Great Family Adventure in BRICKLIVE


Assalamu alaikum moms,

Anak-anak pasti sudah pembagian rapor. Insya Allah apapun hasilnya, itu sudah yang terbaik dilakukan oleh anak-anak kita ya moms. Oiya, kebanyakan moms lagi pusing dong ya sekarang, membuat kegiatan untuk anak-anak yang non-TV-smartphone dan games untuk mengisi libur lebaran dan sekolah.

Buat yang tidak mudik lebaran, boleh dicoba nih untuk mengunjungi BRICKLIVE. Pas banget saya diundang ke Media Day and 1st Preview BRICKLIVE Jakarta di PIK Avenue Mal, Balroom Lantai 7 dan anak-anak juga sangat menyukai bermain LEGO.

Catatan sebelumnya, untuk mencapai lokasi BRICKLIVE, saya terus naik eskalator dari lantai 1 pintu lobi selatan PIK Avenue, karena kalau lewat lift hanya sampai lantai 6, dan agak ribet menurut saya mencapai lokasinya. Jadi siapkan anak-anak agar tidak lelah dan tetap terjaga keselamatannya saat harus marathon naik eskalator ya moms.

Anak-anak bersemangat sekali saat mengetahui akan saya ajak ke acara ini. Mereka sudah berniat akan bermain LEGO sepuas-puasnya selama hari itu. Alhamdulillah ya, sekalian ngabuburit biar mereka bisa lupa sama lapar dan hausnya.



Saat masuk ke Balroom Lantai 7,  kami langsung melihat lego berbentuk dokar ala Thailand dan Monas (Indonesia). Ish, keren banget ya bisa membuat kreasi LEGO sebesar dan serumit itu. Salut!

Ada juga dua stand Tokopedia. Satu stand yang memajang hasil kreasi bangunan dari LEGO, dan satu stand lagi memamerkan LEGO jenis apa saja yang dijual di Tokopedia. Mereka juga menyediakan games AR untuk kita coba loh. Anak-anak enggak nyoba sih, soalnya mereka lebih tertarik untuk segera berkreasi dengan LEGO. Jangan lupa, ikuti Photo Competition #TokopediaXBrickLive untuk mendapatkan TokoCash masing-masing Rp200.000; Info lengkap datangi saja ya stand Tokopedia di BRICKLIVE.



BRICKLIVE awalnya diadakan di Inggris, yang dibuat oleh para penggemar LEGO untuk para penggemar LEGO, dengan tagline "Built for LEGO Fans". Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang 'didatangi' BRICKLIVE. Di Indonesia, BRICKLIVE dipersembahkan oleh SGE, Tokopedia dan PIK Avenue dan telah dibuka mulai tanggal 7 - 17 Juni 2018 dengan jam operasional 10.00 - 21.00 WIB.

Ki-Ka: Denny Sumali (Direktur SGE) - Mark Guest (Bricklive Global Press Officer) - Nazira C. Noer (Lifestyle Manager Agung Sedayu Retail Indonesia) - Andry Gozal (Lego Fan Indonesia) - MC


Harapannya, BRICKLIVE yang merupakan acara petualangan interaktif LEGO bisa dinikmati oleh semua usia (terutama penggemar LEGO), mengedukasi manfaat LEGO untuk anak (meningkatkan keterampilan fisik dan motorik, mengembangkan kecerdasan emosi, ketahanan untuk fokus), membuat anak-anak lebih kreatif dengan menggunakan imajinasi mereka, dan meningkatkan bonding anak dengan orang tua.

Untuk bisa menikmati semua area permainan yang ada di BRICKLIVE, pengunjung dikenakan tiket masuk. Pembelian tiket acara BRICKLIVE bisa dilakukan on the spot (di ticketing counter PIK Avenue), outlet LEGO atau secara online di Tokopedia. 
Harga tiket VIP : Rp275.000;
Harga tiket reguler: Rp175.000;


Keuntungan dari tiket VIP adalah: pengunjung bisa masuk satu jam lebih awal dari pengunjung dengan tiket reguler. Lumayan banget kan satu jam bisa bermain dengan lebih tenang, dan bisa preview dulu area permainan mana saja yang akan dicoba. Tapi saran saya sih, coba semua area permainan, biar anak-anak lebih banyak mendapatkan insight baru. Tapi ini disesuaikan juga dengan umur anak.

Bagi pemegang Loyalty Membership SedayuOne, bisa mendapatkan diskon sebesar 10% untuk pembelian tiket BRICKLIVE di Ticketing Counter PIK Avenue.

Area permainan di lantai dasar

Hasil kreasi para anggota komunitas LEGO Infonesia. Butuh waktu kurang lebih 1-3 bulan untuk menyelesaikan satu kreasi. Salut!




