Bermain Sambil Mengenalkan dan Menghapal Al Quran dengan Hafiz Junior





Alhamdulillah, ketiga anak saya sedang dalam proses menghapal Al Quran. Semoga dimudahkan oleh Allah SWT dan anak-anak diberi keteguhan hati untuk mengamalkan isi Al Quran dan membawa Al Quran dalam kehidupan sehari-harinya.  


Kami berusaha mengenalkan Islam dan Al Quran sejak dini. Saat mereka usia pra sekolah, kami membiasakan menghapal Al Quran dengan bermain dan bercerita. Biasanya dengan mendengarkan murottal dan mengajak muroja’ah bersama. Harapan kami, lama kelamaan anak akan menghapalnya walaupun terlihat sambil bermain. 

Selain belajar membaca dan menghapal Al Quran, kami juga membacakan kisah atau hikmah yang bersumber dari Al Quran. Biasanya lewat buku bacaan islami anak-anak yang bergambar dan berwarna cerah, sehingga anak-anak tertarik untuk mengetahui kisahnya. 




Launching Hafiz Junior

Nah, PT Hidayah Insan Mulia (Al Qolam) mengeluarkan banyak produk inovatif dan edukatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim saat ini. Salah satunya adalah produk-produk untuk anak muslim, seperti Smart Hafiz dan Hafiz Doll. Untuk spesifikasi kedua produk tersebut bisa meluncur ke www.AlQolam.com


Pada tanggal 19 Februari 2018 kemarin, saya berkesempatan menghadiri acara launching Hafiz Doll Junior di Toys Kingdom, Living World Alam Sutera. Hafiz Junior ini adalah versi sebelumnya dari Hafiz Doll.

Acara dimulai dengan membahas tentang pentingnya bermain bagi anak. Kenapa bermain? Karena Hafiz Junior ini dimaksudkan untuk alternatif menemani anak bermain, tapi dengan manfaat lainnya di antaranya adalah sambil menghapal al Quran. Kita cari tau dulu yuk tentang konsep bermain.





Bermain, Yuk!

Bermain bagi anak tidak hanya memberikan anak mainan, lalu orang tua melepasnya begitu saja. Menurut Ibu Belinda Agustya, M. Psi (psikolog), bermain adalah suatu kegiatan yang harusnya menyenangkan bagi anak. Bermain yang baik adalah :


  1. anak bebas untuk memilih jenis dan durasi permainan, 
  2. menyenangkan untuk anak, 
  3. anak terlibat di dalam permainan, 
  4. non literal (bermain pura-pura).

BERMAIN itu tugasnya anak-anak usia pra sekolah, karena itu kita sebagai orang tua harus ikut menemani dan terlibat dalam kegiatan tersebut agar anak mendapatkan banyak manfaat baiknya. Jenis permainan pun tergantung dari usia anak, semakin besar usianya maka anak:

  1.  sudah mulai bisa memainkan mainan sesuai dengan fungsinya, 
  2.  mulai bermain bersama orang terdekatnya, 
  3.  sampai akhirnya bisa bermain bersama teman-temannya dan mengikuti aturan permainan.

Tip dari Ibu Belinda untuk bermain efektif adalah 

  1. pilih mainan yang bervariasi, 
  2. tidak terstruktur, 
  3. sesuai dengan karakter anak, 
  4. seimbang antara kegiatan indoor dan outdoor.




Hafiz Junior

Al-Qolam mengeluarkan produk Hafiz Junior dalam rangka memberikan alternatif bagi anak-anak muslim usia dini untuk bermain tapi dengan manfaat lainnya, antara lain mengenalkan bacaan Al Quran.

Hafiz Junior merupakan versi sebelumnya dari Hafiz Doll, dengan panjang sekitar 13-14 cm dilengkapi dengan gantungan, sehingga bisa dengan mudah dibawa anak kemana-mana. 

Boneka Hafiz Junior ini merupakan solusi pintar menghapal al Quran untuk surah-surah pendek, dengan beberapa keunggulan:


  1.   Dengan Murottal Juz 30 dan surah Al Fatihah   
  2.  Bisa dibaca per surah atau per ayat 
  3.  Bisa diulang per ayat, dengan ulangan 3x, 5x,   10x dan 20x      
  4.  Terdapat 6 lagu anak islami yang berbeda judulnya untuk tiap   profesi.    
  5.  Terdapat Asmaul Husna 
  6.  Bisa untuk pengenalan profesi, karena terdapat sepasang (hafiz  dan   hafizah) yang berprofesi sebagai dokter dan pilot. 

Bermain dengan Hafiz Junior

Jadi kepingin juga sih, terutama buat si bungsu. Pas datang ke acara ini, udah juga minta beliin. Tapi emaknya harus nabung dulu nih. Di Toys Kingdom, Hafiz Junior bisa dibeli dengan harga Rp660.000; loh, plus dapat bonus lagi berupa Mushaf Tahfiz 30 Juz.


Add caption


Manfaat dari Hafiz Junior akan dirasakan anak, apabila kegiatan dirasa menyenangkan dan orang tua ikut terlibat dengan segenap hati. Karena tetap yang dibutuhkan adalah peran orang tua. Bermain dengan Hafiz Junior ini tidak hanya untuk menghapal juz 30, tapi juga mengenalkan Islam dengan bernyanyi, dan alat untuk bermain peran atau mengenalkan profesi.

Jadi yuk, apa pun mainan yang kita berikan ke anak kita, tetap kita orangtua adalah 'alat' bermain anak yang paling menyenangkan. Dengan kita terlibat dalam kegiatan bermain anak, maka akan makin banyak terasa manfaatnya.


Photo by: Mira Utami







Tidak ada komentar