Peluncuran 7 Magnificent JNE dengan Pengembangan di Sektor Teknologi dan Infrastruktur


Saya sering menggunakan jasa JNE, tapi biasanya sih sebagai penerima. Entah karena memang hasil saya belanja online atau hadiah menang kuis. Walaupun seringan hasil kalap di toko online sih hahaha...


Beberapa bulan belakangan juga saya jadi menggunakan jasa JNE untuk mengirimkan hasil prakarya saya (tas pandan decoupage) ke beberapa teman dan saudara yang minta dibuatkan.


Kebetulan banget saya bisa menghadiri undangan dari JNE dalam rangka peluncuran 7 Magnificent. Hayooo, penasaran nggak apa itu 7 Magnificent atau 7 yang Mengagumkan?

Udah jawab aja deh penasaran *maksa*. Yuk, sini ya saya ceritain hasil reportase dari acara JNE tanggal 29 Februari 2016 kemarin.



Acara peluncuran 7 Magnificent diadakan di restoran mediterania bernama D’Consulate Lounge, Epicentrum Walk. Tempatnya langsung kelihatan dari depan mal, jadi nggak perlu cari-cari lagi deh. Dari suasana restonya sih sudah terlihat dekorasi bertema mediterania, hanya karena dekorasi tengah diubah untuk acara launching ya jadi beda dengan dekorasi resto aslinya.





Sebelum acara dimulai, saya memerhatikan di depan panggung terlihat ada dua benda yang bikin penasaran, yaitu sebuah box loker besar berwarna biru dan smartphone besar dengan ‘merk’ MyJNE. Ish, tunggu acara launchingnya mulai deh biar tahu.




Setelah makan siang, sesi dimulai dengan MC Kemal membawa box JNE dan memanggil-manggil Windah untuk mengantar paket. Setelah Windah tanda tangan dan membuka box, tadaaa, ternyata dapat voucher MAP 100K. Alhamdulillah ya, Win. Dilanjut dengan mencari akun twitter dari hadirin yang memiliki follower terbanyak, dan berhak mendapatkan voucher MAP 500K. *langsung menatap nanar akun twitter sayah*



Acara dibuka dengan sambutan dari Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi. Tema ulang tahun JNE tahun lalu adalah Pesona Nusantara. Untuk tahun ini, JNE ingin berinovasi dengan menguatkan infrastruktur dan sektor IT. Hal tersebut dimaksudkan untuk semakin memudahkan para pengguna JNE agar bisnis dan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pengantaran barang bisa berjalan dengan lancar.

Infrastruktur dan IT itu berperan sangat penting dalam perkembangan bisnis sekarang ini. Iyalah, soalnya jaman gini kan bisnis pasti akan melibatkan distribusi barang yang beragam. Jadi bila distribusi barang lancar, maka bisnis juga akan berpotensi berkembang lebih pesat.

7 Magnificent dari JNE adalah tujuh produk atau program unggulan, yaitu aplikasi MyJNE, @box, JNE Music, SS (Super Speed), International Shipment, JTR (JNE Trucking), dan PopBox.


Kulik ya satu-satu program atau produk baru dari JNE tersebut.

@box

@box itu berupa box kardus yang dikeluarkan oleh JNE. Hal ini sangat memudahkan para pelaku e-commerce untuk mengemas paketnya, sehingga isi pakettidak mudah rusak.

@box diperjual belikan untuk wilayah pengiriman DKI Jakarta.
Harga box disesuaikan dengan ukurannya, yaitu:

@box 2 IDR 22K, dengan ukuran 30x30x12 cm dan volume 1,9 m3. Isi paket maksimal 3 kg untuk menggunakan box ukuran ini.

@box 3 IDR 40K, dengan ukuran 35x33x17 cm dan volume 2,7 m3. Isi paket maksimal 5 kg untuk menggunakan box ukuran ini.

Harga box sudah termasuk ongkos kirim loh. Dan untuk periode 7-31 Maret 2016 sedang ada diskon sebesar 7%.





JNE Music

JNE bekerja sama dengan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia) untuk mendukung industri musik Indonesia dan kampanye “Stop CD Bajakan”.

Pembelian CD musik Indonesia yang asli akan dijual di 153 gerai JNE di seluruh Indonesia dan website Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara). Untuk jadwal pasti mulai penjualan CD-nya, pantengin aja sosial media atau website JNE ya.

Jaringan JNE yang luas ini bisa banget ya dimanfaatkan oleh para musisi Indonesia untuk memasarkan karya musiknya.



JNE Super Speed

Super Speed adalah service dari JNE untuk langsung mengantarkan paket atau dokumen yang akan diterima dengan sangat cepat. Untuk sampai April 2016 sedang ada tarif promo sebesar IDR 40K per kilogram pertama. Dan penambahan sebesar IDR 4K per kilogram selanjutnya.

Pengiriman khusus dari dan ke wilayah DKI Jakarta ya, dengan waktu pengiriman jam 08.00 – 15.00 WIB. 

Dan tambahan, ini berlaku untuk walk-in customer yang datang ke 28 kantor perwakilan JNE di Jakarta dan paket yang di pick up. Tarif promo tidak berlaku ya bila diantar atau di pick up diluar waktu pengiriman tersebut.



JNE International Shipment

JNE bekerja sama dengan mitra strategis untuk pengiriman internasional, yaitu:

1.    DHL untuk pengiriman paket ke negara Eropa
2.    Sung Fung untuk pengiriman paket ke negara Asia.

Biasanya tujuan utama pengiriman ke negara Singapura, China, dan Hongkong.

