4 Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak




Kalau bertanya tentang cita-cita sama tiga anak saya, pasti jawabannya lucu-lucu deh. Seperti suatu siang ketika saya iseng bertanya tentang apa cita-cita mereka.

Jawaban masing-masing:
Haqqi (8): pemain sepak bola
Danish (7): mau seperti Ayah
Farghan (3): martabak (-_-)



Cita-cita yang pastinya akan terus berubah selama mereka berproses. Semoga kami bisa membantu mereka menggapai cita-citanya.

Salah satu tujuan finansial keluarga saya adalah bisa memenuhi dana pendidikan untuk ketiga anak saya sampai setinggi mungkin. Insya Allah sih penginnya mereka bisa mendapatkan ilmu dunia dan akhirat yang terbaik yang bisa kami berikan. Terbaik dalam arti kualitas ilmunya.

Kami juga pengin bisa memberikan mereka fasilitas pendidikan sampai mereka bisa meraih cita-citanya.

Sebelumnya, kami mempersiapkan dana pendidikan dengan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan. Begitu juga apabila ada sedikit penghasilan lain di luar penghasilan utama.

Namun melihat kondisi ekonomi sekarang, dimana semua barang harganya melonjak tinggi akibat tingginya inflasi tiap tahun, kami jadi sedikit ragu. Iya, jadi sedikit ragu apa bisa kami mencukupi dana pendidikan anak-anak hanya dengan menyisihkan penghasilan dan menyimpannya di tabungan.

Kami percaya bahwa Allah pasti memberikan rezekinya, tapi kami sebagai orangtua juga wajib ikhtiar, bukan?

Jadi, kami pun mulai belajar untuk melek finansial. Mulai lirik lirik tip dari para pakar keuangan untuk mulai memperbaiki pengelolaan finansial kami.

Beberapa cara yang seharusnya dilakukan untuk mulai mempersiapkan dana pendidikan anak, yaitu:




Menentukan Sekolah yang akan Dituju

Menentukan sekolah yang akan dituju anak untuk mempersiapkan besarnya jumlah dana pendidikan yang akan dicapai. Dalam hal ini saya tidak bisa menentukan sekolah anak.

Pertama, kami harus menyesuaikan sekolah dengan karakter, minat dan bakat anak. Anak kami tiga, dan semuanya memiliki kelebihan dan minat yang mungkin berbeda.

Kedua, belum tentu sekolah yang saya incar sekarang memiliki kualitas baik selanjutnya. Begitu pun sebaliknya. Sekolah yang menurut saya sekarang belum memiliki kualitas baik, belum tentu selanjutnya.

Mengkalkulasi Dana Pendidikan Anak

Bila telah menentukan sekolah yang akan dituju, tentu akan lebih mudah mengkalkulasi dana pendidikan anak berdasarkan prediksi inflasi di tahun-tahun selanjutnya.

Apalagi sekarang ada kalkulator finansial tabungan pendidikan yang bisa di download di http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak

Saya berusaha menentukan target jumlah pendidikan anak dari kalkulasi standar. Ternyata menggunakan kalkulator ini, jadi lebih mudah untuk mendapatkan perkiraan dana pendidikan anak yang kita butuhkan buat anak. Dengan asumsi inflasi 15%, dengan prediksi perekonomian Indonesia 15 tahun mendatang, maka akan sangat dibutuhkan pengelolaan finansial yang mumpuni untuk mencapai target.

Memilih Jenis Investasi

Saya mencoba melihat, apa jenis tabungan atau investasi yang saya gunakan selama ini bisa mencukupi. Ternyata memang tabungan saja tidak cukup.

Seperti kata para pakar finansial, jangan letakkan telurmu dalam satu keranjang. Jadi kami pun memang mulai menyisihkan penghasilan kami di luar tabungan untuk mencukupi dana pendidikan anak-anak.

Jenis investasi lainnya yang bisa dipilih (menyesuaikan dengan budget dan ilmu), antara lain logam mulia atau dinar, sukuk, reksadana, dan lainnya.

Sebenarnya menurut saya sih, investasi atau tabungan manapun akan bisa mencukupi selama kita disiplin dengan menyisihkan penghasilan untuk dana pendidikan anak.

Melindungi Keuangan Keluarga

Keuangan keluarga insya allah lancar bila kepala keluarga atau pencari nafkah produktif. Kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada keluarga kita. Namun, proteksi berupa asuransi jiwa sebaiknya tetap ada untuk menjaga kelangsungan finansial bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.




Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go!

Salah satu usaha saya untuk mendapatkan tambahan dana pendidikan adalah dengan mengikuti Program Bekal Masa Depan Chil-Go!. Program ini adalah salah satu langkah Morinaga dalam gerakan #SiapCerdaskanBangsa.

Kita bisa mengikuti program ini dengan mudah, loh. Cukup daftar dan kita tinggal berbagi tentang stimulasi dan ide kreatif kita untuk mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak. Beberapa ide dan stimulasi yang saya lakukan, antara lain saya tulis di sini.

Morinaga Chil-Go! bakal memilih sembilan pemenang utama, yang akan mendapatkan dana asuransi pendidikan senilai total 3 milyar rupiah. Asyik, ya!

Kalaupun belum beruntung mendapatkan hadiah utama, akan ada tiga ribuan lebih peserta yang akan mendapatkan hadiah hiburan selama periode program berlangsung. Saya sudah mendapatkan satu voucher untuk tiket masuk ke JungleLand, loh!

Ikutan yuk, siapa tau rezeki kamu mendapatkan hadiah utama.




Komentar

  1. Menabung untuk masa depan yang insya Allah cerah dan mudah. Aamiin.

    Salam,
    Syanu

    BalasHapus

Posting Komentar