Pengalaman Asyik Mewarnai dengan Pensil Warna Goldfaber dari Faber-Castell




     Kegiatan mewarnai tidak hanya identik dengan anak-anak, tapi sudah banyak dilakukan oleh orang dewasa untuk mengisi waktu luangnya. Itu makanya sekarang banyak dijual buku mewarnai untuk dewasa dengan berbagai tema.

     Saya sempat membeli dua buku mewarnai, yaitu tema bunga dan mandala. Ternyata mewarnai tidak semudah yang saya duga. Pertama, karena banyak detail dari gambar yang harus diwarnai dengan warna yang berbeda. Kedua, ternyata kegiatan tersebut cukup membuat tangan saya pegal, sehingga satu gambar tidak bisa langsung selesai. Ketiga, saya menggunakan pensil mewarnai milik anak saya dengan kualitas standar, sehingga warna yang dihasilkan kurang keluar. Keempat, saya tidak mengetahui teknik mewarnai, sehingga mewarnai dengan asal saja. Hasilnya bisa ditebak, kan?

Memang ada manfaatnya kegiatan mewarnai untuk dewasa?


Paket Mewarnai untuk Relaksasi

     Menurut berbagai sumber dan pengalaman saya sendiri saat sedang rajin mewarnai, ternyata mewarnai tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, namun juga orang dewasa. Manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan mewarnai, yaitu:

     Mengurangi stress.
     Saat mewarnai, pikiran kita jadi lebih santai karena sedang fokus pada gambar yang kita warnai dan warna-warna yang akan kita pilih. Karena sedang santai, kecemasan dan stress kita juga jadi jauh berkurang.

     Melatih Kesabaran
     Buku mewarnai untuk orang dewasa itu menurut saya sulit karena memiliki detail yang banyak. Untuk mewarnai, selain dibutuhkan jari tangan yang kuat, juga kesabaran ekstra untuk yang belum biasa seperti saya. Setelah terbiasa, kesabaran kita untuk sesuatu hal yang detail bisa meningkat, loh.

     Melatih Motorik Halus dan Penglihatan
     Tidak hanya anak-anak yang harus dilatih motorik halus dan penglihatannya. Orang dewasa juga perlu, karena bila kedua hal tersebut sering dilatih, bisa menurunkan peluang demensia kita di masa tua.

Teknik Mewarnai dengan Blending, Hatching dan Cross- Hatching

     Beruntung saya bisa mendapatkan kesempatan dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam event Faber-Castell Colour Pencil Workshop (Get a deeper experience with Goldfaber) pada hari Sabtu, 24 Maret 2018.
    
     Dalam event tersebut, selain diperkenalkan sekilas produk-produk yang ada di store Faber-Castell di Lower Ground, Plaza Senayan, Jakarta, para peserta workshop yang seluruhnya merupakan emak blogger juga diajarkan teknik mewarnai.


Store Faber-Castell di Plaza Senayan


     Teknik mewarnai itu ternyata ada banyak jenisnya. Mas Rizal (tutor yang juga pelukis) di workshop tersebut, menjelaskan tentang teknik mewarnai dengan pensil warna, diantaranya adalah blending, hatching dan cross-hatching.


Contoh cara mewarnai tiap teknik

Blending adalah mewarnai dengan percampuran dua warna atau lebih. Hatching adalah teknik mewarnai dengan arsiran, yaitu membuat garis-garis paralel yang searah untuk membentuk sebuah warna. Cross-hatching adalah menimpa arsiran dari teknik hatching dengan arah yang berbeda, sehingga akan saling berpotongan dan membentuk tekstur yang menarik. Dalam cross-hatching juga akan terbentuk yang namanya shading (bayangan). Jadi kita harus bisa membayangkan dari arah mana cahaya datang sehingga bisa menentukan letak shading-nya.

Di workshop ini, kami diminta mewarnai gambar dengan mengkombinasikan teknik blending, hatching dan cross-hatching. Seru, tapi cukup sulit bagi saya. Pertama, saya masih kaku menarik garis-garis arsiran. Kedua, saya belum bisa membayangkan perspektif gambar atau arah datangnya cahaya. Jadi saya asal saja menentukan letak bayangannya.


Hasil Mewarnai Saya

Hasil Mewarnai Mas Rizal


Pensil Warna Goldfaber dari Faber-Castell

Oiya, dalam event ini kami mewarnai dengan menggunakan produk Faber-Castell untuk dewasa, yaitu pensil warna Goldfaber. Kotaknya memiliki desain vintage dan elegan, sehingga terkesan premium. Dan, memang ternyata Goldfaber ini harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp230.000;


Pensil Warna Goldfaber


Wow banget, tapi ada harga ada rupa. Memang sesuai dengan kualitasnya. Fransiska Remila (Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia) menjelaskan tentang kelebihan dari pensil warna Goldfaber. 



