakan pembersih area kewanitaan yang memiliki pH asam (sesuai dengan pH area kewanitaan), bebas pewangi, dan teruji klinis, sehingga aman digunakan untuk sehari-hari, memiliki kandungan alami, hypoallergenic, dan mampu menjaga keberadaan bakteri baik di area kewanitaan.

Beberapa produk dari Lactacyd antara lain Lactacyd Herbal dengan ekstrak daun sirih (sebagai antibakteri yang mampu menghilangkan bau tidak sedap dan menghilangkan gatal) dan Lactacyd Feminine Hygiene dengan ekstrak susu (melembutkan kulir sekitar area kewanitaan). Kita dapat memilih jenis produk dari Lactacyd sesuai dengan kebutuhan kita.



Selain menggunakan pembersih kewanitaan, menurut Dr. Riana Nirmala Wijaya – Medical Manager, kita juga harus rajin membersihkan area kewanitaan setiap hari dan jangan sampai dalam keadaan lembab, karena rentan berkembangnya bakteri jahat dan menimbulkan gangguan di area kewanitaan.

Jadi, dengan area kewanitaan yang bersih dan sehat, tunjukkan pada dunia bahwa kita memiliki kekuatan yang mampu kita bagikan pada perempuam lain sebagai inspirasi dan penyemangat. Share Your Power!



41 komentar

  1. Kalau daerah kewanitaan urang sehat memang berpengaruh banget ke rasa percaya diri. Bikin kita jadi gak nyaman, ya

    BalasHapus
  2. Setuju banget, meskipun tertutup, bukan berarti area kewanitaan dicuekin aja ya, menjaga kebersihannya tetep nomor satu.
    Biar selalu pede dan lebih semangat saling menginspirasi :)

    BalasHapus
  3. Bagus nih mba gerakannya, share your power. Memang sudah zamannya untuk saling dukung sesama ibu-ibu ya :) udah lewat tuh masa2 jambak2an dan brantem ga jelas huehe

    BalasHapus
  4. sekarang zamannya kolaborasi. Udah lah ga perlu sesama perempuan saling nyinyir atau jelekin yang lain. Kalau bekerja sama, bakal jadi super women power!

    BalasHapus
  5. Awalnya waktu dengan KAPAL Perempuan itu kapan beneran loh ternyata singkatan ya. Bagus ya komunitas ini yang berbagi untuk perempuan, cocok deh bekerja sama dengan Lactacyd yang konsen dengan kesehatan organ kewanitaan.

    BalasHapus
  6. Aku smpensekarang masih setia pake produkw lactaxyd mba. Baik akunya maupun anakku kalo ada masalah kulit. Karena cuma produk ininyang direkomended kan oleh bidan sih

    BalasHapus
  7. Jadi pingin nyobain lactacyd yang jenis ini. Saya taunya untuk mandi anak,hehe. Perempuan juga kudu aware masalah kesehatan ya, Mbak. Termasuk area vitalnya

    BalasHapus
  8. Tagline nya terasa pas untuk para wanita yaa...
    Share Your Power.

    Dimana setiap perempuan menjadi lebih bersemangat karena dukungan dari lingkungan.

    BalasHapus
  9. Perempuan kudu kuat karena nggak untuk dirinya saja, tapi perannya juga untuk orang lain sesama perempuan. Jadi harus saling memberikan kekuatan agar berdaya

    BalasHapus
  10. Aku pun memercayakan pada lactacyd mba hehehhe udah make tahunan dengan ini. Puas dan merasa aman

    BalasHapus
  11. Sebagai wanita kita memang harus mempersembahkan yang terbaik buat suami, salah satunya memelihara agar area kewanitaan terjaga dengan baik.

    Bisa membantu mendongkrak kepercayaan diri juga lho, setuju?

    BalasHapus
  12. Suka banget kalimat ini: Perempuan yang memiliki kualitas baik dalam fisik, mental, dan spiritualnya, maka akan bisa membentuk ketahanan keluarga yang baik.

    BalasHapus
  13. Pakai lactacyd memang enak mba, lebih lembut dan bebas iritasi. Btw acaranya keren ya kita perempuan jadi lebih optimis maju bersama.

    BalasHapus
  14. Kadangkala, saking sibuknya mengurus rumah dan anak-anak kita jadi abai terhadap potensi yang kita punya ya Mba. Jadi alih alih berkembang, yang ada potensi kita makin tenggelam.

    Suka banget sama acara dari Lactacyd ini, semoga kita bisa jadi perempuan berdaya. Empowering woman!

    BalasHapus
  15. Share your inner power and believe in yourself ya mba. Those are my mantra as well

    BalasHapus
  16. Yes setiap perempuan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Btw keren ua ada ajakan dari lactacyd yang mengajak kita untuk #ShareYourPower. Menginspirasi sekali nih.

    BalasHapus
  17. Perempuan memang memiliki banyak kekuatan yang bisa digunakan untuk menyebarkan kebaikan. Makanya, hormati dan sayangilah kami para perempuan. *looohh :))
    Mba aku pake Lactacyd juga nih sebagai pembersih daerah kewanitaan. Aromanya lembut dan enggak bikin keputihan makin menjadi2.

    BalasHapus
  18. Ini maaaaaaf banget aku mau share hal yg menurutku penting tapi maaf sebelumnya,no mention dan no offend siapa pun.

