Minute Maid Nutriforce, Cara Nikmat Membantu Memenuhi 1/3 Kebutuhan Harian Nutrisi Anak Usia Sekolah



Awalnya saya pikir, anak yang lebih senang berdiam diri di rumah dan bermain dengan gadgetnya, itu karena dia memang sudah terpengaruh dengan gadgetnya tersebut. Jadi, cara mengatasinya pun ya dengan membiasakan si anak untuk melepaskan gadgetnya dan mulai mengajak si anak bereksplorasi dengan banyak hal baru, seperti aktivitas fisik, kegiatan kreatif, dan lain-lain.

Tapi ternyata saya salah. Anak yang malas bermain di luar, belum tentu HANYA karena pengaruh gadget, tapi bisa jadi karena KURANG GIZI. Saya sempat bengong. Oh, ternyata ada hubungannya?

Fakta menarik tersebut saya dapatkan dari acara Press Conference Minute Maid Nutriforce di Carrol & Lewis Tea di Jl. Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta tanggal 28 Nopember 2017. Banyak fakta menarik lainnya yang diungkapkan oleh 4 narasumber yang ada di acara ini, yaitu: Jansen Ongko, MSc, RD (nutrisionis), Roslina Verauli, M. Psi (psikolog anak dan keluarga), Andrew Soendjojo (Marketing Manager Minute Maid), dan Artika Sari Devi (artis dan ibu dari 2 anak).



Menurut Bpk. Jansen, anak-anak Indonesia memiliki masalah gizi, berupa kekurangan zat gizi mikro maupun makro. Akibatnya banyak tergizi gangguan akibat masalah gizi tersebut, seperti stunting (pertumbuhan anak terhambat) dan anemia.

Masalah anemia akibat defisiensi atau kekurangan besi ini pada anak usia sekolah (5-12 tahun) mencapai 26,4%. Dan masalah ini tidak hanya terjadi di pedesaan loh, tapi anak-anak di perkotaan pun tak luput dari masalah ini.



Hal yang terlihat pada anak yang anemia antara lain adalah: lekas 3L (lemah, letih, lesu), selera makan menurun, imunitas tubuh berkurang, dan perilaku makan yang tidak biasa.

Dampak anemia pada anak nggak main-main loh. Bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak (menurunnya sistem kekebalan tubuh, gangguan pertumbuhan organ tubuh, gangguan perilaku) dan perkembangan otak anak (impuls syaraf terganggu, penurunan konsentrasi, daya ingat rendah).

Hayuk, kita perbaiki gizi anak dengan memperbaiki kebiasaan hidup sehat pada anak, seperti mengajak anak untuk beraktivitas fisik dan makan makanan yang sehat dan bervariasi. Untuk anak dengan masalah anemia, pilih makanan yang tinggi zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C.

Pokoknya kebutuhan ideal untuk anak usia sekolah adalah zat besi sebanyak 10 mg/hari dan zink sebanyak 11 mg/hari.

Selanjutnya Ibu Roslina Verauli menjelaskan tentang hal-hal yang harus diketahui tentang anak usia sekolah. Anak usia sekolah banyaknya lebih berorientasi pada tuntutan tugas akademik, berpusat pada pertemanan dan meningkatnya kegiatan dan aktivitas yang bersifat fisik. Orangtua jadi punya banyak tantangan nih, salah satunya adalah bagaimana membantu anak mengembangkan kebiasaan makan sehat dengan gizi seimbang. Manfaat gizi seimbang tersebut untuk mereka antara lain meningkatkan fungsi kognitif, membuat anak lebih fokus, dan ketahanan tubuhnya meningkat sehingga anak tidak cepat sakit, lelah dan stress.



Peran orang tua adalah dengan membuat kebijakan tapi menerapkan kebijakan tersebut dengan pendekatan psikologis. Misalnya ingin anak makan buah. Maka sisipkan buah di bekal sekolahnya. Ajak makan buah sambil kita pun ikut makan buah. Dan masih cara ‘lembut’ lainnya yang bisa diterapkan ke anak.

Ibu Roslina memberikan 5 tip agar anak punya kebiasaan makan sehat:
1. Menyediakan makanan sehat di rumah
2. Memberikan teladan makan sehat pada anak
3. Hanya menyisipkan makanan sehat pada bekal sekolah anak
4. Ajak anak makan bersama di rumah. Dengan kebersamaan dan keteladanan, anak-anak akan mulai mengikuti kebiasaan untuk makan sehat.
5. Bila perlu, ikut katering di sekolah.


Selanjutnya, Bpk. Andrew menceritakan bahwa acara konferensi pers hari ini sekaligus launching dari produk baru dari keluarga Minute Maid, yaitu MINUTE MAID NUTRIFORCE.

