Keseruan Acara Expert Talkshow Nutrilon Royal Soya "Jangan Biarkan Alergi Menghalangi Kesuksesan Si Kecil"




Si bungsu memiliki bakat alergi sejak kecil. Hal tersebut karena saya dan suami juga memiliki bakat alergi sih, jadi menurun. Waktu bayi, mukanya sering terdapat ruam-ruam kemerahan yang gatal. Padahal dia ASI Eksklusif.




Setelah kami observasi, ternyata yang membuat ruamnya kambuh adalah makanan laut, kacang tanah, debu, dan keringat. Kami pun mencoba menghindari semua pemicunya, namun yang sulit itu adalah keringat. Bila dia di tempat panas dan berkeringat, pasti ruamnya mulai timbul dan langsung garuk-garuk. Kasian banget liatnya.

Untungnya, seiring dengan bertambahnya usia, alerginya mulai menghilang. Dia mulai bisa makan banyak jenis makanan laut dan kacang tanah. Plus, tidak terlalu sensitif dengan debu. Namun, untuk alergi terhadap keringat ternyata masih.

Karena ada bakat alerginya tersebut, maka saya tidak berani memberikan susu formula atau susu sapi. Saya mengupayakan agar bisa ASI selama dua tahun, dengan makanan yang saya usahakan bernutrisi tinggi.

Saat itu, saya juga tidak berani memberikan susu formula soya, karena beberapa mitos, seperti akan membuat anak laki-laki jadi keperempuan-perempuanan.

That’s why, saya hepi banget begitu diundang secara eksklusif oleh Nutrilon Soya ke acara Expert Talk Show dengan tema “Jangan Biarkan Alergi Menghalangi Kesuksesan Si Kecil”. Selain bisa mengetahui lebih banyak tentang formula susu soya, di acara tersebut saya juga akan bisa menonton demo masak makanan si kecil yang alergi oleh Chef Deny Gumilang (Master Chef Indonesia 2015), ikutan royal cooking competition, dan mengetahui lebih banyak lagi tentang alergi pada anak dari ahlinya langsung, yaitu Dr. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K).




Pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 (sehari setelah hari lahir saya) *penting, mobil kijang innova sudah stand by depan rumah dari jam 7 pagi. Huhuhu...dijemput berasa royal mom banget ya. Supirnya langsung sigap membuka pintu dan menutupnya kembali begitu saya duduk. Di mobil, sudah disiapkan roti, kudapan, dan minuman. Kami pun meluncur ke Almond Zucchini, depan kantor Walikota Jakarta Selatan. Untung jalanannya bersahabat, jadi jam 8 kami sudah sampai di tempat.



Begitu tiba di lokasi, langsung disiapkan lap tangan basah dan welcome drink. Sambil berkenalan dengan 9 royal mom lainnya, saya pun menyempatkan foto-foto di photo booth. Royal mom lainnya seru-seru loh, serasa udah kenal akrab. Kami saling sharing tentang alergi pada anak, dan pengalaman mereka menggunakan Nutrilon Soya. Sambil asyik sharing, sambil asyik ngeteh, ngopi, dan nyamil cantik.




Oiya, acara ini ditayangkan secara live di Facebook Nutriclub Indonesia. Uhuk, langsung deg-degan. Berasa mau shooting beneran gitu.

Acara dibuka oleh host Jessica William. Hostnya cantik, ramah, dan seru. Kita jadi makin asyik mengikuti setiap rangkaian acaranya.



Setelah itu, sesi pertama adalah demo masak oleh Chef Deny. Jenis masakan yang akan didemokan (dan ternyata akan dilombakan oleh para royal moms) adalah Creamy Omega Pasta. Berikut adalah sekilas resepnya berdasarkan catatan saya yang sambil deg-degan mau lomba hehehe :



Tahap 1.
Panaskan air sampai mendidih dan masukkan sedikit olive oil dan 1 sendok teh garam. Setelah itu masukkan pasta sekitar 10 menit untuk mendapatkan kematangan aldente.
Tahap 2.
Smoked beef dipotong kotak. Iris tipis jamur. Lalu ikan fillet kembung dipotong memanjang, diberi taburan garam dan lada. Setelah itu fillet ikan digoreng dengan sedikit olive oil dan diberi perasan jeruk lemon. Setelah matang, angkat. Kemudian, masukkan smoked beef, jamur, wortel potong dadu, dan chicken powder.
Tahap 3.
Panaskan pan. Masukkan 1 sdm margarin dan 1 sdm tepung terigu. Masak sampai bau terigunya hilang. Masukkan kaldu sayur sedikit demi sedikit, dan jangan sampai menggumpal. Setelah itu, masukkan kacang polong dan jagung manis pipil. Matikan api. Masukkan Nutrilon Soya untuk mengentalkan saus.
Setelah itu, masukkan hasil dari tahap 2 dan tahap 1 ke dalam saus. Campur dan hidangkan.
Rasanya yummy banget, loh.




Dan, ketegangan pun dimulai saat royal cooking competition dimulai. Kami bersepuluh dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu Fantastic, Amazing, Wonderful, Super, Bombastic. Saya dan royal mom Annisa Ivana bergabung di grup Bombastic. Disuruh bikin yel yel segala, macam mau MOS hahaha...



