Menikmati Keuntungan Mengirimkan Barang 'Same Day' dengan Paxel



Hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018 kemarin saya berkesempatan berkenalan langsung dengan Paxel di kantornya di daerah Jatinegara dalam acara Paxel Blogger Gathering.



Bapak Jauhari memberikan gambaran kepada kami tentang Paxel, setelah sebelumnya menceritakan proses beliau menjadi muallaf. Paxel artinya adalah kabar bahagia. Jadi ingin memberikan kabar bahagia di bidang logistik bahwa ada kurir yang memberikan inovasi atau terobosan baru di bidang logistik yang menguntungkan dan bermanfaat untuk banyak pihak.

Logistik di Indonesia memang sedang berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya e-commerce. Tetapi biaya di logistik itu sulit ditekan, sehingga banyak e-commerce yang terhambat dengan mahalnya biaya logistik. Itu makanya dengan model bisnis baru, Paxel bisa menekan harga pengiriman namun dengan kualitas tetap terjaga. Bahkan menerapkan sistem "same day". Dengan tujuan untuk membantu terus berkembangnya e-commerce, terutama online shop dan UMKM, maka dibukalah Paxel.

Dengan hashtag #AntarkanKebaikan, Paxel bekerja sama dengan Rumah Harapan Indonesia untuk menyediakan tempat tinggal untuk yang membutuhkannya di RHI. Founder RHI, Valensia M mengatakan bahwa selain ikut membantu menyediakan tempat tinggal, Paxel juga membantu masyarakat yang ingin ikut memberikan sumbangan ke RHI dengan memberikan gratis ongkos kirim. Wah, kapan-kapan pengin nyoba juga memberikan baju dan mainan anak layak pakai ke RHI dengan menggunakan Paxel.




Selanjutnya, Alexander Zulkarnain (Brand Manager Paxel) mengenalkan tentang latar belakang Paxel. Menurutnya, gerakan logistik yang matang dan berkualitas baik akan berdampak positif pada pemerataan ekonomi dan pendidikan. Karena itu, Paxel membuat inovasi untuk menjadi yang terbaik pada  kategori 'same day' dengan menggunakan sistem digital atau aplikasi.



Dengan menggunakan sistem aplikasi, maka resi tidak diperlukan karena semua status baik pengambilan barang maupun penerimaan barang tercatat lengkap di aplikasi. Ini memudahkan banget untuk pihak pengirim barang, penerima barang, bahkan juga kurir. Dan yang pasti ramah lingkungan karena paperless.

Paxel dengan tagline Make The First Move ingin melakukan langkah pertamanya dengan mendengarkan apa yang dibutuhkan dan keluhan dari para konsumen, sehingga langkah mereka akan sangat bermanfaat. Contohnya keinginan ibu-ibu pemilik online shop untuk memiliki 'me time' lebih banyak, tapi usaha jalan terus. Dengan adanya Paxel, mereka tidak perlu menunggu resi, jelas waktu pengambilan barang dan tidak perlu mengantar paket-paketnya ke agen kurir. Wah, efisiensi waktu banget dong, jadi mereka bisa memiliki lebih banyak waktu bisa untuk 'me time' atau melakukan inovasi untuk usahanya.

Apa saja First Move dari Paxel? Pertama untuk melayani, pertama untuk berkontribusi, pertama untuk memberikan solusi, dan pertama untuk mengerti kebutuhan.

Sedangkan berdasarkan logonya, Paxel ingin menggabungkan antara pergerakan, parcel/paket, target dan teknologi digital. Jadi Paxel ingin pergerakannya dalam bidang logistik mencapai target yaitu banyak yang mendapatkan manfaat Paxel melalui canggihnya teknologi digital saat ini.

Untuk mencapai target, Paxel merangkul para kurir atau disebut happiness hero dengan mempermudah kerja mereka, yaitu menggunakan sistem loker. Dimana barang tidak langsung diantar ke alamat penerima, tapi dikirim dulu ke loker yang terdekat. Sistem tersebut mempermudah kerja para happiness hero namun efektif dalam pengiriman barang 'same day'. Selain itu juga dengan membuat lingkungan kantor yang menyenangkan dan penuh kekeluargaan, sehingga para pegawainya bisa produktif dan mencapai target tanpa tertekan.





