FiberKid, Minuman Kemasan Pelengkap Harian Kebutuhan Serat Pangan Anak




“Serat pangan yang walaupun merupakan unsur penting dalam pertumbuhan anak, namun sering ‘terlupakan’ karena banyak anak yang sulit untuk memakan sumber serat pangan alami”



Fakta tersebut dikemukakan oleh dr. Herbowo AF. Soetomenggolo SpA dalam acara talkshow dengan tema “Pentingnya Serat untuk Anak” dalam rangka peluncuran minuman FiberKid yang diselenggarakan di Wyl’s Kitchen, Hotel Veranda pada tanggal 5 Mei 2017.

Semangat banget pas dapat undangan acara ini dari KEB (Kumpulan Emak Blogger), karena selain temanya yang saya banget, juga penasaran dengan minuman yang katanya bisa menjadi alternatif pemenuhan sumber serat pangan harian bagi anak. Tentu saja ini bisa jadi solusi sementara bagi orang tua yang memiliki anak yang picky eater atau tidak suka makan sayur dan buah untuk memenuhi serat pangan harian anak.

Acara diawali dengan makan siang bersama dari Wyl’s Kitchen. Makanannya enak-enak, euy. Suasananya santai, jadi sambil makan kita bisa bersilaturahmi dulu dengan teman-teman blogger lainnya. Selain itu, juga bisa foto-foto di photo booth FiberKid dan icip-icip minuman FiberKid. Walaupun judulnya untuk anak-anak, ternyata saya juga suka loh. Segar dengan pilihan rasa leci dan anggur. Oiya, pose paling oke saat foto di photo booth nanti di akhir acara berpeluang untuk mendapatkan hadiah berupa 1 (satu) buah smartphone. Asyik, ya!



Setelah acara makan siang selesai, acara dibuka oleh MC yang super asyik. Kemudian dilanjutkan perkenalan dengan nara sumber acara ini, selain Dr. Herbowo, ada Yohana Astrida Gumelar (direktur utama PT Nugra Karsera), Cici Panda (entertainer), dan Atika Nurkoestanti (blogger dari KEB).



Dr Herbowo menjelaskan tentang peran serat pangan pada anak. Serat pangan merupakan salah satu unsur nutrisi penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yang merupakan faktor eksternal, selain penyakit, lingkungan, dan stimulasi. Sedangkan, faktor internalnya adalah genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Untuk faktor eksternal, orangtua bisa melakukan intervensi agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik.

Serat pangan tidak hanya berfungsi untuk mencegah konstipasi, tapi juga tidak kalah pentingnya untuk: membantu fungsi usus, membantu menjaga kadar gula darah, mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, dalam kaitannya dengan konstipasi, ternyata dapat menyebabkan masalah lanjutan lainnya, seperti asupan kalori jadi lebih rendah, asupan nutrisi jadi lebih sedikit, berat badan sesuai namun tinggi badan lebih rendah, prevalensi anoreksia lebih tinggi, dan sering terjadi masalah emosi dan perilaku pada anak.

Serat pangan juga membantu pembentukan neurotransmitter pada otak anak, sehingga kecerdasan anak meningkat.



Acara dilanjutkan dengan paparan dari Mbak Yohana Astrida Gumelar (Astrid) selaku direktur utama PT Nugra Karsera. FYI, PT Nugra Karsera merupakan produsen dari minuman kemasan untuk anak dengan nama FiberKid. FiberKid sendiri merupakan minuman yang memiliki serat pangan tinggi, namun rendah gula.



Produksi FiberKid bermula dari anak mbak Astrid (Aaron, 5 tahun) yang memiliki masalah makan alias picky eater. Dia hanya suka makan kentang goreng. Mbak Astrid sendiri berusaha dengan berbagai cara menanggulangi masalah makan si bungsunya. Ditambah Aaron pun tidak suka makan sayur dan buah. Walaupun sudah disembunyikan di makanan favoritnya, namun dia tetap mengetahuinya dan memilah-milah sayuran yang ada dalam makanan favoritnya.

