5 Masakan Rumahan Khas Kalimantan ala IG: @hanhanny untuk Menu Ramadhan

Saya termasuk yang mengganggap media sosial banyak manfaatnya, asalkan memang niat dan tujuan kita positif. Media sosial Instagram termasuk yang sering saya pantengin, terutama saat Ramadan kemarin, karena saya banyak hunting resep masakan dan kue yang simpel tapi enak di sana untuk penganan sahur dan berbuka puasa. Banyak resep-resep dari food celebgram yang cocok dengan lidah kami dan lumayan banget buat tambahan variasi menu.

Nah, pas baca trigger post dari mak Lidha Maul di website KEB tentang Penganan Gurih Incaran Saat Ramadan, saya jadi pengin sharing juga tentang hasil hunting resep saya di akun IG @hanhanny. Saya banyak yang cocok dengan resep-resep beliau, dan lebih hepi lagi saat ternyata beliau juga banyak posting resep-resep masakan khas Kalimantan. Hmm...yummy!

Sahabat SMA saya yang ternyata kampung kita sama, sering cerita di akun media soasialnya tentang kegiatannya selama Ramadan dan Lebaran di Martapura. Foto-foto kulinerannya dia jelas bikin saya mupeng. Teman saya itu masih memiliki banyak keluarga di Kalimantan Selatan, jadi sepertinya minimal setahun sekali masih pulang kampung. Lah, berhubung saya lahir dan besar di Jakarta, dan keluarga sudah banyak yang migrasi, jadilah semenjak lulus SD saya belum pernah lagi menjenguk kampung halaman.

Saya masih sering sih makan masakan Kalimantan yang umum, seperti Soto Banjar, Masak Habang, Nasi Kuning Banjar, dan Ketupat Kandangan. Kalau Soto Banjar biasanya makan buatan ibu, ibu mertua atau tante saya. Sedangkan masakan lainnya seringnya beli di rumah makan Banjar langganan saya di Bogor. Jauh ya. Saya belum nemu rumah makan Banjar di sekitaran lingkungan rumah saya soalnya.

Pas kepoin akun IG @hanhanny, saya menemukan resep masakan rumahan Kalimantan yang belum pernah saya coba dan sepertinya menggiurkan. Berikut 5 masakan rumahan khas Kalimantan ala IG @hanhanny yang bikin saya kepo dan pengin:



Cacapan Ampalam

Ampalam itu mangga muda yang biasanya dicampur dengan belimbing wuluh ditambah irisan bawang merah dan bawang putih. Hmmm... yummy banget buat cacapan makan dengan iwak karing (ikan asin).




Laksa Banjar

Laksa Banjar itu semodel putu mayang hanya kuahnya dengan menggunakan santan gurih dengan ciri khasnya kuah kaldu yang berasal dari daging ikan haruan yang dihaluskan.

Timun Bakarik Santan

Jadi kuahnya adalah timun yang dikerik dan dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu. Ditemani dengan ikan asin, wah bikin nasi sepiring kayaknya enggak cukup.



Tarung Bebanam Kuah Santan

Terong yang dibakar dengan kulitnya sampai gosong, lalu kulitnya dikupas. Setelah itu diramu dengan santan gurih dicampur bumbu-bumbu yang ringan. Enak banget dimakan dengan ikan asin. Dududuh, nasi mana nasi!


Cacapan Belimbing Tunjuk

Belimbing wuluh, irisan bawang merah dan bawang putih plus bumbu-bumbu dicampur dengan air, dan dimakan sebagai cacapan (pendamping) makan dengan iwak karing terutama enaknya iwak papayu babanam.




Semuanya memang enak dimakan dengan menggunakan iwak karing (ikan asin) khas Kalimantan. Duh, kayaknya minta kirimin aja sekalian banyak kali ya sama om yang masih tinggal di Banjarmasin hehehe...


Kenapa Ramadan ngincernya malah masakan rumahan? Karena keluarga saya jarang berbuka dengan kue-kue. Palingan kurma, gorengan dan es buah. Itu aja udah hepi banget dan bikin kenyang. Setelah sholat magrib, baru kita makan berat. Nah, biasanya saya masak rada istimewa atau yang saya jarang masak saat bukan bulan Ramadan. Maksudnya sih biar mereka memiliki kenangan istimewa saat Ramadan akan masakan bundanya ini.

