5 Hal di Usia 40 Tahun bagi Saya



Umur 40 tahun saya anggap umur yang seharusnya sudah mapan dalam segala hal, seperti karir, rumah tangga, kepribadian, dan materi. Namun, ternyata menjelang umur 40 tahun, saya merasa masih banyak sekali kekurangan.

Saya amat sangat bersyukur dengan segala yang dilimpahkan Allah sepanjang sampai usia saya saat ini. Tapi, bukan berarti saya jadi merasa puas. Karena, bila cepat puas (bukan tidak bersyukur), pasti akan mengalami stagnan dalam hidup.

Beberapa bulan lagi, saya akan berusia 40 tahun. Insya Allah jika dikasih umur panjang oleh Allah SWT. Aamiin.

Menurut pandangan Islam, umur 40 tahun adalah persimpangan dan perbatasan, bila telah memiliki suatu sifat atau perangai maka sulit untuk berubah. Umur 40 tahun memang istimewa dan merupakan usia cantik, namun juga memiliki tantangan tersendiri.

Banyak sekali hal yang ingin saya lakukan saat usia 40 tahun ini. Walaupun sudah beberapa bulan lagi, paling tidak bisa mengejar ketinggalan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Ada 5 hal yang ingin saya 'dapatkan' saat usia 40 tahun:


Banyak Bersyukur
Semoga saya bisa terus bersyukur kepada Allah SWT untuk segala limpahan nikmat dan rezekinya. Dengan bersyukur, hati akan jadi lebih tenteram. Dengan banyak bersyukur, juga semoga jadi tidak baperan dan tidak mudah iri (hasad) dengan rezeki orang lain, dan tidak mudah minder (down) dengan segala pengabaian atau remehan dari orang lain.

Dengan banyak bersyukur, semoga saja saya jadi lebih fokus menata arah hidup dan menjalani hidup dengan makin semangat. Insya Allah, aamiin. Bersyukur tidak hanya dengan ucapan, tapi juga lewat hati dan anggota badan. Caranya dengan makin meningkatkan ibadah dan menggunakan badan kita untuk tujuan yang baik.


Ihsan (Berbuat Baik) pada Orang Tua dan Mertua
Pengin lebih bisa fokus berbuat baik pada orang tua dan mertua. Insya Allah semoga saya dan suami diberikan keberkahan rezeki, sehingga bisa ikut membantu memberikan uang bulanan dengan jumlah lebih banyak.

Sementara, semoga dengan mendoakan selalu untuk kebahagian mereka dunia dan akhirat, memohonkan ampun dan juga berbuat baik, sudah memberikan mereka kebahagiaan. Walaupun mungkin mertua hanya menganggap saya sebagai menantu dan tetap beda perlakuan dengan anak-anak perempuannya, insya allah saya berusaha yang terbaik agar mertua saya juga merupakan orang tua bagi saya.

Terus Belajar (Pembelajar)
Belajar adalah proses seumur hidup. Saya ingin terus belajar banyak hal di sela melakukan segala prioritas kegiatan saya. Saya pengin terus belajar agama, dengan mengikuti kajian-kajian. Saya pengin terus belajar dunia blogging, terus belajar menulis. Semoga hasil pembelajaran saya bisa menginspirasi, ikut memberikan konten positif di dunia maya, dan juga ajang terapi bagi saya.

Saya juga pengin belajar lagi banyak hal lain, seperti baking, craft, dan lain-lain. Pokoknya harus terus belajar banyak hal, dengan banyak membaca, menulis (untuk mengikat ilmu), ikutan workshop atau kursus, dan lain-lain.



Mengutamakan Prioritas
Berhubung anak-anak sudah semakin besar dan membutuhkan pendampingan justru lebih banyak, maka saya pun mulai mengurangi hal-hal yang tidak perlu. Jadi musti memilah banyak kegiatan yang harusnya bermanfaat untuk saya dan keluarga.

Mendidik anak-anak menjadi anak sholeh bukan hal yang mudah, karena itulah saya memilih lebih banyak mendampingi mereka. Selain itu juga banyak berdoa kepada Allah agar diberikan keturunan anak-anak yang soleh, penyejuk pandangan kedua orangtuanya, dan bisa membawa kedua orangtuanya ke surga.

Insya Allah, saya tetap bisa punya waktu untuk menghadiri event blogger atau kajian atau event belajar lainnya. Sebab suami mendukung semua kegiatan saya asalkan positif, bermanfaat dan tidak mengabaikan prioritas hidup saya. Semua kegiatan tersebut soalnya sekaligus ‘me time’ saya juga hehehe...

Insya Allah juga, bisa terus menyambung silaturahmi dengan sanak keluarga dan teman-teman yang memberikan aura positif.




Memperbaiki Ibadah
Semoga dengan makin banyak bersyukur dan memohon ampun pada Allah SWT, bisa makin meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Lima hal yang ingin saya dapatkan di usia 40 tahun, dan bukan hal yang mudah dilakukan. Semoga Allah SWT juga banyak memudahkan saya untuk melakukannya dan bisa diberikan keteguhan hati (istiqomah) dalam menjalaninya.

Saya berbagi hal-hal tersebut agar bisa jadi inspirasi buat teman-teman. Juga sekaligus sebagai pengingat untuk saya sendiri. Semoga Allah memberikan banyak kemudahan dan keistimewaan bagi kita di usia 40 tahun.

Kalau teman-teman, apa hal yang ingin didapatkan saat usia 40 tahun?





1 komentar

  1. yaaa mbak Indri, aku pun mulai nyiapin menuju 40 tahun. Jadi pas 40 tahun tinggal meneruskan aja perjuangan hidup ini moga masih ada umur. Maunya meninggal nggak nyusahin keluarga, nggak pake sakit2an, husnul khotimah amin... eh aku jadi curhat :))

    BalasHapus