Jadi penasaran dong ya pengin ikutan nyobain bagaimana mudahnya pengiriman barang menggunakan Paxel. Tapi sayangnya saya belum bukan pelaku online shop, jadi bisa dibilang jarang banget berhubungan dengan kurir. Asyiknya, saya juga mendapatkan kesempatan menggunakan aplikasi ini, karena goody bag dari acara ini akan dikirimkan via Paxel. 



Mau ikutan mengetahui gimana mudahnya menggunakan aplikasi Paxel? Pertama, saya unduh aplikasi Paxel di Playstore dan mendapatkan saldo Paxel sebesar Rp100.000 karena menggunakan kode referral teman. Oiya, bila teman-teman ingin mengunduh Paxel juga, bisa dengan menggunakan kode referral saya loh, yaitu: indrinoor.

Setelah memasukkan identitas kita seperti nama, username dan password, maka kita bisa melakukan transaksi dengan CREATE SHIPMENT. Nanti masukkan alamat pick up dan alamat pengiriman beserta kode posnya. Nah kita tentukan deh besarnya kemasan paket kita, apa small, medium, large atau bahkan custom. Harganya flat loh, asalkan untuk tiap kemasannya berat maksimal 10 kg. Garansi pengiriman barang sampai 8 jam setelah pengambilan paket, dengan waktu maksimal jam 3 pagi untuk dalam kota dan jam 1 pagi untuk luar kota.

Setelah itu conteng jenis paket kita di pilihan, dan nanti ada pemotongan saldo berdasarkan biaya pengiriman, dan kita bisa melihat deh status paket kita. Dan goody bag sampai sesuai dengan estimasi. Keren!

Karena penasaran pengin nyobain juga mengirim barang sendiri, akhirnya saya teringat dengan janji saya dengan seorang teman blogger untuk ikut serta dalam penggalangan buku bekas anak-anak dan remaja non komik untuk TBM di Palu, Sebatik, dan Sukabumi.





Memberi sumbangan berupa buku atau baju bekas layak pakai, biasanya agak ribet di bagian pengiriman. Beberapa hal yang menurut saya agak ribet seperti:

  1. Packing, karena harus memiliki kardus besar, dan kemudian belum lagi membungkusnya dengan plastik dan menuliskan alamat di bagian luar paket tersebut.
  2. Harus mengantarkan sendiri paket ke kantor agen kurir.  Walaupun sekarang sudah banyak juga kurir yang bisa pick up ke rumah, tetapi waktunya tidak fleksibel atau kita tidak bisa menentukan jam pengambilan paket. Belum lagi harus menunggu resi untuk bisa memantau status paket kita. Dan yang pasti belum tentu juga paket bisa sampai pada hari yang sama (same day). Untuk same day, sekarang memang sudah ada online. Namun biaya pengirimannya kurang bersahabat, dan untuk memantau status pengiriman kita harus mengontak drivernya dulu.
  3. Harga tergantung dari berat barang atau volume kardus. Kalau baju karena ringan biasanya berdasarkan volume kardusnya.  Untuk buku biaya pengirimannya berdasarkan berat, tetapi kalau bukunya banyak lumayan juga ya ongkos kirimnya.
Kalau saya terutama masalah packing yang kadang membuat saya sering agak lama memberikan sumbangan., dan ini juga yang membuat saya sedikit terlambat mengirimkan buku-buku tersebut ke teman saya. 

Paxel ini membantu banget loh. Dengan hanya memasukkan buku-buku tersebut ke kantong IKEA, pihak mereka membungkusnya ke dalam kardus. Saya pun tidak perlu menuliskan alamat. Dan asyiknya bisa melihat status paket saya yang ternyata sudah sampai dengan selamat. Paket saya dijemput jam 4 dan diterima dengan kemasan yang baik pada jam 8.16, sesuai dengan estimasi yaitu jam 8-10 malam. Plus harganya terjangkau lagi. Dengan buku sebanyak itu (saya menggunakan kemasan large), saya hanya mengeluarkan ongkos kirim sebesar Rp25.000. 

