Launching Buku "Think Fresh" (Danny Oei Wirianto) yang Inspiratif











Kamis, 29 September 2016, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri launching buku Think Fresh dari Danny Oei Wirianto. Terima kasih teh Ani Berta buat undangannya.

Awalnya saya menduga, buku Think Fresh ini seperti buku biografi lainnya yang menceritakan kisah pengalaman hidupnya secara detail hingga akhirnya bisa sukses. Tapi ternyata buku ini berbeda. Apa ayo perbedaannya?

Sebelumnya, kita kenalan dulu yuk dengan Danny.



Danny Oei Wirianto merupakan seorang digital enterpreneur yang handal dan telah banyak menjadi mentor bagi para penggiat start up sukses di Indonesia.

Danny lama berdiam di USA dan menimba ilmu di Kendall College of Art and Design, Michigan, USA. Lalu mengawali karirnya di bidang branding, marketing, dan teknologi.

Kemudian, Danny mulai mempelajari banyak hal setelah berkenalan dengan internet. Dia terjun ke dunia e-business dan melahirkan belasan perusahaan digital yang sukses.

Danny mendapatkan banyak pengakuan (terutama berupa penghargaan bergengsi di dunia advertising, marketing, bisnis dan investasi) dalam perannya sebagai pengusaha digital. Dan kerennya dia terpilih sebagai Top 3 Best Mentors of Founder Institute in Asia tahun 2013. Pantas saja banyak pengin dimentori Danny, ya.




Jadi, apa alasan Danny akhirnya membuat buku?

Danny membuat buku karena ingin menginspirasi generasi milenial sekarang melalui kisah pengalaman hidupnya. Buku ini bukan mengisahkan tentang detail perjalanan hidupnya, melainkan tentang ‘mantera-mantera” miliknya yang membuatnya bisa melewati berbagai rintangan yang ada.

Buku juga dipilih Danny sebagai medianya, karena buku adalah benda yang panjang usianya dan tak lekang oleh digital. Melalui buku ini, Danny juga ingin mengajak masyarakat kembali mencintai buku dan kegiatan membaca.

Danny melalui proses yang panjang (kurang lebih tiga tahun) untuk menyelesaikan buku ini. Semua karena dia menginginkan hasil yang maksimal, sehingga semua detail dari buku ini dipikirkan dengan baik.

Editor GPU yang menangani buku Think Fresh sendiri mengakui, dia sangat senang bisa ikut membidani buku ini, karena selain penuh pengalaman hidup, juga mengandung banyak detail yang bisa menggugah pembacanya.  Inti dari buku ini menurutnya adalah bahwa semua skill bisa dikuasai dengan repetisi (pengulangan), sehingga bisa menjadi excellence di bidangnya.

Danny menulis buku ini dengan latar belakang masih banyaknya “mental problem” dari masyarakat Indonesia, seperti suka mengkerdilkan orang lain (baik itu orang dengan kelebihan atau pun kekurangan), menganggap budaya korupsi itu biasa, suka menyalahkan nasib, tidak enakan dengan orang lain, dan malas berproses.

Nah, dengan menulis buku Think Fresh, Danny mengajak pembaca agar bisa “refresh jiwa”, antara lain dengan mengontrol ego, mengontrol emosi, melatih skill mendengar, dan rendah hati.




Beberapa mantera sukses ala Danny yang dituangkan dalam buku ini antara lain:
1.      Bikin sesuatu jangan nanggung. Lakukan sampai batas maksimal kemampuan kita, sehingga hasilnya pun tak akan main-main.
2.      Kemauan tinggi dan disiplin. Hal yang terlihat sepele, tapi dengan ini kita justru akan selangkah lebih maju dibanding yang lain.
3.      Tidak ada kata tak mungkin. Semua yang terlihat tak mungkin harus dicoba dulu sampai batas kemampuan maksimal kita.
4.      Selesaikan hal yang sudah kita mulai. Semua kesulitan harus dilibas dan jangan mudah menyerah.
5.      Ucapkan pada diri sendiri bahwa kita pasti bisa.




Bedah Buku Think Fresh

Inti dari launching buku ini adalah bedah buku Think Fresh, dengan moderator Rene Suhardono dan Giring Ganesha. Serunya adalah Rene sebagai moderator bisa mengulik berbagai sisi yang ‘antimainstream’ dalam hal pembuatan buku Think Fresh dan sisi pengalaman hidup Danny.

Sedangkan, Giring juga bisa menceritakan sisi seorang Danny dari sudut pandangnya sebagai sahabat. Giring pun didapuk untuk sharing tentang kesuksesan band Nidji sampai saat ini.

Kedua sahabatnya ini membuat pengunjung juga bisa merasakan sisi lain dari seorang Danny melalui kacamata mereka. Inspiratif banget lah.

Think Fresh

Gambar sampul buku Think Fresh adalah jeruk, yang dipilih karena mewakili kata ‘fresh’. Baik wanginya, ataupun penampakannya memang bikin fresh kan ya?

Isi buku ini tidak membosankan. Selain karena memang gaya bahasanya asyik seperti ketika sedang mengobrol dengan teman, juga penuh dengan ilustrasi dan lettering yang kekinian.

Buku disusun per ‘mantera’, sehingga kita sebagai pembaca bisa langsung mengingat isinya secara runut. Keren deh, ah.

Salah satu halaman favorit saya adalah tentang passion. Dengan passion, kita bisa mengerjakan segala pekerjaan dengan hati senang. Musti digunakan dalam banyak hal nih passion, dalam halnya sebagai ibu rumah tangga, blogger, auditor, dan crafter (ala ala).



Seperti pesan Danny Oei yang ditulis di buku Think Fresh milik saya saat ditandatanganinya:

Selalu melakukan lebih baik dari sebelumnya! Jangan cepat puas!”



Komentar

  1. Bukunya keren, nyari ah ntar di tobuk biar bikin hidup makin hidup hihi

    BalasHapus
  2. sangat recommended buat pembaca yang kurang Pede

    BalasHapus
  3. Foto2 bukunya di blog ini lucu2 :)

    BalasHapus

Posting Komentar