Pengalaman Menggunakan Tempra saat Liburan Ceria




Danish (7 tahun) pernah tidak masuk sekolah selama 7 hari karena sakit. Selama itu dia demam karena infeksi saluran kemih. Penyakit ini beberapa kali terulang jika dia menahan buang air kecil. Biasa anak-anak ya, kalau lagi keasikan main suka ditahan aja gitu pipisnya.


Jadi ingat waktu liburan beberapa tahun lalu saat kami ke Sampit, alias pas mudik Lebaran. Waktu itu pesawat delay lama. Anak-anak untungnya gak rewel karena asyik bermain dengan sepupu-sepupunya. Tapi, Danish jadi menahan pipisnya karena sedang asyik bermain.


Begitu juga saat kami mendarat di bandara Sampit dan menuju rumah mertua. Karena asyik melihat pemandangan sepanjang perjalanan, dia pun kembali menahan pipisnya. Dan, begitu sampai rumah, malah asyik bermain di gundukan pasir bersama kakak dan sepupu-sepupunya. Duh!


Besoknya, badannya hangat. Dan, jadi agak rewel. Mungkin merasa badannya tidak enak. Mau main, tapi kan badan sedang hangat. Kalau sedang begitu, saya menyuruhnya rajin minum setiap sejam sekali. Begitu juga ke kamar mandi. Saya rajin mengingatkannya, kalau perlu ‘memaksanya’ ke kamar mandi.

Saya amat jarang memberikan obat pada anak saat mereka sedang demam.  Saya hanya akan memberikan mereka banyak minum dan makanan yang mereka suka, seperti sop ayam, serta dikompres. Karena, demam adalah reaksi awal alami tubuh mereka dalam menghadapi kuman penyakit.

Tapi saya akan memberikan parasetamol jika saya rasa perlu. Saat demamnya sudah mencapai 38 derajat Celcium dan kondisi umumnya menurun, seperti lemas dan gejala awal dehidrasi.

Parasetamol yang saya pilih adalah yang aman untuk lambung dan menurunkan demam secara perlahan. Sejauh ini, obat penurun demam yang cocok untuk anak-anak saya adalah Tempra. Ditambah, rasanya disukai anak-anak. Rasa favorit mereka adalah jeruk.

Nah, begitu kondisi umumnya sudah menurun, maka saya memberikan Tempra. Kami agak lama memberikannya, karena jarang apotik buka di Sampit menjelang Lebaran. Begitu minum, perlahan demamnya menurun. Sorenya, Danish sudah kembali ceria bermain bersama dan makannya pun mulai lahap.

Sejak itu, maka ada beberapa hal yang hukumnya wajib saya siapkan saat kami akan berlibur bersama agar tetap ceria.







Pakaian ganti yang cukup

Bermain saat berlibur pasti akan membuat anak berkeringat. Belum lagi kalau mainnya ke daerah pantai. Beuh, wajib kudu bawa lah biar anak tetap nyaman beraktivitas dan tidak rewel karena merasa bajunya lembab dan bau.


Diapers untuk darurat BAK

Anak-anak saya sudah tidak memakai diapers lagi. Tapi saya tetap membawa beberapa diapers ukuran besar untuk berjaga-jaga saja saat kebelet BAK dan tidak ada toilet, dan sebagainya.

Sepanjang perjalanan juga tiap hampir satu jam atau dua jam sekali, kami pasti akan mengingatkan mereka untuk ke toilet. Biar liburan tetap nyaman, tidak boleh menahan pipis dong ya.





Mainan, Buku Bacaan, Camilan, dan Minuman

Jelas dong ya, buat obat bosan sepanjang perjalanan. Kondisi jalanan yang tidak tertebak, bikin kami jadi rempong bawa-bawa demi mereka tidak rewel (dan tidak berantem) saat perjalanan. Kalau lagi bosan, kakaknya suka usil soalnya hahaha...





Termometer dan Obat-obatan

Obatnya cuma bawa obat luka sama penurun demam. Kita kan tidak pernah tahu gimana kondisi anak di perjalanan walaupun pas berangkat kondisinya sedang fit. Jadi, biar mereka tetap menikmati liburan, cepat dikasih Tempra saat mereka demam dan kondisi umumnya kurang baik.

Oiya, jangan lupa baca dulu komposisi, kontra indikasi, dan dosis pemakaian saat akan memberikan obat ya. Untuk parasetamol, dosis minumnya sesuai umur dan berat badan.

Terus, bila demam berlanjut, tetap harus ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Termometer saya bawa karena ingin memastikan suhu badan secara akurat, bila mereka demam. Jadi bisa tau kapan saat tepat memberikan parasetamol.






Itu aja sih yang saya siapkan biar liburan mereka tetap ceria. Sebelumnya juga jaga kondisi anak-anak biar fit. Dan menyiapkan mereka dengan memberitahukan tujuan liburan dan kondisinya di tempat tujuan.


“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan











                           

Komentar

  1. Ternyata nahan pipis bisa jadi infeksi dan bikin demam anak-anak ya mbaa... Semoga Danish seht-sehat selalu.... :)

    BalasHapus
  2. Itu aja kata bundanya, sebenernya sudah cukup buat anak, tetap semangat bundaa :)

    BalasHapus
  3. Saya juga selalu menyiapkan baju ganti anak-anak soalnya takut dalam perjalanan bajunya kotor kena muntahan, misalnya. Liburan bareng anak memang agak merepotkan tapi pastinya menyenangkan.