    Jadi aku pernah punya teman. Aku main ke kosan dia. Nginep. Trus paginya aku main ke kamar senior temenku (masih seniorku juga). Pas dia lewat,aku mencium bau sangat ga sedap. Bener-bener (maaf) ga enak dan aku tau itu bau apa. Keputihan dan Miss V yg nggak bersih. Sejak saat itu, aku bener-bener konsen banget sama kebersihan dan wangi miss V. Masak sih kalau sampe bau ga sedap, terus baunya menguar keluar kan menurutku itu mesti segera di"perbaiki" atau di"obati". Ya selain malu, kelihatan jorok aja gitu. Bagian terpenting perempuan kan itu yaa. :( Bener deh jadi perempuan harus resik, apik, higienis bagian "dalamnya" jangan asal-asalan ngerawat.

    BalasHapus
  19. Wab jd terpikir mau mengevaluasi diri terus mengeksplore mencari kelebihan diri..agar bs berbagi

    BalasHapus
  20. Penting banget nih info yang didapat dari acara ini mba. Thanks for sharing mba. Aku jadi lebih aware nih untuk merawat daerah 'v'.

    BalasHapus
  21. Lautan pink di carrefour dan isinya perempuan-perempuan energik penuh semangat yang mau berbagi kekuatan dan kepercayaan diri. Suka sama misi yang diusung Lactacyd dan produk ini emang bagus sih buat jaga kesehatan daerah kewanitaan.

    BalasHapus
  22. Saya belum pernah pake produk lactacyd ini, Mba. Tapi saya percaya, menjaga organ kewanitaan bagi seorang wanita itu wajib banget, sebagai bentuk penghargaan pada dirinya sendiri :)

    BalasHapus
  23. Bentuk share your power ini sederhana ya, mulai dari hal hal kecil, seperti mendengarkan dengan baik ketika teman curhat. Memang sebaiknya sesama perempuan saling menguatkan ketika rapuh.

    BalasHapus
  24. Seneng diingetin bahwa perempuan bisa menjadi support system untuk yg lain. Menjaga area kewanitaan juga penting untuk kesehatan.

    BalasHapus
  25. Dulu sempat ngeremehin, tapi setelah tahu banyak info baik. Sekarang sudah beralih membersihkan miss v pake sabun khusus

    BalasHapus
  26. Memang sesama perempuan itu seharusnya saling mendukung dan menguatkan ya... Suka deh sama programnya lactacyd ini...

    BalasHapus
  27. Keren banget ini gerakan dari Lactacyd. Suka deh kalo brand besar mau campaign dengan tema-tema yang buat sebagian orang di negeri ini masih dipandang sebelah mata. Lagipula sudah saatnya women empowering women, karena kalo bukan kita, siapa lagi kan? ;)

    BalasHapus
  28. Iyaa perempuan peranannya besar banget apalagi di dalam keluarga ya mba. Ih pinkyh2 zumbaa sehat.
    Penting menjaga area kewanitaan supaya tetap sehat. Kalau ibu sehat keluarga jg terurus ^^

    BalasHapus
  29. Bagus juga tema yg diambil oleh Lactacyd, share your power, sekaligus mengingatkan bahwa perawatan diri juga termasuk area kewanitaan. Area yang satu ini mungkin malah cenderung terlewatkan padahal bisa jadi sumber penyakit jika tidak dirawat

    BalasHapus
  30. Penting banget kita sebagai wanita merawat anggota organ intim ini ya mom..

    BalasHapus
  31. Btw membantu teman yang sedang bermasalah (khusus soal perasaan) itu memang jadi pendengar yang baik, itu lebih dari cukup.

    Btw, sepertinya acaranya sangat seru dan menyenangkan ya? Terlebih membuat kita makin sadar bahwa menjaga area kewanitaan itu penting. Tfs mbak 😊

    BalasHapus
  32. Lactacyd ini ada di semua apotek ya, jadi pengen beli juga. Mumpung stok pembersih area kewanitaanku abis

    BalasHapus
  33. Acaranya seru ya, dengan begini banyak perempuan jadi termotivasi untuk berbagi kekuatan. Banyak kegiatan yang bermanfaat juga.

    BalasHapus
  34. Kelebihan perempuan adalah kemampuan untuk saling mendukung, baik secara fisik, material maupun mental

    BalasHapus
  35. Share your power, share your good deed.. sesama perempuan harus saling mendukuung ya mba

    BalasHapus
  36. Hi mba ketemu lagi nih melalui tulisan. Hehe. Keren ya mba Talkshownya. Wanita Indonesia itu tangguh banget dan bisa menggunakan powernya untuk kebaikan bersama.

    BalasHapus
  37. Ini lactacyd sabun kewanitaannya produk baru ya mbak? Saya taunya bedak aja.

    BalasHapus
  38. Sesama perempuan harus saling berbagi dan memberi dukungan ya mbak .power kita macam2 bahkan mendengar curhatan juga power

    BalasHapus
  39. Setuju! Share your power by helping each other. Makin setrooong lah perempuan Indonesia

    BalasHapus
  40. Betul banget sesama perempuan harus saling mendukung dan menguatkan bukan saling nyinyir hehee.. Btw aku juga pake lactacyd mba untuk kebersihan kewanitaan

    BalasHapus
  41. Aku beberapa kali pakai lactacyd juga mak. Wanginya lembut ya. Eh btw acaranya keren euyy. Mana warnanya ceria banget lagi

    BalasHapus