Jadi, Paxel ini tidak hanya membantu para pelaku online shop, tapi juga bisa loh untuk kita yang non bisnis, seperti untuk memberi sumbangan barang, kado atau keperluan sehari-hari lainnya. Dengan Paxel juga, mempermudah kita untuk mengefektifkan waktu di bidang logistik. Walaupun saat ini masih pengantaran masih di daerah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo, namun targetnya Paxel akan ada di 20 kota saat pertengahan 2019 nanti. Kita tunggu saja ya. 

Layaknya sahabat, saya berharap Paxel akan terus berinovasi dalam bidang logistik ini, karena sekarang pun seudah memiliki banyak keunggulan seperti SAME-DAY SERVICE, YOUR PACKAGE, YOUR RULES dan PICK UP & SMART LOCKER. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, kenapa biaya pengiriman Paxel bisa terjangkau? Karena seperti yang Pak Jauhari katakan bahwa dengan memaksimalkan berbuat baik maka rezeki akan datang dari arah yang tak terduga. Jadi dengan memaksimalkan Paxel agar bisa bermanfaat untuk lebih banyak konsumen dengan #AntarkanKebaikan , maka Paxel akan tetap untung dan berkah.












35 komentar

  1. Asik ya sekarang banyak pilihan kurir. Dan pastinya pembeli maupun penjual juga semakin dimudahkan

    BalasHapus
  2. Waah mau ah download paxel pake kode referal mba Indri. Lumayan nyoba kirim2 same day delivery. Kan akhir bukan ini paxel bakal launching di Jogja :)

    BalasHapus
  3. Terobosan baru nih paxel, dengan pelayanan seperti ini akan memudahkan pelanggan, mudah-mudahan segera ada di kota tempat saya tinggal sekarang

    BalasHapus
  4. Wah Paxel mau bungkusan juga? Dijemput, dibungkuskan masih dikirimkan di hari yang sama. Praktis benar ya

    BalasHapus
  5. Aku ada barang buat dikirim2 nih, hadiah giveaway kmren. Nunggu momen ke Jakarta buat nyobain paxel. Wkwk

    BalasHapus
  6. Surabaya selalu menanti informasi soal Paxel ini. Beneran bisa membantu kalau ada. Sebab pengiriman berhari hari bikin macet bisnis

    BalasHapus
  7. Suka banget sama tujuannya Paxel. Ini sih nyenengin banget buat penjual dan pembeli barang online. :)
    Harga terjangkau, dikirim cepat pula. Paxel dabeeesst!

    BalasHapus
  8. Di Makassar udah ada belum yah? Aq penasaran sama paxel ini, dilihat dari fungsinya sepertinya unik dan beda dengan pengiriman yg lain

    BalasHapus
  9. Wah sayang kota kami belum masuk daerah pengantarannya..padahal pengen nyobain juga nih.. Semoga Paxel ini segera menjangkau juga kota kami..

    BalasHapus
  10. untung bangetya pake paxel ini, sayang di kota saya layanan nya belum tersedia padahal mudah dan murah

    BalasHapus
  11. Wah asik nih ada yang bantuin bungkus barang kiriman. Aku tuh suka gak telaten kalo bungkus paket untuk dikirimkan ke jasa pengiriman

    BalasHapus
  12. Same day ini jadi bisa kirim paket makanan ya Mbak dari rumahmu ke rumahku, asyik banget nih, pakai paxel yuk, biar saling kirim-kiriman

    BalasHapus
  13. Kalau Paxel tuh memang bener deh tarifnya flat dan memang same day. Barang pesananku aja nyampenya tepat waktu dan harganya loh nggak bikin kantong jebol :)

    BalasHapus
  14. Untuk pelaku usaha yang perlu banget ekspedisi sameday, Paxel bisa jadi angin segar dan solusi pengiriman cepat dan terpercaya ya mba

    BalasHapus
  15. Seneng banget buat pelaku usaha yang perlu pengiriman sameday yaaa. Jadi solusi banget nih kirim lewat paxel

    BalasHapus
  16. Akhirnya ada juga jasa pengiriman dengan sistem same day yang keren seperti Paxel ini. Apalagi kalau setelah instal aplikasi bisa dapat saldo gratis senilai 100 ribu. Keren banget ya.

