Yuk, Stimulasi Kegiatan Fisik Anak dan Tingkatkan Bonding Keluarga dengan Bermain Seru di Funtopia!



Pentingnya Kegiatan Non Screen untuk Anak

Era digital memang memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal mendidik anak. Internet memang sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak di era ini, namun bila berlebihan dalam penggunaannya jelas akan sangat mengganggu perkembangan mereka.

Internet biasanya lebih banyak diakses anak dengan menggunakan gawai, yang tentu lebih mudah dan praktis. Bila interaksi anak dengan gawai cukup tinggi, maka akan berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak. Mereka akan jadi malas bergerak, mengganggu kemampuan anak mengatasi masalah, bergerak, berpikir dan berkegiatan. Dan jelas juga mengurangi intensitas anak untuk mengembangkan kemampuan sosialnya.

Tascha Liudmila (penulis buku Screen Time) menjelaskan bahwa orangtua sangat berperan penting dalam menetapkan batasan dan konsisten dalam penggunaan gawai. Dalam pembatasan tersebut, orangtua diharapkan bisa menggantikannya dengan kegiatan non-screen yang bisa membantu mengembangkan kreativitas anak dan sekaligus makin meningkatkan bonding antara anak dan orangtua.

Mia Lukmanto (CEO dan Founder Beyond Screen Production)  menjelaskan bahwa EO Beyond Screen Production, yang sebelumnya sukses dengan kegiatan Little Chef Wonder (2015)  berusaha membuat alternatif hiburan untuk keluarga. Selain menyenangkan untuk anak, juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk menstimulasi perkembangan anak dari berbagai aspek, terutama motorik kasar dan sosial. 

Beyond Screen Production bekerja sama dengan Traveloka (perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional) menghadirkan Funtopia. Menurut Christian Suwarna (Senior Vice President Business Development Traveloka), Traveloka tidak hanya menyediakan sarana pemesanan perjalanan secara online, namun juga seluruh aspek dari perjalanan tersebut. Aspek yang dimaksud merupakan kebutuhan akan hiburan dalam perjalanan, yang dicakup dalam produk Aktivitas dan Rekreasi.

Funtopia 

Funtopia adalah arena balon bermain terbesar di Indonesia yang diadakan pertama kali di Bintaro XChange Park, Bintaro Exchange Mall pada 17-30 Agustus 2018. Tujuan diadakannya event ini adalah menciptakan arena bermain anak yang outdoor, sehingga bisa menstimulasi kegiatan fisik anak, plus bisa dimanfaatkan untuk menciptakan momen kebersamaan bersama keluarga. 

Arena bermain seperti ini merupakan alternatif hiburan yang bisa dimainkan untuk seluruh keluarga. Tiket bisa dipesan on the spot saat acara, namun akan ada potongan harga bila pembelian tiket dilakukan melalui web www.traveloka.com dan aplikasi Traveloka dengan menu Traveloka Aktivitas & Rekreasi

Funtopia menghadirkan 8 Wahana Balon, seperti Mysteri Maze, Candy Cane, Caterpillar Cave, Old Octopus, Bunny Boo, Crown Castle, Mighty Mushroom, dan Traveloka Track. Saya dan anak-anak berkesempatan untuk bermain bersama di Funtopia ini pada hari Sabtu, tanggal 18 Agustus 2018. Ikuti yuk keseruan kami mencoba semua wahana balon yang ada di Funtopia.


Bermain Seru di Funtopia

Hari Sabtu sebenarnya waktunya si sulung ekskul futsal dan si tengah les Inggris. Berhubung mereka tidak mau diajak bolos izin, jadi saya dan si bungsu pergi duluan. Mereka dan ayahnya menyusul setelah keduanya selesai berkegiatan.

Kami masuk melalui mal BXC, kemudian menyusuri jogging track BXC Park untuk menuju lokasi Funtopia. Dari kejauhan sudah terlihat balon-balon raksasa dengan beragam karakter dan warna warni yang menarik, membuat si bungsu (menjelang 6 tahun) tidak sabar untuk segera bermain.

Setelah menukarkan tiket dengan gelang kertas yang harus dipakai selama dalam lokasi, kami pun ke tempat penitipan sepatu. Selama bermain di Funtopia, kita harus menggunakan kaos kaki, dan bisa menitipkan sepatu dan meminjam sandal bila ingin ikut naik dan bermain bersama anak.

Kami pun menuju wahana pertama, yaitu Traveloka Track. Disini anak bisa memanjat, bermain perosotan, dan bermain di kolam kubus. Oiya, sebelumnya mau pesan nih, kalau main di siang hari sebaiknya bawa topi. Tapi ternyata memang lebih enak kalau main saat pagi atau sore hari, saat matahari sudah tidak terlalu terik.



Kemudian lanjut ke Mighty Mushroom. Di sini banyak balon-balon jamur dengan warna menarik. Si bungsu bisa lompat, memanjat di ketinggian, dan main di kolam kubus.



Setelah itu lanjut ke Old Octopus, Crown Castle, Candy Cane, Caterpillar Cave, Bunny Boo, dan Mysteri Maze. Semua dicoba. Saya ikutan main loh bersama si bungsu. Ternyata menyenangkan ikutan lompat-lompatan di balon bersamanya. Well, let's pictures talk!









Berhubung panas sudah makin terik , saya pun ngadem di mal, sekalian ketemuan maksi sama yang lain. Sebenarnya sih enaknya bisa makan dan minum di stan-stan Traveloka Eat yang ada di Funtopia. Makanan dan minumannya enak-enak lagi. Hanya berhubung yang lain belum memiliki tiket masuk Funtopia, jadilah kita makan (sekalian numpang ngadem nunggu matahari agak berkurang teriknya) di mal.



Saat makan, si bungsu pun asyik bercerita tentang Funtopia sambil menunjukkan foto-foto dan videonya. Si tengah pun ingin main. Untungnya saya dan si bungsu bisa masuk lagi, karena saat kami keluar telah distempel. Si sulung dan ayahnya hanya ingin duduk-duduk di taman, jadi kami bertiga kembali masuk ke arena Funtopia. 

Dengan bersatunya si tengah dan si bungsu, maka makin hebohlah acara lari-larian , lompat-lompatan, memanjat, meluncur. Beuh, serasa dunia milik berdua hahaha...  Kali kedua ini, karena faktor U, saya sudah tak sanggup ikut lompat-lompatan bersama mereka. Setelah mereka berdua puas mencoba semua wahana lagi dan bundanya sudah mulai lowbatt, akhirnya kita keluar juga. Dan mereka keluar dengan hepi, sibuk mengobrol tentang betapa asyiknya bermain di Funtopia.



Tidak ada komentar