Belanja Bulanan Murah di Alfacart Lebih Praktis dengan Shopping List



Belajar untuk bergaya hidup minimalis adalah salah satu resolusi saya di tahun ini. Minimalis dalam artian menggunakan sesuatu atau membeli barang yang memang benar-benar sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Tujuan utama saya berusaha minimalis memang penghematan. Tapi sebenarnya sih penginnya dengan hanya membeli dan mengkonsumsi sesuai kebutuhan, saya dan keluarga jadi bisa meminimalisir sampah, dan meminimalisir mubazir karena tidak ada barang tidak terpakai yang menumpuk.

Susah tidak sih buat belajar minimalis?
Jujur, buat saya awalnya susah banget. Maklum, saya yang banyak maunya harus berusaha terus-terusan mengerem keinginan saya. Saya jadi belajar memilah hal-hal yang menurut saya hanya sebuah keinginan, untuk mendahulukan kebutuhan.

Jadi, sudah minimalis dalam hal apa saja?


Pertama minimalis dalam isi rumah. Hal yang saya lakukan awalnya adalah declutter isi rumah. Membuang barang yang sudah rusak dan tidak digunakan lagi. Memberikan barang-barang yang sudah lama tidak terpakai tapi masih layak banget untuk digunakan pada yang membutuhkan. Tidak lupa juga mengecek isi kulkas (makanan), make up dan obat-obatan, serta mengamati tanggal kadaluarsanya.

Lelah sangat ternyata melakukan declutter rumah, makan waktu sekitar 2 minggu lebih. Bagian memilahnya sih yang bikin lama hahaha… Tapi dampaknya, bikin rumah lebih lapang, lebih nyaman, dan lebih teratur. Dengan sedikit barang di rumah, jadi lebih mudah menata dan merapikan isi rumah.

Kedua, minimalis dalam berbelanja. Saya berusaha berbelanja barang-barang sesuai kebutuhan keluarga. Susah tidak ya? Susaaah dong hahaha… Tau dong ya, kalau kita udah ke pasar pasti ada saja tiba-tiba nyelip satu dua barang, atau bahkan lebih sih, barang yang sebenarnya ternyata belum kita butuhkan. Duh! Belum lagi kalau belanja bulanan ngajak anak-anak. Wow banget, ya!


Nah, untuk menyiasati agar saya tetap bisa belanja bulanan sesuai kebutuhan yaitu dengan membuat shopping list. Shopping list  ini memudahkan saya dalam belanja bulanan, jadi bisa mengetahui detail kebutuhan bulanan keluarga dan jumlahnya, serta jadi tidak berbelanja hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Masalahnya kemudian adalah kalau berbelanja bulanan dengan anak-anak. Mereka juga tidak minta banyak sih, paling-paling juga camilan. Tapi kadang kalau mereka lihat mainan anak dengan harga promo, langsung deh membujuk ayah bundanya, dengan andalan mumpung lagi diskon. Ampooon, emaknya banget ini mah hahaha… Salah satu siasat sebelum belanja bulanan adalah mengajak anak-anak membuat shopping list sendiri sesuai kebutuhan, dan berusaha untuk menepati daftar tersebut.

Belanja di Alfacart dengan Shopping List


Beberapa minggu lalu, saya 'berkenalan' dengan Alfacart. Alfacart adalah toko belanja online yang merupakan bagian dari Alfamart. Produk-produknya yang tersedia di Alfacart tidak hanya barang-barang yang ada di Alfamart , tapi juga banyak kategori lainnya seperti peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kesehatan, kecantikan, dekorasi rumah dan dapur, dan masih banyak lagi. Wah, one stop shopping online banget ya.

Saya jadi penasaran mencoba belanja di Alfacart. Awalnya hanya untuk membandingkan perbedaan belanja kebutuhan rumah tangga secara online atau langsung datang ke Alfamart. Soalnya kan sebetulnya lokasi Alfamart terjangkau banget kalau dari rumah saya. Masa jarak segitu aja malah online sih ya.

Dan dari pengalaman pertama saya belanja kebutuhan bulanan di Alfacart.com sih ternyata memang jadi jauh lebih hemat dan praktis. Membandingkan produk untuk mencari harga termurah pun bisa dengan cepat dilakukan. Biasa ya, saya suka cari barang termurah tentu dengan kualitas yang juga baik. Jadi kan tidak perlu ketahuan orang ya kalau sedang membandingkan harga hahaha…

Terus, saya juga jadi bisa mengetahui promo-promo di Alfamart, seperti misalnya Promojsm Alfamart. Promojsm itu adalah promo produk-produk tertentu di Alfamart, yang diskonnya mencapai 50% pada hari Jumat-Minggu. Jadi kita bisa langsung belanja deh tanpa perlu lihat-lihat dulu lembar cetak katalog Alfamart.



Pembayarannya saya memilih untuk COD atau bayar di rumah, dan waktu pengirimannya juga jelas. Wah, jadi menghemat uang dan waktu ini mah, sambil menunggu barang pesanan datang saya bisa meneruskan pekerjaan rumah. Lalu, barang-barang yang tidak dibutuhkan juga tidak masuk keranjang belanja deh. Ini karena saya juga membuat shopping list di Alfacart.

Wah, di Alfacart ada shopping list?
Yup, di Alfacart ada fitur shopping list sesuai dengan kebutuhan kita. Asyiknya kita bisa langsung memilih merknya, dan setelah semua masuk shopping list kita bisa mengetahui total belanjaan kita. Ada remindernya pula, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Dan, untuk belanja bulanan dengan menggunakan shopping list kita tinggal klik chart aja deh.






Oiya, saya sempat melihat beberapa merchant lain di Alfacart. Wah, beberapa wishlist saya ternyata tersedia dengan harga termurah dan jaminan barang asli. Pembayaran dan pengambilan barangnya pun bisa saya lakukan di Alfamart terdekat dengan rumah saya. Wah, siap-siap lanjutin nabung dulu buat mewujudkan wishlist saya di Alfacart.








1 komentar