Area permainan di BRICKLIVE terbagi dua lokasi,  ada yang di balroom lantai 7, ada yang di lantai dasar PIK Avenue. Jenis area permainan yang tersedia di BRICKLIVE Jakarta beserta pengalaman saya dan anak-anak melakukan petualangan kecil kami di sini, adalah: (bila tidak ada penjelasan, berarti area permainan ada di Balroom Lantai 7)

BRICK PITS
Kolam lego dengan berbagai macam warna (merah, ungu, dan hijau). Jangan lupa di sini pengunjung wajib lepas sepatu/sandal dan memakai kaos kaki. Di area ini, anak-anak bisa mengkreasikan lego-lego kecil tersebut menjadi bentuk apapun yang mereka inginkan dalam satu warna. Ssst, kalau mau bermain di dalam kolam legonya hati-hati ya, soalnya lumayan bikin kaki sakit. Ini tergantung sensivitas tiap anak. Dan bila mempunyai balita, sebaiknya diawasi jangan sampai mereka memasukkan potongan lego tersebut ke mulutnya.





DUPLO BRICK PITS
Di area ini, tersedia kolam LEGO berukuran besar, sehingga cocok untuk balita. Letak area ini di lantai dasar. Kami tidak mencoba area permainan di lantai dasar, karena keterbatasan waktu.

THEME ZONE (Star Wars, Ninja Go, Friends, Minecraft)
Area permainan yang terbagi 4 tempat ini, memiliki area yang didekorasi sesuai dengan temanya. Anak-anak bisa berkreasi membentuk LEGO sesuai dengan temanya tersebut.

Friends

Ninja Go

Minecraft

Star Wars


RACE TRACK
Area ini juga terletak di lantai dasar. Di sini anak-anak bisa menyusun LEGO berbentuk mobil dan akan ada track untuk balapan.

TECHNIC ZONE
Bila ingin membuat kendaraan dengan tingkat yang lebih sulit, di sini tempatnya. Bentuknya berupa kendaraan berat atau mobil menggunakan roda. (Area ini juga di lantai dasar).

ARCHITECTURE ZONE
Pengunjung bisa merancang dan membuat bangunan di sini, seperti masjid, gedung, dll.



CITY ZONE
Di dalam area, anak-anak bisa membuat berbagai komponen yang diperlukan untuk membuat suatu kota berfungsi, seperti rumah, mobil, kapal, pesawat, dll.

Pesawat buatan si tengah :)


MAP BUILD
Selain bisa menambah wawasan tentang letak geografis Indonesia, di sini pengunjung diajak lebih aware terhadap bangunan-bangunan tradisional Indonesia.



BRICK GRAFFITY WALL
Di sini disediakan tiga dinding lego, dimana anak-anak bisa menempelkan kreasi mereka di dinding tersebut. Bentuk kreasi bebas, tapi saya lihat kebanyakan membuat nama mereka masing-masing.



CREATOR ZONE
Bila ingin membuat rumah dari LEGO, di sini tempatnya. (Ini juga ada di lantai dasar).

Dari pengalaman kami, ini Do  and Don't - nya selama bermain di BRICKLIVE:

  1. Bila anak tidak terlalu kuat dingin, jangan lupa memakai jaket. Saya dan anak-anak menggigil di sana 😊 Entah memang AC-nya super dingin atau karena kami sedang berpuasa.
  2. Jangan lupa juga membawa kaos kaki, karena di beberapa area permainan wajib menggunakan kaos kaki.
  3. Fasilitas toilet bagus banget. Selain bersih mengkilap, juga terdapat banyak bilik.
  4. Musholla juga tersedia dan dalam kondisi bagus. Musholla pria dan wanita dipisah. Namun sebaiknya untuk wanita lebih baik membawa mukena sendiri, karena saya hanya melihat ada 3 mukena di sana.
  5. Tidak boleh membawa makanan dari luar. Tapi saya melihat ada kantin di dekat area Brick Graffity Wall. Atau bila ingin makan di dalam PIK Avenue juga banyak pilihan. Di sini boleh kok keluar masuk berapa kali dalam sehari, jadi bisa disambi makan, belanja atau bermain di area permainan BRICKLIVE di lantai dasar.
  6. Tiap area permainan disediakan sabun antiseptik, sehingga kebersihan pengunjung dan area permainan tetap terjaga.
  7. Tidak ada contoh atau tutorial yang disediakan, jadi kreasi memang asli dari anak. Menurut saya malah seru, mereka bebas berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Tapi kalau masing bingung, bisa kok tanya kakak-kakak yang menjaga di area permainan tersebut.
  8. Di beberapa area permainan disediakan panggung besar. Itu bukan untuk dinaiki loh ya. Panggung tersebut dibuat untuk memajang hasil kreasi LEGO para pengunjung dalam sehari, sebagai bentuk apresiasi pada mereka. Anak-anak juga dibebaskan untuk meletakkan di mana saja hasil kreasinya tersebut di panggung.
  9. Lego-lego tersebut di tampung dalam bak-bak kecil. Anak-anak bisa membawa satu bak ke meja atau lantai dan berkreasi dengannya. Namun, bantu kakak-kakaknya untuk tetap menjaga kerapiannya yuk, dengan membereskan kembali lego-lego yang tercecer dan meletakkan kembali bak di tempatnya. Anak-anak sekaligus praktik untuk belajar bertanggung jawab.
  10. Walaupun area permainan ramah anak dan ada kakak-kakak yang menjaga tiap area permainan, orang tua sebaiknya tetap mengawasi anak-anak. Kalau bisa malah terlibat bermain bersama mereka. Pasti seru! 


