Belajar Montessori bersama Montessori Haus Asia


Dulu saat pertama kali mencari TK untuk si sulung, saya sempat mencari sekolah yang menggunakan kurikulum Montessori. Tapi, akhirnya tidak jadi karena sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut letaknya cukup jauh dari rumah dan harganya pun belum terjangkau oleh kami. Walaupun jujur, sebenarnya saya belum mengetahui dengan detail mengenai Montessori.



Setelah saya browsing lebih lanjut mengenai Montessori, ternyata bisa loh kita sebagai orangtua membuat sendiri kurikulum Montessori di Rumah untuk anak kita yang berusia 0-12 tahun. Plus bisa menggunakan alat-alat yang ada di rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar. 

Minggu tanggal 22 Juli 2018, saya berkesempatan menghadiri workshop Montessori Made Simple dari Montessori Haus Asia. 

Narasumber pertama adalah pendiri Montessori Haus Asia Singapore. Beliau menjelaskan mengenai metode Montessori, yang banyak salah kaprah juga diartikan banyak para orang tua. Banyak yang mengira Montessori hanya untuk kalangan menengah ke atas, padahal Montessori sebenarnya menggunakan metode sederhana dan alat-alat sederhana yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. 

Dalam Montessori, lingkungan berperan sangat penting karena seharusnya bisa mendukung perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya. Konsepnya adalah semua barang yang ada di lingkungan sekitar anak harusnya memiliki nama, tempat dan kegunaan.



Orangtua diharuskan untuk tidak egois dengan targetnya sendiri, melainkan memiliki target yang memang sesuai dengan tahapan usia anak. Sebab pendidikan menggunakan Montessori itu mengikuti tahapan usia dan perkembangan anak, sehingga anak adalah leadernya. Karena sudah sesuai dengan tahapan usianya, anak jadi lebih percaya diri, sehingga jadi lebih mandiri dalam melakukan segala sesuatunya sehari-hari. Kemampuan dan kreativitas anak pun jadi lebih berkembang, karena diberikan banyak ruang untuk bereksplorasi.

Dengan Montessori pula, anak bisa berperan sebagai apa saja, sehingga memiliki insight lebih luas. Selanjutya anak juga memiliki life skills dan bisa mengerti bahwa untuk menjadi besar harus mengerti terlebih dahulu hal-hal kecil yang terlihat sepele.

Dengan mengerti konsep dasar Montessori, kita jadi tidak membandingkan kemajuan anak kita dengan anak lainnya, karena mereka berbeda. Dan tidak ada yang namanya kompetisi, karena tujuan akhir Montessori  adalah bisa mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan usia, tahapan perkembangan dan karakternya.

Montessori dibagi menjadi lima area pembelajaran, yang sebaiknya dilakukan secara bertahap dan berurutan, yaitu: Keterampilan Hidup (Practical Life), Sensorial, Bahasa, Matematika, dan Budaya. Dengan melakukan area pembelajaran secara bertahap sesuai usianya, maka kemampuan anak akan berkembang dengan baik dalam banyak hal.



Nah, biar kita para ibu tidak hanya berkutat dengan teori, maka Miss Rosalynn (pendiri PT Montessori Haus Asia Indonesia) mendemokan bagaimana cara mengajarkan Matematika pada anak yang kemampuan abstraksinya masih lemah. Jadi, Miss cantik ini memberikan bukti nyata yang bisa dipegang anak, bahwa satuan ribuan lebih banyak dari ratusan, ratusan lebih banyak dari puluhan, demikian seterusnya. Dengan melihat dan bisa memegang kuantitas atau bilangan yang dimaksud, maka anak bisa membayangkan, sehingga konsep perhitungannya pun menjadi lebih matang.



Di Montessori Haus Asia yaitu untuk Jakarta Montessori, tersedia pelatihan Montessori dalam berbagai paket, antara lain: Montessori Express (durasi 25 jam), Professional Diploma in Early Years Montessori (durasi 208 jam) and Enterpreneurship, dan ada paket Montessori untuk Anak dengan kelompok Little Seed (1-3 tahun) dan Rainbow (3-5 tahun).

Montessori Haus Asia berusaha membuat Montessori berkualitas yang tetap terjangkau untuk semua karena Montessori for Everyone. Layanan dari Montessori Haus Asia berprinsip bahwa:
1. Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
2. Kerja tim adalah kunci pertumbuhan
3. Kerja keras adalah dasar kesuksesan
4. Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan      pengembangan
5. Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting




Oiya, saya mendapatkan trial box dari IG: @gamemontessori yang memungkinkan kita mengaplikasikan kurikulum Montessori di Rumah. Duh, liat akun IG nya bikin mupeng banget, rasanya semua pengin dibeli. Nah, di trial box-nya saya mendapatkan tiga jenis permainan untuk 3 aktivitas, yaitu: menanam kacang hijau, mengamati siklus pertumbuhan kacang hijau dan permainan mengenal angka 1-10. Si bungsu suka sekali permainan dengan menggunakan kacang hijau ini, serasa dia sudah besar katanya hahaha...




Agar anak dapat mengikuti pendidikan Montessori di Rumah dengan hasil optimal. maka anak juga harus sehat. Kesehatan saluran cerna sangat mempengaruhi kesehatan anak secara umum. Saluran cerna yang baik harus memiliki probiotik baik dengan jumlah cukup, karena probiotik bisa meningkatkan imunitas tubuh. Fyi, 80% sistem imun tubuh yang baik bermula dari usus yang sehat.

INTERLAC merupakan suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis. Selain sudah teruji klinis, juga terbukti aman dan tanpa efek samping untuk pemakaian jangka panjang di segala usia, tidak mengandung laktosa dan mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA. Sebaiknya INTERLAC disimpan di kulkas atau dengan suhu  dibawah 25 derajat Celcius. Untuk info produk INTERLAC bisa meluncur ke www.interlac-probiotics.com atau akun IG: @interlacprobiotics.

Salah satu makanan sehat untuk saluran cerna adalah granola. Kemarin saya mendapat satu bungkus d'granola dari akun IG: @healthy.food.partner. Saya jujur tadinya tidak berminat mencoba. Tapi melihat suami dan si sulung nyamil granola dengan nikmatnya, saya jadi tertarik untuk mencoba. Ternyata enaaak. Saya yang pemula banget dalam mengkonsumsi makanan sehat ternyata bisa menyukai granola. Yippieee...



Granola ini terdiri dari gabungan rolled oat, biji labu, biji bunga matahari, cranberry, raisin, kurma madu, kayu manis, extra light olive oil, dan garam laut Himalaya. Manfaatnya jangan ditanya untuk saluran cerna, plus ditambah dengan banyak manfaat lainnya.



Nah, kalau kesehatan saluran cerna sudah baik, makan pun jadi lebih nikmat. Sesekali makan pedas tidak apa-apa ya, soalnya sambal di makan siang kami yaitu Ayam Gepung Mpo Oneng nikmat banget. Saya sih cuma makan sedikit, sisanya dihabiskan anak-anak saat menunggu saya sedang mengikuti workshop. Dan anak-anak sukaaa, ayamnya empuk dan bumbunya terasa sampai ke tulang. Yummy, lah! Kali ada yang mau mengintip menu-menunya bisa intip di akun IG: @ayamgepukmpooneng








Tidak ada komentar