Minute Maid Nutriforce adalah minuman dengan inovasi terbaru dari Minute Maid yang mengandung 11 kebaikan gizi. Manfaatnya adalah bisa membantu memenuhi 1/3 kebutuhan nutrisi anak (vitamin B12, vitamin C, vitamin E, dan zink).  Minuman ini melengkapi varian Minute Maid sebelumnya, yaitu Minute Maid Pulpy, Minute Maid Nutriboost, Minute Maid Homestyle dan Minute Maid Refresh.

Harapannya minuman ini bisa menjadi minuman pilihan orang tua untuk anak usia sekolahnya, sehingga bisa ikut mendampingi kegiatan harian anak.

Artika Sari Devi sendiri ikut menyatakan bahwa Minute Maid Nutriforce ini akan jadi salah satu pilihan dalam daftar bekal sekolah anaknya.

Minute Maid Nutriforce sendiri diperkenalkan dengan ukurab 180 ml. Harga terjangkau yaitu yang disarankan adalah Rp3.000; Varian rasa jeruk dan Desember ini akan menyusul rasa mangga. Aman karena tanpa menggunakan perisa sintetik, pewarna, pemanis buatan, dan pengawet. Praktis pula.




Dan sepertinya juga akan jadi pilihan saya juga nih, karena ternyata anak anak suka. Lumayan banget kan umtuk ikut menjaga 1/3 kebutuhan harian nutrisi anak-anak saat ternyata pola makan mereka sedang kurang bagus atau kondisi yang sedang kurang fit.










Komentar

  1. Bisa untuk bekal sekolahnya daripada beli minuman yang ga jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, praktis plus bernutrisi lagi ya mba

      Hapus
  2. Nutrisinya udah lengkap banget ya,jadi ga perlu repot cukup nutriforce aja setiap harinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lengkap. Ngebantu banget buat anak usia sekolah

      Hapus
  3. Bener banget, akupun sempat bengong juga saat pak Janson menjelaskan kalau anak yang malas main atau aktivitas di luar itu bukan karena gadget semata. tapi juga karena kurang gizi atau mallnutrisi ya. Duh emak macam apa akuhh *tsahhh. Nah, sekarang untungnya ada minute maid nutriforce ya yang pastinya ngebantu banget untuk masa tumbuh kembangnya. Anak-anakku pun minum ini sambil nonton TV jadi mereka g ngeh dikasih apaan sama emaknya, karena enak katanya xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebantu kita banget ya mak feb buat ngasih nutrisi lebih ke anak anak

      Hapus
  4. Ngeri ya mba ternyata dampak dari anemia pada anak. Kita kadang suka ga menyadari kalau itu anemia ya. Tapi alhamdulillah ada nutriforce. Emak2 males kayak saya ga pusing lg soal gizi anak xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngeri ya mba kalo tau dampaknya. Gak bisa kita anggap enteng ternyata

      Hapus
  5. jadi, anak kliatan anteng di rumah jangan-jangan kena anemia ya mak . wah kudu hati-hati nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak emang sebaiknya aktif juga secara fisik ya mba

      Hapus
  6. Tuh kan.. Anak ga mau main di luar bukan berarti malas, bisa jadi lagi lemas karena anemia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ya mba, sebelum nuduh anak malas, berarti kita ortunya harus 'berkaca' dulu yq

      Hapus
  7. Minute Maid Nutriforce praktis banget untuk menjadi pelengkap bekal untuk sekolah, kebaikan dari manfaat gizinya cukup buat anakku diusia pertumbuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang nyari buat bekal sekolah yang begini nih, praktis dan nutrisi tinggi

      Hapus
  8. eh baru tau saya kalo anak yg gak mau bergerak bisa juga karena malnutrisi. mksh infonya mba... saya dan anak2 suka sama minute maid. ini produk baru ya? mau nyoba ah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mba santi, aku juga baru tau 😂

      Hapus
  9. Ini radfi suka kalau ke toko suka nunjuk minta beli :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh cha, anak anak juga suka sama produk produknya Minute Maid

      Hapus
  10. Minute Maid Nutriforce praktis banget yah, kadang sebagai ibu suka teledor memenuhi asupan nutrisi untuk anak-anak, adaini jadi lebih tenang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih banyak kurangnya nih nyiapin nutrisi buat anak

      Harus makin semangat dan banyak belajar nih 😊

      Hapus
  11. makasih sharingMba Indri Noor, banyak ilmunya nih, jadi makintahu tentang kebutuhan nutrisi untuk anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba rani 😊
      Makasih udah mampir

      Hapus
  12. Praktis bgt ya mbak.... Jadi PGN stok banyak nih

    BalasHapus
  13. ini praktis banget emang. tinggal glek dan rasanya juga enak

    BalasHapus

Posting Komentar