Resep Sahur Praktis Lezat Bergizi untuk Anak : Nasi Gila Sosis dan Bakso SO GOOD




Bulan Ramadhan tahun ini istimewa bagi saya, salah satunya karena saya harus kembali menemani si sulung dan si tengah menjalani ibadah puasa, dan ibadah lainnya seperti tilawah dan muroja'ah, serta shalat tarawih di masjid. 

Untuk menjalani semua kegiatan ibadah tersebut pastinya membutuhkan stamina yang kuat. Belum lagi, untuk tahun ini mereka juga harus menjalani Ujian Kenaikan Kelas saat berpuasa. Ujian (apalagi buat emaknya) bukan hanya saat ujiannya, tapi terlebih saat menyuruh mereka belajar. Akhirnya saya bersepakat dengan mereka mengenai jadwal belajar di rumah, sehingga saya dan anak-anak bisa sama-sama nyaman menghadapinya. 

Tugas saya adalah memastikan mereka makan sahur dan berbuka puasa, walaupun dengan menu sederhana namun padat gizi untuk mendukung stamina mereka saat berpuasa. Untungnya, mereka tidak terlalu pilih-pilih makanan, dan mudah pula dibangunkan saat makan sahur. Jadi tidak ada 'drama' menjelang bangun sahur.


Biasanya saya membuat menu yang sama untuk makan sahur dan buka puasa. Perbedaannya adalah saat berbuka puasa, biasanya ada camilan atau es buah atau es kelapa. Alhamdulillah, anak-anak lahap makannya, baik saat berbuka puasa ataupun sahur. Jadi kondisi mereka tetap fit selama bulan Ramadhan ini, bisa berpuasa penuh selama sebulan dan semangat juga menjalani ibadah lainnya, plus tetap bisa mengikuti kegiatan sekolah dengan baik.

Walaupun bulan ini suhu udara sedang kurang bersahabat, jadi tiap mereka pulang sekolah ada aja sedikit keluhan: "Bundaaa, haus!" Dan saya pun mengalihkan fokus mereka dengan rasa hausnya ke kegiatan yang menurut mereka menarik, seperti main games di HP (maksimal setengah jam), atau sekadar kruntelan di kamar sambil ngobrol sampai akhirnya mereka tertidur.

Salah satu 'prestasi' saya Ramadhan tahun ini adalah: tidak pernah terlambat bangun, jadi Alhamdulillah selalu makan sahur. Bukannya apa-apa, soalnya saya takut kalau gara-gara telat sahur (dan jadi tidak makan sahur), anak-anak jadi punya alasan kuat untuk tidak berpuasa. Supaya tidak telat bangun sahur, saya pasang alarm di HP jam 3. HP-nya saya letakkan agak jauh dari saya, jadi saya harus bangun buat mengambilnya. Kan jadinya tidak kepikiran buat tidur lagi.

Terus lancar dong? Tentu tidak. Ada beberapa kali saya baru bangun jam 4. Belum telat banget sih, tapi itu pun saya panik. Karena pas banget makanannya habis buat berbuka puasa. Tadinya saya pikir mau buat telur dadar atau telur ceplok saja, yang mudah dan enak.

Pas lihat kulkas, baru ingat saya ada stok makanan beku (sosis premium SO GOOD) di kulkas, kepikiran deh tetap bikin makanan yang walaupun praktis tapi tetap enak. Saya masak Nasi Gila ala penjual kaki lima di Menteng dengan menggunakan sosis SO GOOD. Senangnya melihat mereka tambah makannya, walaupun harus makan dengan cepat karena menjelang azan Subuh. 

Saya (dan keluarga) suka dengan sosis premium SO GOOD ini, karena memiliki kandungan daging lebih banyak dengan tekstur juicy dan rasa yang lezat, sudah dimasak dengan matang sebelumnya sehingga dalam pengolahan lanjutannya tidak perlu terlalu lama, dan praktis karena tidak perlu membuka lapisan luar sosis terlebih dahulu. 

Berhubung waktu itu, sudah mendekati sahur, jadi tidak sempat untuk foto-foto. Setelah Lebaran (dan bosan dengan makanan bersantan), anak-anak kembali request Nasi Gila. Untuk kali ini, selain menggunakan sosis ayam premium SO GOOD rasa madu, juga saya tambahkan bakso ayam keju SO GOOD. Enaknya sih ditambah sayuran tapi tukang sayur di komplek saya belum balik mudik dan saya sedang malas ke pasar.



Kalau ada yang mau coba ikutan bikin, berikut resepnya:

NASI GILA SOSIS DAN BAKSO SO GOOD
Recook: Indri Noor

2 buah Sosis SO GOOD (iris dengan ketebalan sesuai selera)
3 buah Bakso SO GOOD (iris dengan ketebalan sesuai selera)
1 buah Telur (diorak arik)

Bumbu:
5 siung bawang merah (iris tipis)
2 siung bawang putih (iris tipis)
Lada
Saos tiram
Kecap manis
Garam

Catatan: Kalau saya, bawang merah dan bawang putih dihaluskan, karena anak-anak kurang menyukai masakan yang ada irisan bawang merah dan bawang putih.