Nah, teman-teman ingin ikutan masak juga? Cuss kepoin akun IG @hanhanny yak. Bisa lihat detail resepnya di caption fotonya, cara masaknya simpel dan mudah diikuti tapi yummy-nya tiada tara :)


39 komentar

  1. Laksa Banjar aku pernah makan nih, waktu itu temenku buka order masakan Banjar kebetulan orang sana dan pernah buka warung makan

    BalasHapus
  2. Samaan aku jg hobinya ngintipin resep menu rumahan di ig. Hahaha tp gak khusus harus 1orang. Karena resep masakan padang aku lebih suka resep ibuku. Sisanya masakan rumahan biasa intip igvumi halim.

    BalasHapus
  3. Beberapa waktu lalu saya lihat IG @hanhanny, jadi tau cacapan sambal. Coba bikin sendiri di rumah. Memang enak rasanya. Bikin nafsu makan bertambah :D

    BalasHapus
  4. Duh menunya uni-unik semua mba Idri, saya malah pengen coba masakannya dulu baru masak hahaha..dasar malas

    BalasHapus
  5. ya ampuuuun anak semua itu mbaaa..aku suka yang ada time dan terongnya. Masaknya juga nega termal heboh kan ya Mba

    BalasHapus
  6. Duuuh, kalo bahas bahas kulineran plis jangan saat musim ujan begini, bikin lapeeer, padahal baru aja makaaaan wakakaka

    BalasHapus
  7. Aku kalo Ramadhan malah jarang makan berat habis buka. Sukanya kurma, sirop atau es & gorengan. Makan berat pas sahur, tp tentu saja lauk dan sayur beli. Indahnya kalo ada yg jago masak kayak gitu, tiap hari makan masakan rumahan yg enaaak

    BalasHapus
  8. Huaaa, aku jd berminat ngepoin ignya, foto2 masakan sukses bikin ngileer

    BalasHapus
  9. Unik-unik nih makanan khas Ramadhan di Kalimantan. Penasaran Ama yang pertama, mangga dengan belimbing wuluh. Seger kayaknya

    BalasHapus
  10. Ya Allah...langsung lafeeeeer...hehe.. Asli langsung pengen icip2 nih mba.. Bisa beli di mana ya? (maklum..aku awam masak, hihi..)

    BalasHapus
  11. Ya Allah mak, jadi kangen masakan Banjar. Favoritku timun bekatik santan itu enak banget, makannya pake papuyu bakar

    BalasHapus
  12. Ya Allah ngiler banget sama Laksa Banjar kayaknya enak nih , bumbunya juga banyak ya.

    BalasHapus
  13. banyak masakan berkuahnya yaa di Kalimantan, segar-segar. Eh yang mangga muda plus belimbing wuluh itu kok aku bayanginnya kecut banget, kecut ngga sih mba?

    BalasHapus
  14. Pernah coba yang belimbing wuluh, duh rasanya seger plus kecut kecut gimana gitu. Sukaaa. Kadang ga makan sama nasi.

    BalasHapus
  15. aku belum pernah masak itu semua, kayaknya pengen cobain masak timun bakarik itu. gambarnya sama menggoda,. apalagi masakannyaaaaaaaa

    BalasHapus
  16. Mbak Indri, ini memang semua masakan dimasak dengan santan atau memang khasnya masakan Kalimantan yang pakai santan?

    BalasHapus
  17. Ya Allah, saya penasaran sama masakan-masakan ikannyaaaaa .... kapan ya bisa mencicipinya :)

    BalasHapus
  18. Omg ngiler saya lht2 foto2nya, sepertinya masakan khas Kalimantan ini cocok di lidah. Bolehlah di coba.

    BalasHapus
  19. pas lapar, pas BW kesini jadi membayangkan gurihnya kuah Laksa Banjar hahahha
    btw masakannya unik unik ya mbak, beberapa malah aku baru tau disini...

