Ingin Pembersih Kewanitaan yang Bisa Digunakan Sehari-hari? Coba Betadine Feminine Wash dan Wipes





Dari hasil riset, ternyata 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan dan 5%-nya mengalami infeksi berulang. Pasti teman-teman sudah mengetahui kalau penyebab keputihan umumnya adalah karena kebersihan area kewanitaan yang kurang terjaga, sehingga bisa memicu ketidakseimbangan pH yang menyebabkan bakteri baik di area kewanitaan mati.

Pasti juga banyak dari teman-teman yang sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, ternyata masih banyak yang keliru loh, karena masih menggunakan sabun badan untuk membersihkan area kewanitaan. Atau, teman-teman sudah mengetahuinya, namun masih ragu menggunakan sabun khusus area kewanitaan karena malah takut area kewanitaa  jadi kering? Yuk, cuss kita sama-sama belajar dari event launching Betadine Feminine Wash and Wipes yang saya hadiri tanggal 24 April 2018 kemarin di The Glass, Hotel Ritz-Carlton, Pasific Place, Jakarta.

dr. Mery


Event launching ini memiliki narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu dr. Mery Sulastri selaku Educator and Trainer Mundipharma Indonesia, dan Adi Prabowo selaku Marketing and Innovation Regional Mundipharma (Asia Pasific, Latin America, Africa, Middle East).

Menurut dr Mery, kita tidak disarankan untuk menggunakan sabun badan sebagai pembersih area kewanitaan, karena pH sabun badan (9-10) tidak sesuai dengan pH area kewanitaan yang lebih asam (3,8-4,2). Perbedaan tersebut bisa menyebabkan kekeringan pada kulit di sekitar area kewanitaan  dan berpotensi menyebabkan peradangan yang mengganggu tingkat pH alami dan flora normal di area kewanitaan.

Kenapa kita kok perlu banget sih menjaga tingkat pH alami di area kewanitaan? Sebab, keseimbangan pH alami di area tersebut dibutuhkan agar bakteri baik atau lactobacillus bisa tetap hidup dan mendominasi.

Selain penggunaan sabun badan di area kewanitaan, ada beberapa faktor lagi yang bisa menyebabkan pH di area tersebut terganggu, antara lain saat menstruasi, berhubungan intim, gangguan hormonal, penggunaan antibiotik, kebiasaan atau cara kita membersihkan area kewanitaan yang kurang atau salah, dan penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus.

Oiya, saat kita sedang menstruasi, sangat dianjurkan untuk mengganti pembalut minimal 3-4x sehari. Darah menstruasi bisa meningkatkan pH sampai 7,4 sehingga agar area kewanitaan harus tetap terjaga pH dan kebersihannya, harus rajin mengganti dengan pembalut bersih.




Secara umum, dr Mery menyebutkan cara-cara menjaga menjaga kebersihan kewanitaan, yaitu:
 1. Harus mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan area kewanitaan
 2. Mencuci daerah vulva dengan air bersih dan selanjutnya menggunakan pembersih area kewanitaan sesuai dengan kebutuhan
  3. Membersihkan area kewanitaan dengah arah dari depan ke belakang, harus searah dan tidak bolak-balik. Setelah itu, harus dikeringkan dengan handuk atau tissue sekali pakai yang lembut.
  4. Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, dan tidak ketat. Pakaian dalam juga harus diganti bila sudah terasa lembab.

Jadi, karena kita disarankan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan, kita juga harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kriteria idelnya, sebelum kita bisa memutuskan mana pembersih area kewanitaan sesuai dengan kebutuhan kita.

Kriteria ideal pembersih area kewanitaan, adalah:
   1. Mampu mempertahankan kadar pH yang baik di area kewanitaan
    2. Mendukung pertumbuhan flora normal
    3. Mengandung bahan-bahan yang aman bagi kulit.





Adi Probowo menjelaskan tentang spesifikasi produk baru dari Betadine Feminine Hygiene, yaitu Betadine Feminine Wash & Wipes sebagai pembersih area kewanitaan untuk penggunaan sehari-hari. Nah, bagaimana dengan mitos yang mengatakan kalau pembersih kewanitaan malah akan membuat area kewanitaan kering, apalagi kalau digunakan secara rutin?

Menurut Adi, apapun yang digunakan berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan, pasti hasilnya tidak baik. Betadine Feminine Wash & Wipes bisa untuk pemakaian sehari-hari, asal digunakan seperlunya sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, apa nih kelebihan dari Betadine Feminine Wash & Wipes sehingga bisa menjawab kekhawatiran perempuan dalam membersihkan area kewanitaan sehari-hari? Jawabannya adalah, karena Betadine Feminine Wash & Wipes memiliki kandungan:
  1. Prebiotik yang berguna untuk membantu menjaga keseimbangan pH alami di sekitar area kewanitaan dan membantu pertumbuhan bakteri baik. Prebiotik itu makanan atau nutrisi untuk keberlangsungan bakteri baik tersebut, teman-teman.
 2. Formula alami TRI-CARE yang terdiri dari: (1)Immortelle (bunga abadi) yang berguna untuk memberi kelembutan dan mengurangi iritasi pada kulit, (2)Sensiva yang berguna untuk mengurangi gatal dan kemerahan pada kulit, dan (3)Citrofol yang berguna untuk menetralisir bau tak sedap.





Berhubung kebutuhan dan karakteristik perempuan berbeda, maka Betadine Feminine Wash & Wipes diluncurkan dengan 4 varian, yaitu:
1.    Gentle Protection: mengandung antioksidan dari bunga Immortelle sehingga cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari.
2.    Fresh and Active: mengandung lemon verbena, sehingga cocok digunakan saat berolahraga atau kegiatan lain yang menimbulkan banyak keringat.
3.    Odour Control: mengandung ekstrak alami Witch Hazel, karena memiliki perlindungan terhadap bau tak sedap sehingga cocok digunakan saat aktivitas kita sedang padat seharian.
4.    Moisturizing: mengandung ekstrak Calendula Oil, jadi cocok digunakan pada kondisi area kewanitaan yang kering, seperti kondisi setelah melahirkan atau menopause.




Saya tertarik banget melihat kemasan-kemasannya yang warnanya soft dan girlie. Saya mencoba yang berbentuk busa, selain lembut juga wangi. Hmmm...suka banget. Betadine Feminine Wash & Wipes ada tiga bentuk, yaitu busa, cairan, dan tisu.



Penasaran pengin mencoba juga gimana termanjakannya kita para wanita dalam membersihkan area kewanitaan dengan Betadine Feminine Wash & Wipes? Ikutan coba yuk. Sejauh ini saya suka. Produk Betadine Feminine Wash & Wipes sudah tersedia banyak kok dengan harga sekitar:
Betadine Feminine Wash Foam 100 ml : Rp45.000;
Betadine Feminine Wash Liquid 50 ml : Rp25.000;
Betadine Feminine Wipes isi 10 lembar: Rp12.000;





1 komentar

  1. Senang sekali karena sekarang udah ada varian tissu basahnya ya, jadi mudah dibawa travelling.

    BalasHapus