Yuk, Ikut Berpartisipasi Mendukung Masa Depan 33 Juta Anak Indonesia melalui Aksi Nutrisi Generasi Maju.



Menjadi ibu sekarang ini sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi, sehingga dari rumah pun kita bisa belajar banyak hal baru, mendapatkan penghasilan, dan memasarkan produk-produk yang kita jual. Tidak hanya hal-hal tersebut, tapi kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam keterlibatan publik, loh.

Menurut Ibu Daisy Indira Yasmine, S. Sos., M.Sic. Sci. (Sosiolog UI), keterlibatan publik merupakan ikut berpartisipasinya masyarakat dalam kepentingan publik untuk pembangunan negara, baik dalam bentuk politik maupun non politik.  Kenapa kita sebagai ibu seharusnya berpartisipasi juga dalam keterlibatan publik? Karena kita adalah juga subjek pembangunan dan punya kepentingan juga untuk kualitas kehidupan yang lebih baik.



Tidak mudah juga untuk ikut dalam keterlibatan publik ini. Karena kita harus mengetahui isu atau masalah pokoknya, sehingga akhirnya bisa melakukan aksi dan memviralkannya.

Hal tersebut saya ketahui saat saya berkesempatan hadir di acara Media & Blogger Gathering Aksi Nutrisi Generasi Maju SGM Eksplor pada 20 Maret 2019 di The Hermitage Hotel, Jakarta. SGM Eksplor mengajak mastarakat untuk mendukung masa depan 33 juta anak Indonesia melalui Aksi Nutrisi Generasi Maju.



Ada 33 juta anak usia dini saat ini yang ternyata mendominasi piramida penduduk Indonesia. Dan kelak saat terjadi bonus demografi pada 2045, anak-anak ini akan menjadi usia produktif. Mereka diharapkan dapat tumbuh dengan kualitas tinggi dan unggul sehingga bisa menghadapi persaingan di masanya nanti. Hal tersebut dituturkan oleh Ibu Meida Octarina, MCN (Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK).

Menurut Ibu Meida, yang bisa kita lakukan saat ini sebagai ibu adalah salah satunya dengan memerhatikan nutrisinya agar mereka bisa tumbuh sehat dan berkualitas. It takes a village to raise a kid. Tapi memang bukan hanya ibu atau orangtua saja yang berusaha, tapi juga harus ada kerjasama dari berbagai pihak untuk mendukung nutrisi bagi 33 juta anak ini, seperti pemerintah dan pihak swasta. Itu makanya Ibu Meida sangat mengapresiasi Aksi Nutrisi Generasi Maju dari SGM Eksplor.

Pemenuhan nutrisi ini memang sangat penting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan seorang anak, karena akan jadi modalnya kelak agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal dalam setiap tahap pertumbuhannya. Jadi bila ingin anak-anak ini kelak menjadi usia produktif yang berkualitas, maka kecukupan nutrisi mereka harus dipenuhi. Itu makanya status nutrisi seorang anak dapat mempengaruhi kondisi suatu banga, seperti yang diungkapkan oleh dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK (Dokter Gizi Klinis).

Nutrisi memang masih menjadi isu penting dalam pencapaian pembangunan SDG ( Sustainable Development Goal). Itu makanya SGM Ekplor ingin ikut serta dalam pencapaian SDG dengan mengadakan Aksi Nutrisi Generasi Maju. Misi SGM Eksplor selain menyediakan produk bernutrisi dengan harga terjangkau untuk masyarakat, juga ingin mengajak berbagai pihak dalam gerakan sosial ini untuk mendukung 33 juta anak Indonesia menjadi Generasi Maju.

Nah ini saatnya kita bisa ikut berpartisipasi dalam keterlibatan publik dalam gerakan sosial Aksi Nutrisi Generasi Maju. Dan caranya mudah banget, karena kita hanya tinggal menggunakan akun media sosjal yang kita punya untuk mendukung aksi tersebut. Bila ingin berpartisipasi lewat Facebook, bisa upload foto kita di profile dengan menggunakan frame dengan hastag #AksiNutrisiGenerasiMaju. Dan bila ikut terlibat lewat Instagram, maka bisa upload foto dengan menggunakan sticker gift dengan hastag yang sama. Frame profile dan sticker gift bisa didapatkan di akun media sosial Aku Anak SGM.