Pun, ditambah si sulungnya mbak Astrid (Abigale, 8 tahun) yang walaupun tidak memiliki masalah makan, namun tidak semua jenis sayur dan buah dia sukai. Pun jumlah sumber serat pangan yang dimakannya tidak mencukupi untuk kebutuhan serat pangan hariannya.

Mbak Astrid bersama para karyawannya pun berusaha untuk membuat sesuatu yang disukai anak, namun memiliki serat tinggi. Setelah berbagai percobaan dilakukan, resmilah diproduksi FiberKid ini. Selain tinggi serat pangan dan rendah gula, FiberKid juga terdiri dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Minuman kemasan ini bisa tahan lama karena diproduksi secara UHT.

Satu botol FiberKid ternyata mampu memenuhi 51%  kebutuhan serat pangan harian anak. FiberKid sendiri mengandung 13 gram serat pangan alami per botol, dan 6-8 gram kandungan gula per botol. Saat ini, FiberKid baru meluncurkan dua varian rasa, yaitu anggur dan leci.

Tenang deh, anak dikasih FiberKid ini. Selain mengandung banyak manfaat dan rasanya yang enak, juga karena FiberKid telah melalui uji kontrol kualiti dan pengemasan yang sangat steril (UHT) dan telah mendapatkan sertifikat BPOM dan halal dari MUI. FiberKid untuk sementara ini bisa dibeli di toko online (tokopedia, blibli), maupun offline (Gelael, Ranch Market, Farmers Market). Bisa juga membeli di website FiberKid (www.fiberkid.com) atau malah berlangganan. Dengan berlangganan kita bisa berhemat banyak loh, dan banyak keuntungan lainnya. Langsung meluncur saja ya ke websitenya.

FiberKid sendiri baru dianjurkan untuk anak usia diatas 3 tahun dan maksimal diminum sebotol sehari.

“Mbak Astrid: FiberKid bukan minuman untuk menggantikan sayur dan buah, namun digunakan sebagai minuman pelengkap harian dalam mencukupi kebutuhan serat pangan pada anak”


Selanjutnya obrolan santai dengan dua emak keren yaitu Mbak Cici dan Mbak Tika. Dua emak ini memiliki anak yang punya masalah makan, terutama untuk jenis sayur dan buah. Mereka pun mencoba menanggulangi masalah makan pada anaknya dengan berbagai cara. Makanya mereka senang sekali dengan adanya FiberKid, yang merupakan pelengkap sumber serat pangan bagi anak mereka.



Acara diakhiri dengan games untuk mendapatkan satu buah smartphone. Dan, satu smartphone diberikan pada pemenang foto Instagram di photo booth FiberKid tadi.

Senang banget bisa ikutan acara ini. Selain jadi mendapatkan tambahan ilmu tentang pentingnya serat pangan pada anak, juga mendapatkan goodie bag yang isinya keren-keren banget, yaitu satu notebook dengan cover kulit berwarna kuning, bantal FiberKid, dan tentu saja 4 botol FiberKid.



Anak-anak langsung antusias untuk mencoba FiberKid. Mereka langsung takjub, begitu tahu kalau minuman ini mengandung serat sayur dan buah. Nah, kalau anak-anak saya lagi pengin minuman kemasan, berarti saya kasih FiberKid saja ya. Banyak manfaat dan aman dikonsumsi harian oleh anak.





Komentar

  1. wah jdi pengen ngasi ke anakku mba, tp di Sumut, sidimpuan sana ada gak ya mba? btw thanks for share

    BalasHapus
  2. FiberKid ini kesukaan anak aku mba. Nggak terlalu manis tapi enak

    BalasHapus
  3. iya kadang masih keliru klo misal ada produk kek fiber kid terkadang mas mikir ini adalah pengganti sayur tp justru salah krn harusnya ttp y sayur lgsg dikenalkan dn fiber kid sbg pelengkap. blm pernah coba mesti cobain ah

    BalasHapus

Posting Komentar