Kelebihan JNE International Shipment adalah:
1.    Harga yang kompetitif
2.    Pelanggan JNE bisa melakukan trace and track untuk melihat status pengiriman paket mereka melakui website JNE.


Sedang ada promo harga diskon17%  untuk negara tujuan Singapura, loh.


JNE Trucking

Untuk para pelaku UKM atau usaha dengan pengiriman dalam jumlah banyak bisa menggunakan JNE Trucking.

JNE Trucking adalah layanan pengiriman jalur darat menggunakan truk jenis Double-Decker. Truk jenis ini bisa meminimalisir resiko kerusakan pada saat proses pengiriman, sehingga paket jadi lebih aman.

Layanan ini hanya beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali dengan berat pengiriman minimal 10 kg. Isi paket diusahakan yang tidak peka waktu, jadi JNE Trucking tidak melayani pengiriman makanan yang hanya dapat bertahan selama beberapa jam.

Nah, kalau untuk pengiriman sepeda motor sangat bisa dilayani, tapi tarifnya berbeda dengan kiriman paket biasa. Tarif untuk motor <150cc dan >150cc juga memiliki tarif tersendiri.

Estimasi waktu pengiriman sekitar 3-7 hari kerja, tergantung kota tujuannya. Layanan ini baru akan mulai beroperasi sekitar bulan Maret 2016 ini. Jika ingin menggunakan layanan ini, hubungi saja contact center JNE.



JNE Pop Box

JNE Pop Box bentuknya seperti loker. Layanan ini diperuntukkan bagi pelanggan JNE Loyalty Club, yang biasanya sangat mobile, sehingga seringkali tidak berada di rumah.

Alur sederhana untuk menggunakan layanan JNE Pop Box adalah:

1.    Pelanggan (pengirim) datang ke JNE cash counter atau kantor perwakilan JNE yang saat ini hanya bisa dilakukan di 12 tempat.

2.    Memilih jenis atau tipe loker Pop Box sesuai dengan ukuran paket yang akan dikirim. Ukuran loker yang tersedia yaitu XS, S, M, L, dan XL.

3.    Memilih lokasi loker Pop Box yang terdekat dengan si penerima. Saat ini JNE Pop Box baru tersedia di 32 lokasi di Jakarta yang tersebar di pusat perbelanjaan, stasiun kereta, dan kampus. Salah satunya adalah di Stasiun Sudirman

4.  Penerima akan menerima kode PIN untuk membuka loker melalui SMS.

5.     Penerima bisa mendatangi lokasi Pop Box yang sudah ditentukan dan mengambil dokumen atau paket kirimannya.

Kiriman yang disimpan pada Pop Box dijamin JNE aman dan mudah untuk menggunakan layanan ini.
Oiya, barang harus diambil sejak 71 jam atau 3 hari dari barang disimpan di loker. Bila lewat dari masa itu, maka penerima harus mengambil paketnya di service centre JNE (JNE S. Parman, Slipi, Jakarta Pusat).





MyJNE

MyJNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon baik pengirim ataupun penerima barang.

Aplikasi ini berguna untuk:
1.    Memonitor status pengiriman.
2.    Mengetahui lokasi JNE yang terdekat.
3.    Mengecek tarif JNE untuk pengiriman seluruh Indonesia.
4.    Transaksi jual beli secara individual antara pembeli dan penjual dengan menggunakan fitur MyCOD.

Fitur MyCOD digunakan untuk pengguna yang terdaftar dalam MyJNE. Untuk MyCOD, JNE bekerja sama dengan Bank Permata, sehingga pembayaran bisa menggunakan sistem escrow.

Sistem escrow memungkinkan pelanggan bisa:
1.    Dana bisa terpotong secara otomatis ke rekening tujuan.
2.    Bisa transfer saldo ke sesama pelanggan lainnya melalui aplikasi mobile.
3.    Pelanggan dapat mengisi saldo via ATM.

Detail selanjutnya tentang aplikasi MyJNE plus fitur MyCOD di postingan berikutnya ya hehehe... Dan MyJNE ini bisa di download di http://bit.ly/MyJNE




7 Magnificent tersebut membuktikan komitmen JNE untuk mengembangkan industri logistik di Indonesia, sehingga sektor perdagangan bisa meningkat lebih pesat lagi. JNE juga berusaha melakukan adaptasi terhadap perubahan zaman dan terus berupaya meningkatkan layanannya.

Keren-keren inovasi dari 7 Magnificent. Semoga layanannya bisa makin berkembang dan memudahkan para pelanggannya.










Komentar

  1. Saya sedang menikmati aplikasi MyJNE nih. Bagus banget buat usaha BeyondC saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, usaha beyondC apa tuh mak? Ntar meluncur ke blognya yaa 😊

      Hapus
  2. Keren ya JNE terus berinovasi

    BalasHapus
  3. Waaaah JNE sekarang berkembang banget ya Mak, berasa lebih ngikutin Jaman. Tulisannya keren Mak!

    BalasHapus
  4. Semoga dengan berkembangnya aplikasi JNE juga berkembang lebih baik juga untuk proses pengirimannya sehingga customer juga semakin puas :)

    BalasHapus
  5. JNE teruskan inovasimu
    semoga semakin dekat dengan pelanggan

    BalasHapus

Posting Komentar