Nah, satu aksi kita tersebut akan dihitung oleh SGM Eksplor dengan satu dukungan nutrisi berupa 1 korak susu SGM Eksplor untuk anak Generasi Maju. Yuk, buruan ikutan, karena aksi yang dimulai 1 Maret 2019 ini akan berakhir tanggal 10 Juli 2019. Nah, ini nih salah satu cara yang terlihat simpel tapi ternyata bisa mendukung untuk pemberian  33 ribu kotak susu SGM Eksplor untuk anak di atas 1 tahun. Untuk saat ini target pemberian masih di daerah Jawa Barat.



Alyssa Soebandono (Artis dan Ibu 2 Anak) juga mengajak kita untuk ikut mendukung Aksi Nutrisi Generasi Maju dari SGM Eksplor, karena partisipasi kecil kita menunjukkan kepedulian kita terhadap akses nutrisi anak-anak Indonesia, sehingga kehidupan mereka akan lebih berkualitas nantinya.

43 komentar

  1. Yuk, mari! Setuju banget dengan progam ini. Menyiapkan generasi emas sedari sekarang. Yang gak cuma memerhatikan gizi anak sendiri saja. Sebab apalagh gunanya cuma anak kita yang sehat dan cerdas, jika di masa mendatang, generasi seusianya mala sebaliknya. Tak akan berarti apa2 buat negara. Tapi jika besama2, tentu akan memberi manfaat yang signifikan.

    BalasHapus
  2. generasi Emas ini memang satu generasi yang harus sejak dini disiapkan ya Indri. semua demi si buah hati juga.

    btw Alyssa ini anaknya temen kuliah hehehehe .. udah jadi ibu muda aja ya dia!

    BalasHapus
  3. Dibutuhkan ibu yang melek informasi dan teknologi di jaman skr, karena anak-anak inilah yang menjadi tulang punggung bangsa beberapa tahun ke depan ya sebagai generasi emas jadi harus disiapkan juga nutrisinya.

    BalasHapus
  4. Wiiih ada 33 juta anak usia dini yg nantinya akan jd usia produktif, semoga gizi mereka tercukupi karena kemajuan bangsa nnt di tangan mereka ya

    BalasHapus
  5. Anak-anak yang sukses di masa depan adalah hasil persiapan di masa kini ya. Kebayang apa jadinya kalau kita tak mempersiapkan anak-anak melalui nutrisi dan kecukupan gizi. Salah satu sumber gizi penting untuk anak ya minum susu.

    BalasHapus
  6. kadang memang miris ya mbak, di saat kita sdh mikir "apa menu anak hari ini", sebagian ibu baru di tahap "makan apa hari ini". semoga program ini sukses menolong anak2 indonesia

    BalasHapus
  7. 33 juta anak itu tanggungjawab kita bersama ya demi masa depan bangsa. SGM keren ya berperan untuk itu

    BalasHapus
  8. Acaranya keren..pengisi acaranya juga. Menyadarkan kita untuk semakin aware sama nasib 33juta anak indonesia yang perlu diperhatikan nutrisinya. SGM keren nih bikin event bertemakan ini jadi mengingatkan

    BalasHapus
  9. Wah keren banget ni gerakannya, hanya berbagi lewat media sosial, kita bisa menyumbang susu untuk anak yang membutuhkan ya..Indri..kangen padamu..

    BalasHapus
  10. 33 juta anak tersebut yang kelak akan mengemban amanah negeri ini. Patut kita dukung agar mereka peroleh nutrisi yang cukup dan berkembang dengan baik. Semoga tercukupi gizi mereka semua. Sehat dan menjadi generasi tangguh saat amanat itu tiba.

