Inovasi SO GOOD dalam Logo dan Kemasan Baru




Alhamdulillah, tiap pagi pasti saya rempong menyiapkan sarapan dan bekal untuk suami dan anak-anak. Berhubung si sulung pulang sekolah jam 2 siang, dia request buat bawa bekal saat snack time saja. Untuk makan siang, dia ikutan pesan katering di sekolahnya. Alasannya malas buat bawa-bawa banyak kotak makan. Harap maklum ya, namanya anak lanang.

Kadang-kadang, rencana tidak sesuai kenyataan. Biasanya sih memang sudah saya siapkan malamnya. Atau cari menu yang praktis tapi tetap sehat (dan hemat). Terlambat bangun atau ada hal-hal lain yang tidak diduga, membuat saya tidak sempat menyiapkan makanan.

Frozen food andalan saya banget deh. Saya pasti punya stok di kulkas. Kadang-kadang saya membuatnya sendiri. Kalau malas tidak sempat, maka saya membeli frozen food fabricant. Tapi saya tidak sembarangan memilih jenis frozen food. Saya melihat dari segi kualitas (tanpa bahan pengawet, rasa disukai anak-anak, dan kandungan gizi yang baik).



Saya mencoba menyisipkan protein hewani dalam satu porsi hidangan mereka. Hal tersebut sesuai dengan prinsip menu gizi seimbang yang dijabarkan oleh Prof. Hardinsyah, MS, PhD (Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia) pada acara launching kemasan dan logo baru SO GOOD di The Hook, Jakarta pada tanggal 27 Februari 2018.

Menurut beliau, protein hewani (mencakup daging ayam, daging sapi, telur, ikan) sangat penting manfaatnya untuk tubuh, diantaranya adalah:
  •         Sebagai pembentuk sel, termasuk otot, otak, dan butir darah merah (berguna untuk tumbuh kembang anak).
  •         Memelihara sel dan jaringan tubuh.
  •         Membentuk antibodi.
  •         Membentuk hormon dan menjaga keseimbangannya.
  •         Membentuk enzim.
  •        Membentuk gen dan kromosom.
  •        Mengatur keseimbangan asam basa sel.
  •        Mengatur proses pembentukan zat dalam tubuh.
  •        Mencegah masalah gizi kurang, stunting, dan anemia.


Tip dari beliau untuk memilih produk yang mengandung protein hewani yang baik adalah: memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan estimasi kecukupan gizi, diolah dari daging segar, kemasannya baik dan utuh, disimpan pada suhu yang sesuai dengan petunjuk pada label kemasan, ada nomor MD / ML / PIRT dari lembaga berwenang, ada jaminan halal dari MUI, dan tidak kadaluarsa. Menurut Prof. Hardinsyah, SO GOOD sudah memiliki semua standar utama tersebut.

Pentingnya protein hewani dicermati SO GOOD sehingga terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk  yang mengandung protein hewani yang baik dan berkualitas untuk memenuhi gizi seimbang keluarga Indonesia. Program gizi seimbang ini tentu membutuhkan berbagai pihak yang memiliki visi misi yang sama, di antaranya adalah Japfa Foundation.




Andi Prasetyo (Head of Japfa Foundation) menjelaskan bahwa Japfa Foundation memiliki fokus untuk mengedukasi dan mensosialisasikan gaya hidup sehat dengan gizi seimbang, terutama untuk generasi muda. Dengan peningkatan gizi dan kesehatan dasar, maka Japfa Foundation percaya kalau anak-anak Indonesia akan tumbuh dengan potensi terbaiknya.

Untuk membantu pihak Japfa Foundation dalam mensosialisasikan gaya hidup sehat dengan gizi seimbang ini, maka mereka memiliki DUTA GIZI.

Duta Gizi yang terpilih sejak 2016 adalah Maria Harfanti. Dalam perjalanannya mengemban amanah tersebut, banyak hal yang didapatnya. Salah satunya Maria berbagi tentang kunjungannya ke pabrik SO GOOD di Cikupa.

Dari kunjungannya melihat langsung proses produksi salah satunya varian SO GOOD, chicken nugget, Maria makin mantap memilih produk SO GOOD. Selain telah memenuhi kualitas standar, SO GOOD Chicken Nugget telah melalui proses pemasakan dengan suhu 170 C selama tidak kurang 3 menit, lalu langsung dibekukan secara cepat dengan menggunakan IQF (Individual Quick Frozen).




Oiya, pasti banyak yang 'ngeh' dong kalau logo dan kemasan SO GOOD ganti? Menurut Soegiono (Head of Marketing & New Business Development PT So Good Food), perubahan tersebut untuk memprkuat brand image SO GOOD sebagai merek produk yang berkualitas. 

Kemasan SO GOOD dominan warna hijau. Demikian juga dengan logonya. Logo tulisan SO GOOD sekarang berada dalam lingkaran emas, dengan warna background lingkaran hijau. Hijau menandakan fresh, natural dan halal. Sedangkan warna emas melambangkan trust.

Dalam lingkaran warna hijau terdapat banyak simbol-simbol kecil yang diantaranya adalah: 
  • Simbol sumber protein
  • Simbol ahli yang menginspirasi, seperti topi chef dan alat masak
  • Simbol senyum dan jempol

Slogan SO GOOD yang tadinya So Good is Very Good sekarang menjadi Lebih Baik So Good. Makna slogan baru yang sekarang berbahasa Indonesia ini adalah kini SO GOOD memiliki kualitas yang jauh lebih baik melalui kebaikan dan kelezatan protein hewani untuk keluarga Indonesia. 

Jadi, Soegiono menegaskan bahwa SO GOOD ingin ikut serta dalam membantu masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan gizi seimbang , dengan memberikan solusi protein hewani berkualitas serta inspirasi dan pengalaman gizi kuliner baru dengan berbagai jenis varian dari produk SO GOOD.









1 komentar

  1. aku juga paaki so good karena banyak macamnya dan praktis

    BalasHapus