    BalasHapus
  20. Ya Allah enak2 semua itu menunya... ngiler :D

    BalasHapus
  21. duuh Mbak, ngiler lihat ikan asinnya, bersantan gitu pulaaa.. nyamiii banget yaaakk, makannya pas siang-siang ataupun malam, bisa nambah banyak itu :D

    *anyway kita segroup di KEB ya? baru mampir sini saya, kelewat BW di list kali :D

    BalasHapus
  22. Aku ngilerrr
    Belum pernah coba masakan Kalimantan, tapi udah kebayang gurih dari pedas manis asam atau belimbing wuluhnya

    BalasHapus
  23. Aku jadi laper malam-malam baca ginian. Apalagi aku penasaran lihat masakannya yang sama sekali belum pernah aku cicipi, hiksss

    BalasHapus
  24. itu terong jadi cakep gitu yak. Kepoin ah ke IGnya hanhanny sambil cari resep.

    BalasHapus
  25. Saya taunya masakan Kalimantan cuman Soto Banjar aja, hehe.. Soalnya di Makassar gak ada resto khusus khas Kalimantan, jadi kurang familiar sama menu lainnya.

    BalasHapus
  26. Jadi cacapan ampalam agak mirip dengan sop ikan tapi menggunakan ikan asin ya. Belum pernah mam itu.
    Paling yang tak ingin untuk makan tarung bebanam, kayak terong bakar santen persis di daerahku, endes mba. Semuanya enak mau, mba eheheh.

    BalasHapus
  27. Itu makanan yang suka disajikan di rumah mertua semua, haha. Sejauh ini aku cocok makannya cuma harus ada sambel, biar lebih manteb :D

    BalasHapus
  28. Menu makanannya enak semua dan kebanyakan dari bahan dasar ikan. Pagi pagi begini baca postingan ini aku jadi laper nih. Huhuhu.

    BalasHapus
  29. Laksaaa...
    Kok paling bikin aku ngiler yaa...?

    Rasanya aku pernah cicip Laksa...tapi lupa dimana.
    Enaaaknyaa~

    BalasHapus
  30. Semuanya mengoda iman mba, tapi ak paling kepo dengan laksa banjarnya

    BalasHapus
  31. Duh mbak beneran deh aku jadi ngences nih lihat tering itu huhu aku pengen buat ah.

    BalasHapus
  32. Duuuh ngebayangin asamnya Cacapan Ampalam bikin saya berliur dan perut saya keroncongan pagi-pagi Mbaak! Penasaran karena jarang banget kan tempat makan yang jualan ini di Jawa....

    BalasHapus
  33. enak-enak banget sih masakan khas kalimantan iniii >.< dulu aku pernah sekali ke kalimantan tapi mahal2 banget dah harga makanannya, nda kuat aku tuh lama2 di sana :D

    BalasHapus
  34. Saya belum pernah makan hidangan khas Kalimantan, jadi agak asing dengan menunya.
    Tapi ngebayangin dari bahan-bahannya, kayaknya seger-seger ya, terutama yang mangga muda.

    BalasHapus
  35. Ooo, di Kalimantan ada Laksa juga ya Mba. Aku suka banget tuh makan Laksa Betawi, punya langganan di daerah Situ Gintung. Duh, jadi kangen kaaann. Hahahaa

    BalasHapus
  36. Plattingnya keren2 ya itu fotonya, hanya saja karena aku ndak suka ikan, ntar mau berburu jenis masakan yang lain di akun itu ;)

    BalasHapus
  37. wahh itu terong kuah santannya ndess banget ya aku suka sayur santan tapi tampilannya kek gitu jadi ngilerrrr banget dan lgsg pengen nyobain biasanya terong nya dipotong2

    BalasHapus
  38. Pingin ah liat IG nya hanni...aku kadang pingin masak sesuatu yg beda

    BalasHapus
  39. Waah ternyata masih banyak makanan yang belum kucoba, contohnya seperti masakan2 di atas. Bahan dasarnya sih pernah makan tapi kalo diolah seperti itu blm pernah makan.

    BalasHapus