    BalasHapus
  11. Yuk, mulai dari diri sendiri memberikan asupan yang bergizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk anak-anak. tahun 2045 aanak-anakku semoga senantiasa sehat dan di usia produktifnya mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan melahirkan generasi berikutnya yang lebih sehat, aamiin

    BalasHapus
  12. Kak Indri juga ikut IP (Ibu Profesional) kah?
    Karena beberapa postingannya ada tentang tugas matriks sama Bunsay.
    Dan ada kak Sarra Risman juga.
    Apa jangan-jangan dulu kita satu grup YKBH yaa..?

    Eh, maaf...jadi komen di luar tulisan.

    Pentingnya memenuhi gizi anak-anak di seluruh Indonesia ini memang menjadi tanggung jawab kita. Semoga program ini dapat berjalan lancar dan penuh keberkahan.
    Aamiin~

    BalasHapus
  13. Benar-benar harus diperhatikan nutrisi yang akan diperoleh sama 33 juta generasi emas untuk tahun depan bisa lebih produktif dan mampu membangun negara ini lebih baik dengan produktivitas mereka.
    Benar-benar keren nih programnya SGM

    BalasHapus
  14. Salah satu suksesnya anak kita di masa depannya adalah darinperlakuakn kita kepara mereka di 1000 hari pertama usia mereka dalam kandungan.

    BalasHapus
  15. 33 juta anak yang nantinya jadi generasi penerus kita ya..
    sudah selayaknya kita memikirkan masa depan mereka

    BalasHapus
  16. Aamiin.. aku mau dukung banget bun.. semoga edukasi sepertinya semakin luas ya.. sehingga para orangtua semakin peduli terhadap nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang anak anak.. agar anak dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas

    BalasHapus
  17. Dukung banget SGM ya, mudah-mudahan kedepan banyak perusahaan lain yang ikut partisipasi mempersiapkan generasi Indonesia kedepan, dengan pemberian nutrisi yang baik ya mbak

    BalasHapus
  18. Nah jadi keinget lagi deh mau ikutan ini kok ya kelupaan terus. Perlu banget ya memang kita ikutan mendukung program bagus kayak begini ini.

    BalasHapus
  19. Dua-duanya anakku generasi emas mbak. Dan tentunya menjadi penerus bangsa di masa depan. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah dalam memberikan nutrisi yang baik.

    BalasHapus
  20. Misi SGM untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak bangsa patut diacungi jempol nih. Smoga kegiatan seperti ini terus berkelanjutan, mengingat banyak anak Indonesia yang gizinya belum tercukupi dengan baik.

    BalasHapus
  21. Setuju banget, bu ibu juga harus melek politik. Dulu kan ada meme kalau emak ngomong politik, jadi hancur deh. Uh padahal emak juga harus berpolitik karena menentukan masa depan emak-emak.

    BalasHapus
  22. Siap! Walau saya tidak ikut acaranya, tapi banyak2 baca tulisan teman2 begini bikin saya sadar kalau potensi 33 juta anak indonesia sangat besar untuk negara ini. Itulah kenapa perlu menyiapkan generasi maju dengan nutrisi yg tepat

    BalasHapus
  23. Yuk, sangat setuju, mari kita dukung. 33 juta anak Indonesia saat ini memang sangat perlu nutrisi yang lengkap dan cukup. Mereka nantinya yang akan membawa Indonesia di masa depan. Perlu disiapkan sejak dini mungkin terutama kebutuhan gizi seimbang agar mereka sehat, dan tumbuh dengan cerdas.

    BalasHapus
  24. Saya malah tertarik dengan istilah 'bonus demografi' yang disebutkan di awal-awal artikel. Setelah sedikit browsing jadi ngeh apa itu bonus demografi. Jadi 33 juta anak yang ada saat ini yang di tahun 2045 nanti berada di usia produktif, dan kalau momentum ekonomi tinggi terus, pada saat itu income perkapita Indonesia bisa lebih tinggi dari income perkapita Korea saat ini. Potensinya besar juga ya mbak.