    BalasHapus
  17. Baca Paxel ini kok jadi keinget sebuah fenomena di luar tentang jasa pengiriman barang pakai tenaga drone-manusia. One day, mungkin Paxel akan melakukan hal yang sama nih kayaknya.

    BalasHapus
  18. Sudah same day service, dibantu bungkus lagi ya mba. This is lovely! Bikin customer pada happy pastinya kalau begini

    BalasHapus
  19. Senang banget dengan kehadiran Paxel ini, beli makanan online nggak khawatir rusak karena bisa sampai di hari yang sama :)

    BalasHapus
  20. Waaaaahhh, kita kasih dalam bentuk tas dibungkusin jadi kardus, baiiiikkk bingggiiiiittt.... pelayanan prima banget ya Mbak, jadi pingin nyobain ni

    BalasHapus
  21. Kerenn bangeeeet!
    Jadi gak sabar nunggu Paxel ini nyampe Kendari juga, biar bs menikmati juga kemudahan pengiriman same day kayak gini, tarifnya flat pula. Mantap.

    BalasHapus
  22. Beneran tuh kirim buku sebanyak itu cuma kena 25 ribu? Wuiihh asyik yaaa... mana sampainya cepet banget. Kudu ikutan nyobain Paxel juga ah. Di Semarang udah ada nih.

    BalasHapus
  23. Aku juga punya buku halo balitanya dari pascal kecil dulu trus nurun ke alvin, sampe skr maish awet. duh jadi OOT komennya. Memang enak ya ada jasa pengiriman cepat kaya paxel ini

    BalasHapus
  24. Wah enak bgt bisa kirim same day dgn harga glat dan murah ya

    BalasHapus
  25. Enak ya, ini kayak semacam cara baru kirim paket gtu. Udah nyoba kirim pkai Paxel dan cepet banget nyampeknya.
    Moga2 Paxel makin banyak agennya, terutama di daerah2 pinggiran Jakarta :D

    BalasHapus
  26. Mba Indry, kirim barang ke rumahku aja yaaah... biar saldo Paxelnya terpakai wkwk

    BalasHapus
  27. Konsepnya beda banget sama yang lain.
    Mengirimkan barang berdasarkan dimensi dengan tarif yang flat.

    Aku jadi pingin nyoba...
    Karena aku sering tuker-tukeran buku sama temen.

    BalasHapus
  28. Bisa kirim dengan same day service itu such a luxury ya mba. Oke banget nih Paxel

    BalasHapus
  29. Pengiriman paket paxel ini banyak yang merekomendasikan ya Mba, asik banget.
    Aku pengen juga bisa merasakan jasa pengiriman paxel

    BalasHapus
  30. Sebenarnya bisa pakai ojek online ya tapi karena ini khusus pengiriman paket jadi saya rasa akan lebih baik n terjamin kualitasnya apalagi u barang2 besar

    BalasHapus
  31. Wah mb Indri aku minta ya kode referalnya. Soalnya Paxel mau launching nih di Jogja

    BalasHapus
  32. Aku suka sama pelayanan Paxel cepat dan tarif flatnya itu lho yang bikin kita ketagihan buat ngirim barang hehe .

    BalasHapus
  33. Aku sekarang kalau kirim2 barang pakai Paxel terus nih. Seneng banget soalnya bisa tracking langsung di aplikasinya.

    BalasHapus
  34. Pemgiriman paxel ini bakalan membantu seller banget ya, siap2 deh jualan bagorasmara pakai ekspedisi paxel

    BalasHapus
  35. Temanku bilang pkai Paxel bagus ya, aku belum nyobain di Lampung kayaknya belum ada

    BalasHapus