Tetap Sehat Tanpa Anyang-anyangan: Mencegah dan Mengatasi dengan Prive Uri-Cran




Pas tingkat akhir, saya dan teman-teman diwajibkan mengambil Praktek Kerja Lapang (PKL) di HPH (Hak Pengusahaan Hutan) atau HTI (Hutan Tanaman Industri). Saya dan teman-teman sekelompok mendapatkan tempat PKL di sebuah HPH daerah Riau.

PKL ini dilakukan selama dua bulan. Sebulan pertama di camp kantor cabang, sisanya di camp tengah hutan. Fasilitas seadanya banget. Tidur pun nggak ada bantal dan kasur, jadi tidur di lantai kayu rumah panggung gitu.

Nah, yang jadi masalah adalah toilet dibuat seadanya di pinggir sungai. Letaknya diujung camp dan di tepi hutan gambut. Resmi sudah saya malas banget (baca: TAKUT) ke toilet kalo nggak kepepet banget.

Yang saya lakukan biar nggak sering ke toilet adalah minum air putih kalau memang haus banget, dan sering menahan pipis. Kebayang dong, akhirnya apa yang terjadi? Yup, saya jadi anyang-anyangan. Dan, rasanya nggak enak banget. Nyeri dan jadi pengin bolak balik ke toilet. Bikin susah fokus dan konsentrasi selama PKL. Duh, nggak banget deh.

Kejadian tersebut berulang lagi selama saya menjadi freelance auditor. Karena tanggung kerjaan, saya jadi sering menahan pipis. Apalagi bila ditambah toiletnya ‘nggak’ banget. Kejadian lagi deh anyang-anyangan saya terulang lagi. Huhuhu... nggak kapok-kapok ya.

Sejak kejadian-kejadian tersebut, saya jadi tau banget kalau memang nggak boleh menahan pipis. Selain bisa bikin anyang-anyangan, kalau berlanjut bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Beberapa hal yang seharusnya saya lakukan untuk mencegah anyang-anyangan, antara lain:

1.  Tidak menahan pipis.
Ini yang susah, karena sering misalnya dalam perjalanan atau tanggung kerjaan. Palingan saya meminimalisir sih dengan langsung berhenti melakukan pekerjaan saya di rumah saat ingin pipis. Ke toilet dulu sebelum melakukan perjalanan, atau langsung ke toilet saat menemukannya di perjalanan.

2.  Menggunakan toilet yang bersih.
Saya berusaha menggunakan toilet yang kondisinya bersih. Bila terpaksa banget harus menggunakan toilet yang kondisinya memprihatinkan, maka saya menyiapkan tisu basah untuk membersihkan area-V dan mencuci tangan dengan sabun antiseptik.

3.  Memperhatikan kebersihan area-V.
Antara lain, dengan membasuh area-V dari depan ke belakang, menggunakan pakaian dalam yang bersih, menggunakan tisu atau handuk kecil untuk mengeringkan area-V dan sering mengganti pembalut bila sedang menstruasi.

4.  Banyak minum air putih.
Iya, ini wajib banget *mengingatkan diri sendiri*. Bila di rumah sih saya bisa mewajibkan diri sendiri untuk rajin minum air putih. Peernya ya bila saya sedang dalam perjalanan. Jadinya saya sekarang rajin pake alarm sekadar untuk mengingatkan waktunya minum air putih.

Dulu, saya kira minum air putih saja sudah cukup untuk mencegah anyang-anyangan. Ternyata, para ahli merekomendasikan buah cranberry sebagai buah dengan kandungan antioksidan tinggi yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel di saluran kemih.
Berhubung sampai sejauh ini saya belum pernah menemukan buah cranberry, makanya senang sekali waktu saya tau tentang Prive Uri-Cran.



Prive Uri-Cran merupakan suplemen makanan dari Combiphar yang mengandung ekstrak cranberry yang membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Prive Uri-Cran juga mengandung probiotik dan vitamin C.

Suplemen ini terdiri dari dua varian produk, yaitu bentuk kapsul dan bubuk. Bila teman-teman termasuk tipe yang malas menelan obat (seperti saya), coba deh minum yang bentuk bubuk. Diaduk dengan segelas air, ternyata rasanya enak. Seperti sedang minum jus cranberry. Padahal saya belum pernah minum jus cranberry *senyum malu*.



Minum Prive Uri-Cran sehari dua kali, ternyata selain membantu menjaga kesehatan saluran kemih, juga membantu menjaga stamina tubuh. Semoga bisa terus konsisten dengan gaya hidup sehat untuk mencegah anyang-anyangan.

Komentar

  1. prive rasanya kek sirup bkn kek ibat makanya enaknbgt bwt cegah n atasi anyang2an y mba

    BalasHapus
  2. Kalau ada Urican bakalan bebas anyang-anyangan deh, mba. Aku juga konsumsi ini mba :)

    BalasHapus
  3. Sama ihh mba, keseringan nahan pipis akhirnya kena anyang2an. Jadi tersiksa,pipis juga keluar dikit2. Disertai demam,lah makin ganggu aktivitas

    BalasHapus

Posting Komentar