Royal cooking competition pun dimulai. Kelima grup sibuk dengan resep dan berkutat dengan bahan-bahan dan alat yang sudah disediakan. Jadi bingung ternyata mau mulai darimana. Akhirnya saya dan mba Annisa berbagi tugas. Mba Annisa membuat tahap 1 dan 3, saya membuat tahap 2. Platting pun seadanya banget secara waktu udah selesai. Masak mudah ternyata jadi ribet ya begitu dibuat lomba.




Tiap kelompok maju menghidangkan hasil masakannya untuk dicicipi oleh tiga juri, yaitu Chef Deny, dr. Zaki, dan mbak Dyah Basorie dari Nutrilon Royal. Deg-degan ya begitu hasil masakan kita dicicipi juri, mencoba membaca dari ekspresi muka mereka bagaimana hasil masakan kita. Jadi ngerasain deh sekilas jadi peserta lomba Master Chef.




Sambil menunggu hasil masakan terbaik dan tim favorit pilihan dari royal moms seluruh nusantara, kami pun mendengarkan penjelasan dari dr. Zakiudin.
Dr Zaki sebelumnya mengenalkan tentang alergi. Alergi adalah respon dari sistem imunitas tubuh yang tidak normal. Jadi, bila ada bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang, justru akan dianggap berbahaya bila tubuh mengalami alergi.

Biasanya alergi akan timbul dalam beberapa kondisi, seperti ke kulit (dermatitis atopik), saluran cerna, atau saluran napas. Pencetus alergi pun berbeda pada tiap orangnya, ada yang karena susu sapi, kacang tanah, makanan laut, kacang kedelai, telur, debu, dan lain-lain. Jumlah pencetus alergi pada tiap orang pun berbeda, tergantung jenis alerginya. Anak dengan alergi harus dipantau, agar asupan nutrisi untuk tubuhnya tetap terjamin.

Alergi pada anak banyak dampak negatifnya, seperti gagal tumbuh, keterlambatan pertumbuhan, akan memperbesar pengeluaran keluarga, dan membuat kepercayaan diri anak berkurang. Untuk anak dengan alergi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui jenis pastinya pemicu alergi pada anak. Sekarang tesnya tidak perlu suntik-suntik lagi loh, jadi cukup dengan tes darah.

Untuk anak alergi susu sapi, pencetusnya adalah karena adanya kandungan kasein dan whey dalam protein susu sapi. Biasanya seiring bertambahnya usia anak, alerginya pun akan menghilang. Formula soya adalah alternatif untuk anak dengan alergi susu sapi. Tapi benar tidak ya dengan beberapa mitos yang beredar tentang susu soya (kedelai)?

Menurut dr. Zaki, jangan memberikan susu soya murni pada anak, karena kandungan alumuniumnya masih tinggi. Jadi, berikan formula soya, dimana kandungan kedelainya sudah aman untuk anak, dan sudah difortifikasi dengan beberapa tambahan mineral yang dibutuhkan anak. Jadi formula soya tetap memenuhi kebutuhan harian anak untuk tubuh dan otaknya, dengan syarat berikan protein hewani pada makanan pendamping ASI atau makanan hariannya untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

Nutrilon Royal Soya adalah susu formula soya dengan isolat protein, untuk anak yang intoleran terhadap laktosa atau alergi protein susu sapi atau yang menderita galaktosemia. Dibuat tanpa laktosa dan tidak mengandung susu dan hasil olahannya, sehingga bisa mendukung ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir anak dengan alergi.

Nutrilon Royal Soya merupakan formula soya pertama di Indonesia, dan sudah ada lebih dari 25 tahun, yang merupakan brand yang direkomendasikan expert. 





Setelah talkshow dan sesi tanya jawab, akhirnya diumumkan pemenang untuk lomba masak (tim Super) dan tim favorit pilihan royal moms se-Indonesia (tim Wonderful). Kereeen, selamat ya. Walaupun tidak menang, tapi hepi banget pas ikutan lomba masaknya.



Setelah foto bersama, makan siang sambil sharing, akhirnya kami pun diantar kembali pulang ke rumah masing-masing. Thanks for having me, NutrilonRoyal Soya. Untuk melihat video live saat acara, bisa meluncur ke http://www.facebook.com/nutriclubindonesia.

Facebook: Nutriclub Indonesia
Instagram: @Nutriclub_ID
Youtube: Nutriclub Indonesia









Komentar

  1. Seru banget. :D Aku juga mau kalau ada acara gitu. :D Apalagi kita juga diajari bikin makanan bernutrisi yang baik untuk ASI si kecil.

    BalasHapus
  2. Ternyata nggak di tempatku aja ada mitos tentang soya itu. :'D

    BalasHapus
  3. Seru banget ya acaranya mba.. Bisa nambah wawasan lagi tentang alergi pada anak..

    BalasHapus
  4. Sekarang gak bingung lagi nih anak alergi karena sudah tau solusinya ya.

    BalasHapus
  5. Seneng ya mbak, ikutan acara ini jadi dapat pencerahan.
    Jadi alergi baiknya gak menduga2 ya mbak, moga2 kita ada rezeki buat tes alergi utk anak. Skrng emang yg bisa kita lakukan mencegah dulu makan makanan yg kira2 bikin alergi. Moga anak2 sehat2 terus ya mbak Indri :D

    BalasHapus

Posting Komentar