    BalasHapus
  25. Salah satu tugas orang tua terutama ibu memang wajib banget memperhatikan kebutuhan nutrisi anak ya Mbak. Btw acaranya keren sekali nih. Tapi meski tidak ikut acara di atas setidaknya l saya bisa juga mendapatkan percikan ilmunya lewat postingan ini. So thanks for sharingnya ya mbak.

    BalasHapus
  26. BanyakSaya juga mendukung program ini kaka dengan ganti sampul FB dengan stiker dari SGM. Semoga program ini sukses ya kedepannya.

    BalasHapus
  27. Jadi tinggal foto aja trus upload pakai foto yang disediakan ya mbak? Itu artinya kita nyumbang 1 box susu buat anak2 utk emndkung kecerdasan dan tumbang mereka yaaa

    BalasHapus
  28. We definitely need to ensure great nutrition for our kids. Good quality milk will be essential for the growing period of the kids

    BalasHapus
  29. Mudah2 an dgn persiapan yg baik akan tercipta generasi emas yg kuat tangguh dan siap menghadapi zamannya dgn kondisi terbaiknya..

    BalasHapus
  30. Warga Indonesia memang banyam banget. Dan mungkin belum semuanya paham soal gizi. Jadi perlu banget ada peran aktif seperti ini. Demi jutaan anak Indonesia.

    BalasHapus
  31. Bonus demografi di tahun 2045 itu memang harus dipersiapkan sejak sekarang, karena kalau persiapan sekarang ini "gagal" maka bisa jadi puncak bonus demografi itu tak akan terjadi pada tahun 2045

    BalasHapus
  32. Dan 2045 itu tinggal menghitung waktu aja. Gak berasa tahun itu muncul, dan anak2 inilah yang menjadi generasi penerus. Di tangan anak2 kitalah nantinya yg akan mengendalikan semuanya.

    BalasHapus
  33. Siap mendukung acara ini, apalagi penuh dengan inspirasi
    aku jadi pengen ikutan kalo di daerahku ada Mba biar potensi 33 juta anak Indonesia terbantukan dengan kesadaran yang kita lakukan.

    BalasHapus
  34. setuju, menyiapkan generasi emas memang harus dilakukan sejak dini, bahkan sejak sebelum kehamilan. Dan tentunya, semoga semua anak-anak Indonesia tercukupi kebutuhan gizinya agar Bangsa Indonesia Jaya dengan SDMnya yang handal, sehat, cerdas, bahagia lahir dan batin.

    BalasHapus
  35. Wow keren nih SGM acaranya, jadi mengingatkan kita semua kalau 33jt anak usia dini yang nantinya jadi penerus bangsa itu tanggungjawab kita buat dicukupi nutrisinya :)

    BalasHapus
  36. Ayo dukung generasi maju dengan memberikan nutrisi anak yang tepat untuk mereka

    BalasHapus
  37. SGM itu setiap bikin program mmg keren. Beneran merhatiin anak2 Indonesia.

    BalasHapus
  38. Begitu banyak anak Indonesia yang harus kita pastikan asupan gizinya ya mba.. supaya generasi emas Indonesia bisa berjaya

    BalasHapus
  39. Nutrisi berperan penting banget untuk generasi berkualitas bangsa ya mba

    BalasHapus
  40. Yuuk ah kita sama-sama dukung 33 juta anak menjadi generasi maju yang hebat dan berprestasi.

    BalasHapus
  41. Saya senang ada kegiatan seperti ini
    Jadi reminder buat para orang tua untuk selalu perhatikan gizi anak

    BalasHapus
  42. Setuju. Partisipasi kecil kita ternyata sangat bermanfaat untuk generasi penerus kita

    BalasHapus
  43. Yes, memberikan nutrisi yang terbaik bagi anak itu memang harus ya mbak, karena gimana anak bisa bersaing di masanya nanti kalau bersaing untuk tumbuh kembangnya saja ia tak mampu.

    BalasHapus