Cara Memasak:

Tuang sedikit minyak goreng ke wajan. Tumis bawang merah, bawang putih sampai wangi, tambahkan lada, saos tiram, kecap manis, dan garam. Masukkan sosis, bakso, dan telur. Masak sebentar sampai bumbu meresap. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan.



Lebih enak lagi kalau makan dengan pendamping seperti acar atau kerupuk/emping. Tapi begini saja anak-anak sudah hepi dan pakai nambah makannya. Alhamdulillah.

Di rumah, selain sosis, saya juga sering stok makanan beku lainnya seperti nugget, pangsit atau chicken katsu dan karage. Semuanya tentu produk dari SO GOOD. Saya memilih stok makanan beku SO GOOD karena 7 alasan berikut:


  1. Solusi praktis yang lezat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani harian.
  2. Memiliki jaminan kualitas produk yang tinggi karena tanpa menggunakan bahan pengawet, bahan baku yang segar, hygenis, dan full cooked (sudah dimasak dengan matang terlebih dahulu) tanpa merusak nutrisi gizinya. 
  3. Inovasi tinggi dengan memiliki rangkaian produk yang bervariasi, baik yang berupa siap olah (berupa ayam potong atau utuh segar) atau siap masak (seperti nugget, sosis, pangsit, bakso, dan masih banyak lagi yang lainnya). 
  4. Mudah didapatkan, di minimarket komplek saya pun banyak tersedia varian produk SO GOOD.
  5. Harga terjangkau untuk kualitas seperti SO GOOD
  6. Halal
  7. Semua varian produknya bisa dibuat atau diolah lagi untuk kreasi masakan rumahan maupun resto, jadi kita tidak bosan dengan cara pengolahan yang biasa, seperti digoreng atau dikukus.
Yuk, ikutan untuk masak Nasi Gila dari varian produk SO GOOD. Atau teman-teman punya kreasi lainnya yang jauh lebih yummy dengan produk SO GOOD? Sharing yuk!


Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Resep Masakan Rumahan Khas Ramadhan ala SO GOOD
#SogoodXbpn






12 komentar

  1. Saya tadi pikir apa ya nasi gila? OOO semacam nasi goreng ya ? Wah mantap tuh ditambah sosis dan bakso So Good. Terimakasih resepnya nanti mau coba ah buat anakku.

    BalasHapus
  2. Wah bisa dicoba nih ama saya di rumah. Kebetulan saya dan anak juga penggemal sosis trus masaknya ga terlalu ribet hihihi

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, selalu sahur yah mbak. Cara pasang alarmnya saya banget tuh mbak. Memang harus dijauhkan dari tempat tidur, kalau nggak yah bablas sudah, hahaha.

    BalasHapus
  4. Resepnya praktis dan mudah dibuatnya. Pingin nyoba bikin besok kalau udah di rumah sendiri. Cuma, saya penasaran kenapa dinamakan "Nasi gila sosis dan bakso so good" ?

    BalasHapus
  5. Nasi gila ini sampai sekarang masih hits jadi kuliner malam. Iya banget, lebih enak untuk tumisannya pakai bakso dan sosis So Good. Aku suka sosis So Good karena benar-benar terasa dagingnya, ga kaya merk lain kayanya cuma terbuat dari tepung, perasa dan warna merah aja. Aku bikin aahh naso gila kaya Mba Indri buat sarapan pagi ini, di kulkas lagi ada sosis So Good nih

    BalasHapus
  6. Wah saya belum berprestasi dong yaaa.. soalnya oernah terlambat bangun dan tidak sahur 1 hari.. hiks.

    BalasHapus
  7. Praktis banget mbak. Gak cuma buat sayur nih kyknya jg bisa buat sarapan anak2 bahkan bekal buat anak2 sekolah :D
    Cuma mungkin aku skip ladanya soalnya anakku gk suka pedes hehe

    BalasHapus
  8. Pagi2 liat masakan jadi laperrr.
    Saya juga sedia So Good di rumah mbak. Selin praktis dan enak, So Good olahan aman buat konsumsi keluarga.

    BalasHapus
  9. Sebagai orang Indonesia tetap gak bisa lepas dari nasi. Well.. resepnya mudah dan praktis. Nutrisi Anak anak tetap terpenuhi. So Good Memang istimewa. Biasanya anak ku sosis so good nya di gereng selama 3 menit. Kemudian di taro diatas roti yang sudah di oles margari. Dengan scramble egg. Thanks for sharing. Good luck to you

    BalasHapus
  10. Wah nasi gila, kesukaan aku d kantin sekolah jaman SMA. ternyata g susah ya bikinnya, pakek bahan berkualitas bgini pasti makin mak nyus.

    BalasHapus
  11. Nasgor memang enak disantap buat kapanpun. Untuk sahur pun enak :)

    BalasHapus
  12. So good ini enak dan praktis ya mbak bisa diolah masakan apapun. Aku suka banget stok so good di rumah. Khususnya sosis dan nugget

    BalasHapus