Kampanye Lingkungan "Love and O2" dan "1 T-shirt for 1 Tree"

Tanggal 21 November kemarin, diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Peringatan tiap tahun dengan mengkampanyekan gerakan menanam pohon dan mengingatkan fungsi penting pohon bagi kehidupan kita.

Fungsi pentingnya antara lain:
-menyerap gas CO2 maupun gas beracun lainnya di udara
-penghasil O2 (oksigen) yang merupakan sumber kehidupan bagi kita
-mencegah banjir dan tanah longsor
-mengurangi pemanasan global dan mampu memperbaiki iklim mikro
-tempat hidup dan sumber makanan satwa atau fauna
-menyerap air dalam jumlah besar, sehingga bisa untuk menambah cadangan air dalam tanah


Delia von Rueti, seorang desainer perhiasan, melihat pentingnya pohon bagi keberlangsungan hidup manusia, khususnya.




Saya hadir ke acara media dan blogger gathering untuk kampanye Love & O2 dan 1 T-shirt for 1 Tree gagasan dari Delia von Rueti ini dengan undangan dari Blogger Crony. Acaranya diadakan di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta tanggal 23 November 2016.

Acara ini berjalan santai tapi tetap khusyuk mendengarkan kisah menarik dari Delia von Rueti.






Delia melihat bahwa Indonesia sebenarnya memiliki hutan hujan tropis terbanyak di Asia, yang salah satunya ada di Pulau Kalimantan. Tetapi, malah hutan Indonesia semakin berkurang dengan banyaknya kegiatan penggundulan hutan.

Keprihatinannya dalam melihat isu lingkungan di Indonesia yang semakin memburuk, membuat Delia menggagas Taman Hutan Hujan Tropis.

Taman Hutan Hujan Tropis ini dibuat di lahan pribadinya seluas 2.500 hektar di daerah Muara Teweh. Lokasinya dekat dengan Bandar Udara Baringin (sekitar 7 km) di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan Love & O2 digagasnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mencintai bumi dan mau berperan serta dalam setiap kegiatan pelestarian lingkungan.

Partisipasi masyarakat yang dimaksudnya tidak hanya yang besar, tetapi justru dimulai dari hal-hal yang kecil. Seperti misalnya membuang sampah pada tempatnya, tidak membakar sampah, atau menanam tumbuhan di pekarangan rumah.

Delia ingin mengajak masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam mewujudkan Taman Hutan Hujan Tropis dengan cara yang sederhana. Menanam pohon mungkin biayanya murah, namun yang membutuhkan dana besar justru adalah pemeliharaannya.

Karena itu, Delia pun kembali menggagas program dan kampanye 1 T-shirt for 1 Tree. Jadi, Delia mendesain sendiri T-shirt cantik dan unik dengan tema cinta lingkungan. Hasil penjualan T-shirt tersebut akan disumbangkan untuk membantu penanaman pohon dan pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis.

Ada cerita unik saat memilih T-shirt. Saat Delia bertemu dengan owner T-shirt C-59, dia berujar bahwa dulu dia suka sekali dengan T-shirt C-59 dan ingin membelinya, namun tidak ada uang saat itu. Sekarang dia ingin membeli banyak untuk kegiatan dan kampanye 1 T-shirt for 1 Tree.

Mendengar kisahnya, owner T-shirt C-59 tersebut malah menyumbangkan T-shirt dalam jumlah banyak untuk membantu kampanye 1 T-shirt for 1 Tree. Bila kita berniat baik, memang ada saja ya jalannya.

Harapannya sih gerakan 1 T-shirt for 1 Tree bisa viral dan menyebar ke seluruh pelosok Indonesia. Siapa tau, bukan hanya ada satu Taman Hutan Hujan Tropis, tapi bisa bertambah jumlahnya dengan bantuan partisipasi banyak pihak.

Ngomong-ngomong tentang T-shirtnya, selain desainnya cantik dan unik, bahannya adem, juga harganya cukup terjangkau, kisaran harga Rp100-399ribu.








Dalam kampanye ini, Delia juga mengajak para artis ikut terlibat, antara lain yang datang pada acara ini adalah Teuku Zaky, Titi DJ, Aming dan istrinya. Harapannya kampanye ini bisa makin tersebar luas dan dikenal masyarakat.




Salah satu kegiatan yang diadakan dengan keterlibatan para artis lainnya adalah dengan ikut Car Free Day pada tanggal 27 November 2016 dengan starting point di Gedung Artha Loka. Dalam acara ini, Delia dan para artis ikut membantu penjualan T-shirt dan kampanye Love and O2 dan 1 T-shirt for 1 Tree. Intinya sih mengajak masyarakat menjadi bagian dari kegiatan pelestarian hutan ini. Seru, ya!

Media dan blogger pun bisa ikut berpartisipasi dengan menyebarkan tulisan tentang kampanye ini atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya.

Partisipasi lainnya adalah dengan ikut menanam pohon di pekarangan rumah atau lahan sekitar rumah. Karena walaupun yang kita lakukan terlihat kecil, tapi yakin akan ikut membuat perubahan berarti bila kita bersama melakukannya.




Bila ingin membeli T-shirt untuk kampanye 1 T-shirt for 1 Tree atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan Love & O2 bisa dilihat di:

Instagram: @loveando2 dan @deliavonrueti
Facebook: Love aand O2
Website: www.loveando2.com



Komentar

  1. Unik ya kaos nya, banyak artis yang terlibat juga.

    BalasHapus
  2. Aku naksir. Pengen coba pakai juga

    BalasHapus
  3. Acara yang keren. :D Semoga masyarakat makin mencintai lingkungan.

    BalasHapus
  4. Keren. Ada Mbak Titi DJ nya. :D

    BalasHapus
  5. Pengen beli t-shirt nya. Suka sama desainnya.

    BalasHapus
  6. Bagus kaosnya mbak
    Iya hutan di Indonesia itu paru2 dunia, moga2 lestari terus
    TFS :)

    BalasHapus
  7. Hahha keren banget dah untuk yang satu ini :D

    BalasHapus

Posting Komentar