    BalasHapus
  4. termometer itu kadang terlupakan, udah kebiasaan pake punggung tangan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya biar tau suhu pastinya mba

      Hapus
  5. kalau mau liburan emang harus bawa obat-obatan mbak, aku yang udah gedhegini aja selalu siap bawa obat atau vitamin, apalagi kalau pergi sama anak-anak wajib banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi kudu wajib dibawa ya mba

      Hapus
  6. Liburan bisa ceria kalo kita dan anak2 sehat ya mak. Untung ada tempra :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      iya mak, untung ada tempra

      Hapus
  7. Kalo piknik bawa anak itu persiapannya kudu mateng ya mak biar semua nyaman. Aku jg selalu bw tempra klo liburan sm anak2

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu kalo liburan mudik tadi mba ke Sampit. Pasti tempatnya eksotik ya mba.
    Sama mba, aku kalo liburan kemana mana, selalu siapin perlengkapan obat buat anak anak. Tempra salah satu rekomendasi banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempatnya asyik ternyata mba yuni

      Hapus
  9. Mba Indri sama nih persiapan liburannya, cm kalo saya ga pake diaper hihi udah bujang cilik sekarang Vito. Hahahaha

    Sehat selalu supaya bisa liburan ceria bareng keluarga ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emergency aja zia hihihi...
      aamiin

      Hapus
  10. masih sedia diapers mbak xD? Aku dah g pernah sih tapi emang iya sih rempong kalau dijalan tiba2 pengen pup pee -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir gak pernah dipake sih cha. Buat darurat aja hehe

      Hapus
  11. Emang deg-degan kalau anak demam ya mbak. Kalau masih 1-2 hari dan anaknya masih mau makan-minum sih masih rada tenang. Tapi lebih dari itu... hiks...
    Semoga kita semua sellau sehat.

    BalasHapus
  12. Wah mantap bebar itu foto yang hijau-hijau...
    Liburan emang harus sedia obatt terutama untuk anak-anak

    BalasHapus
  13. Aku jadi gagal fojus liat donat nya mbaak :)

    BalasHapus
  14. Ini abby malah lagi panas. Mana mau ulangan besok. Tempra emang selalu siap dirumah. Sehat2 ya semua..

    BalasHapus
  15. anak2 memang kalo udah asyik main, suka lupa sama apapun. sakit saat lagi jalan2, kita selaku ibu, bukannya refreshing malah stres jadinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh mba, jadi musti sering diingetin

      Hapus
  16. Tempra dan termometer juga jadi barang wajib yg harus di stok di rumah

    BalasHapus
  17. foto-fotonya kece banget mba Indri Noor, sukaaaa...eh betul banget, ke mana pun pergi bersama si kecil harus selalu melakukan persiapan, jangan luoa obat-obatan juga

    BalasHapus
  18. Wah, ternyata kita sama, ya. Saya juga suka bawa buku bacaan untuk di perjalanan ^^

    BalasHapus
  19. ga asyik ya klu liburan anak demam...makanya sy juga selalu sediakan obat di tas..minimal obat penurun panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, bikin liburan ga tenang :(

      Hapus
  20. Bahaya banget ya kalau sering-sering nahan pipis gitu

    BalasHapus
  21. Obat hingga buku juga suka saya bawa saat perjalanan bersama anak.

    BalasHapus
  22. Kesehatan memang penting ya mbak dan salah satu cara yang bisa menjaga kesehatan adalah dengan menyediakan tempra, dan memang sangat berguna sekali soalnya saya pernah dulu mengalaminya dan tempra menjadi solusinya dan terbukti ampuh.

    BalasHapus
  23. Anak-anak sama demam itu emang sodaraan, ya. Mau ke mana, di mana, anak-anak gampang banget demam. Aku juga sejak punya anak, walopun cuma pergi seharian, kalo sama anak, pasti bawa obat demam. Kasian kalo jalan2 atau pikniknya terganggu cuma gara2 demam. Sehat-sehat selalu. :)

    BalasHapus
  24. Nah kalau begini mah alhamdulillah hati dan pikiran pun jadi tenang mbak soalnya kalau liburan dengan anak itu suka rewel jadi gak seru deh liburannya.

    BalasHapus
  25. Hei mba, boleh kah saya minta alamat email-nya? saya ingin menawarkan penawaran untuk blog indrinoor.com .

    Thanks before

    BalasHapus
  26. Termometer Penting bingiiit yoo

    BalasHapus
  27. jadi pas liburan penting juga bawa tempra yaaa mba, soalnya anak kecil suka tiba2 panas gitu ya kalo kecapean..

    BalasHapus
  28. liburan terganggu sakit itu kurang apdhal, memang hrs siap vitamin utk penambah stamina ngaprak :)

    BalasHapus
  29. liburan pun tenang ya kalau semua perlengkapan sudah dibawa termasuk tempra

    BalasHapus
  30. wah memang penting banget ya mba, anak2 dalam keadaan fit saat liburan.
    Banyak cerita abang danish sampai 7 hari sakit jadi sedih. anak2 kalau udah sakit pasti bawaannya manja ya. sehat selalu abang danish.

    BalasHapus
  31. Anak2ku sukanya Tempra rasa anggur, mbak Indri hehehe. Aku selalu siapkan obat2an di rumah jadi kalo ada apa2 gampang tinggal bawa, apalagi pas mau liburan tinggal ambil di kotak obat.

    BalasHapus

Posting Komentar