5 Manfaat Menghadiri Event Blogger

Semenjak jadi lumayan rajin posting artikel di blog, saya jadi tertarik ikutan event blogger. Event blogger pertama yang saya ikuti itu (lupa tahun berapa) adalah blogger gathering di Pinisi Indonesia. Waktu itu ketemu Dwiyani Arta, makpon (Mira Sahid), makpuh (Indah Juli), mbak Myra Anastasia, dan lainnya.

Senangnya waktu itu, selain dapat tiket masuk gratis Pinisi Indonesia untuk dua dewasa dan dua anak-anak, juga dapat materi ilmu tentang menulis artikel ringan tentang pengalaman hidup berkesan, menyentuh, dan unik di majalah Good Housekeeping Indonesia oleh pimpinan redaksi Good Housekeeping Indonesia, Asteria Elanda.

Udahlah dapat ilmu menulis artikel, alhamdulillah tulisan ringannya bisa tayang di majalah tersebut edisi April 2013.




Sejak itu, saya jadi tertarik ikutan event blogger. Tapi, ketertarikan saya tidak bisa juga membuat saya jadi sering ikutan event. Saya terpaksa harus ‘picky’, karena:

1.    Waktu event harus melihat jadwal suami dan anak-anak dulu, karena prioritas saya adalah mereka.

2.    Kalaupun jadwalnya pas, mesti melihat dulu jadwal yang bisa dititipi anak-anak (kalau weekday lihat jadwal eyangnya, kalau weekend lihat jadwal suami).

Sebelum ikutan event pun, saya mesti persiapan ekstra (kayaknya ini sama saja dengan momblogger yang lain ya), antara lain:

1.    Menyiapkan nasi, lauk pauk, dan camilan buat anak-anak dan suami.

2.    Rumah dalam keadaan rapi, dan kerjaan rumah udah beres. Walaupun, setelah pulang event mah rumah berantakan lagi, makanan ludes, dan kerjaan rumah pun ada lagi hahaha... (pastinya lah ya).

3.    Nyiapin kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak; biasanya sih ensiklopedi, buku mewarnai, dan kertas kosong untuk Haqqi dan Danish dan mainan buat Farghan.


Emang ya, emak-emak mah mau ninggalin rumah sebentar aja pasti rempong dengan segala persiapan *grin*

Dengan segala keterbatasan, saya memilah dan memilih event yang :

1.    Materinya menarik buat saya, bisa upgrade ilmu dan wawasan. Sejauh ini saya senang sekali dengan materi di kelas Fun Blogging. Walaupun belum sepenuhnya bisa saya praktikkan, tapi lumayan lah bikin saya semangat upgrade blog saya.

2.    Produk atau brand yang saya sesuai dengan tema blog saya (lifestyle). Tidak perlu brand besar dan ternama, tapi saya menyukai produk dari brand tersebut.

3.    Waktu berlangsungnya event sesuai dengan jadwal keluarga.

4.    Lokasinya tidak terlalu jauh. Hal ini soalnya berkaitan dengan dua hal: (a) agar bisa hemat waktu dan tidak terlalu lama meninggalkan anak-anak (b) biar bisa irit ongkos. Semenjak ada ojek online sih seringnya pergi ke event blogger pakai jasa mereka. Tapi, dulu naik angkutan umum. Atau ngejar biar tidak telat datang ke event ya pakai ojek langganan di kompleks rumah.


Manfaat ikutan event blogger ini buat saya sih banyak. Selain materi (kalau ada), manfaat non materi buat saya kurang lebih ada lima (5), yaitu:

1.    Bisa upgrade ilmu dan wawasan, berkat materi yang ada di event.

2.    Bisa menambah networking dan teman.

3.    Jadi mengetahui cara meliput yang baik dari blogger-blogger lain dan juga dari media massa.

4.    Jadi bisa makin kenal banyak tempat, soalnya banyak juga venue event blogger yang baru sekali saya datangi.

5.    Jadi bisa dapat bahan buat postingan di blog. Ini lagi belajar cara memecah artikel dalam satu event, sehingga bisa dapat beberapa postingan.

Walaupun saya jarang ikutan event, saya semaksimal mungkin berusaha total mendapatkan manfaatnya. Ya ilmu, ya wawasan, ya teman, ya networking, (dan bonus-bonusnya) *grin*.

Komentar

  1. Kita belum pernah kopdar yaa Mba Indri ;)

    BalasHapus
  2. Aq baru sekali doang ikut event hohoho... Kl mw kejeketi kadangan suka ga ngepas waktunya kan jauh hiks...

    BalasHapus
  3. Pas bgt sore nanti ada event blogger. Thanks mbak, kucontek tipsnya yaa. Mungkin ada kutambahi bawa ASIP dan MPASI krn anakku masih bayi hehe

    BalasHapus
  4. Banyak yaa manfaatnya :D Tapi aku juga suka itung-itungan, apa benefitnya sebanding dengan ongkos transport yang harus dikeluarkan.. Hihii namanya juga emak-emak ya, irit!

    BalasHapus
  5. memang byk bgt manfaatnya ya dtg ke event, dpt temen baru, ilmu baru, suasana baru, meskipun sbg ibu ttp hrs mempersiapkan segalanya di rumah.

    BalasHapus
  6. Aku belom bisa ninggal anak-anak dirumah Mak, jadi pasti aku ajak kalo ikut event blogger. Huhu. Dan benar sekali, nambah wawasan dan nambah networking ya Mak.. Makasi sharingnya ya Maaaak :D

    BalasHapus
  7. Yang paling seru ikut event adalah menambah teman dan ilmu baru. Tapi aku sama kayak mbak indri ke luar rumah harus disesuaikan dengan jadwal suami...

    BalasHapus

Posting Komentar