Oiya, ada stand khusus penjualan LEGO dengan diskon sampai 70%, hanya berlaku pembelian selama BRICKLIVE berlangsung. Selain itu, selama acara BRICKLIVE, juga akan ada workshop merangkai LEGO dan lomba-lomba menarik.


Bagaimana moms, sudah ada bayangan kah gimana asyiknya bermain di BRICKLIVE?
Yuk, cuss. 
Have a great adventure with your family in BRICKLIVE!






17 komentar

  1. Wah, anakku pasti senang banget kalau kuajak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, insya allah pada senang

      Hapus
  2. Aku kemarin tgl 10 kesana juga. Anakku suka dan puas karena wahana nya banyak. Seharian pun gak bosen. Alhamdulillah liburan kali ini puas ajak anak main.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, alhamdulillah ya pada suka. Anak2 jadi bebas berkreasi

      Hapus
  3. Waah kemarin sempat dengar tapi ga sempat datang. Anak di bawah setahun bayar ga mba?

    BalasHapus
  4. Aku baca dr atas sampai bawah trus bilang, "wah bagus banget, pengen banget bawa Farisha kesini". Eh, pas baca bagian kayaknya ACnya lumayan dingin langsung down. Huhu. Kami alergi dingin soalnya. Harus bawa jaket super tebal dulu kayaknya ya. Nice sharing bund. :)

    BalasHapus
  5. Ya Allah serunya ya Bun. Sayangnya lokasinya jauh dari tempat saya dan kebetulan anak saya masih kecil banget jadi belum tertarik ama lego

    BalasHapus
  6. Keren karya karya Lego. Walaupun Miss susah mainin tapi ini berguna banget buat melatih logika

    BalasHapus
  7. Legooooo!!! ya ampun, aku punya ponakan ada yang suka banget sama lego, dari yg besar sampai yang kecil-kecil dia seneng maininnya.. kalau aku sih udah puyeng duluan masangnya, apa lagi kalau gak ada kertas petunjuknya hahaha.. mending tidur aja deh :p

    BalasHapus
  8. Yaah..sayang banget aku ga sempat kesana, anakku suka banget nih sama Lego sampe game onlinenya aja game Lego yg minecraft itu.

    BalasHapus
  9. Waaah seruuu banget! Sayang jauh dari depok. Anak ku maniax juga dengan lego. Pasti imajinasi anak anak jadi semakin kreatif dan inovatif. Menyenangkan betul dapat mengajak anak anak main disini. Semoga next edukasi event seperti akan hadir kembali di jakarta selatan or Depok.

    BalasHapus
  10. Waaww keren banget karyanya komunitas lego Indonesia. Ngeliat bricksnya jadi pengen bikin sesuatu, tapi apaa yaa yg bagus?

    BalasHapus
  11. wah, anak2 suka banget lego. Sayangnya udah lewat ya? Jauh pula di PIK. Main lego itu menantangnya bisa bikin kreasi apa aja sesuai imajinasi kita

    BalasHapus
  12. Wah anak2ku dan suamiku pasti suka banget ke sana haha. Kebetilan mereka semua suka lego, walau aku gak terllau suka yg kecil2, kalau anak2 biasanya suka kubeliin yg gede2m, tapi bapaknya suka yg mini2. Moga2 pameran serupa hadir di Bogor Depok, jd gak jauh2 ke PIK hehe

    BalasHapus
  13. Wahh kereen bangett, sayang baru tau infonya hiks. Anakku salah satu penggemar lego, tepatnya 3 bulan belakangan ini.

    BalasHapus
  14. Aku dari kemarin penasaran banget sama si Brick Live ini pengen ngajak anakku main kesana, apalagi dia penggemar Lego banget.

    BalasHapus
  15. wah ini siih surganya anak-anak banget. sayang gak sempet kesana huhuhu.... eventnya niat banget ya mba, temanku sampe ada yang berkali-kali kesana loh

    BalasHapus