Fransiska Remila (Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia)


Menurut wanita yang ramah ini, Goldfaber memiliki pigmen tinggi dengan lead 3 mm, sehingga warnanya bisa keluar tanpa kita perlu menekan dengan keras. Pensilnya lembut, namun tidak mudah patah. Daya tahan warnanya juga lama, ini juga mungkin karena pulasan warnanya tahan air. Goldfaber ini buatan Jerman, dengan jenis warna per kotaknya ada yang 12, 24, 36, dan 48.


Koleksi warna dari Faber-Castell


Selain Goldfaber pencils, ada juga Goldfaber jenis lain, seperti: Goldfaber Aqua (pensil warna dengan hasil akhir seperti pulasan cat air), Goldfaber Graphite Pencils (untuk menggambar, menulis, dan membuat sketsa), dan Goldfaber Sketch Sets (untuk membuat sketsa hitam putih atau monokrom).

Serian Goldfaber dibuat oleh Faber-Castell dengan sasaran orang dewasa yang hobi menggambar, dan mengeksplorasi kreativitasnya dengan mewarnai.

Menikmati Kegiatan Mewarnai dengan Pensil Warna Goldfaber
     
Para peserta workshop awalnya merasa kesulitan dengan teknik yang diajarkan Mas Rizal, namun Ibu Fransiska meyakinkan kami bahwa asal banyak latihan pasti tidak akan sulit. Apalagi dengan menggunakan pensil warna Goldfaber, pasti makin pede dengan hasilnya dan menikmati proses mewarnainya.


Momblogger KEB para peserta workshop Faber-Castell dengan hasil mewarnai masing-masing 


     Di workshop ini, selain menambah ilmu dan wawasan baru tentang mewarnai dan mengalami sendiri mewarnai dengan pensil Goldfaber, saya bisa cuci mata melihat produk-produk yang dijual di store Faber-Castell Plaza Senayan ini. Ini mah surga banget bagi yang punya passion menggambar dan mewarnai.


Gimana nggak bikin mupeng coba?

     Selain untuk dewasa, koleksi untuk anak-anaknya tidak kalah menariknya. Banyak varian produknya. Anak-anak saya sudah mencoba produk Colour By Number – 3D Art, dimana mewarnai sesuai dengan angkanya, dan hasil akhirnya bisa terlihat 3 dimensi dengan melihatnya menggunakan kacamata 3 dimensi. Keren. Bakalan seru nih ngajak mereka ke sana lagi.


Isi goodie bag diantaranya ada Faber-Castell 3D Art


     Untuk informasi produk dan harga lebih lanjut, bisa meluncur ke:
Twitter: @FaberCastell-id
Instagram: @fabercastell_id






    
    


14 komentar

  1. Pas nyobain pensil warna goldfaber, emang ternyata lbh empuk dibanding pensil warna kemasan merah buat anak2... meskipun harganya lbh mahal dibanding pensil warna lain, ga akan rugi kl beli faber castell krn kualitasnya emang top 😁

    BalasHapus
  2. kalau lagi ada waktu senggang, aku seneng banget mewarnai dan punya buku coloring gitu... Tapi biasanya mewarnai pake pensil warna kemasan merah yg buat anak2 hahaha, pas nyobain mewarnai pake faber castel goldfaber ternyata rasanya beda banget :D lebih empuk & menyenangkan, jadi pengen terus2an mewarnai dan mencoba teknik2 mengambar yg diajarin kemarin :D

    BalasHapus
  3. beda ya kalo mas rizal yang mewarnai loks so pro hahha

    BalasHapus
  4. Seru banget ya mbak mewarnai ramai2 sama emak2 gini.... Kalau aku masih standar banget teknik ya. Hahaha skrg sih lebih lengkap nih alat nya... Insha Allah lebih bagus lagi

    BalasHapus
  5. harganya memang uow banget ya mak... tp untungnya kita dpt yg utk dewasa jd bisa nyoba2 dulu dan kl memang mau lbh serius baru deh beli yg mahal

    BalasHapus
  6. Memang faber castel juaranya merk alat tulis, saya dari dulu suka kalau pakai pensil atau pewarna dari faber castel.

    BalasHapus
  7. Beda faber castel dengan yang lain itu terlihat dari teksturnya, lebih enak kalau buat mewarnai.

    BalasHapus
  8. Di sana emang surganya yang suka gambar dan mewarnai yaa.

    BalasHapus
  9. Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    BalasHapus
  10. Banyak banget varian produk Faber-Castell. Aku tahunya cuma pensil warna bungkus merah. ternyata ada juga untuk yang pro dengan kualitas tinggi.

    BalasHapus
  11. waaa jadi pengen punya juga deh, secara aku suka banget mewarnai..

    BalasHapus
  12. Di faber castel shopnya bikin mupeng semua yaa mbak warna warnanya. Pengen beli semua rasanya. Apalagi untuk yang dewasa ada juga ternyata

    BalasHapus
  13. Asiknya mewarnai dengan goldfaber

    BalasHapus
  14. jadi pengen ikut belajaaaar juga mbaaaa...seru banget ya!

    BalasHapus