Belajar Bahasa Mandarin Bersama Miao Mi




Saat TK, Haqqi tidak diajarkan bahasa Inggris di sekolahnya. Saya juga belum mengajarkannya di rumah, karena masih fokus pada belajar iqro dan hapalan al quran. Makanya, saya rada bingung saat tahu kalau Bahasa Inggris masuk ke mata pelajaran yang akan diuji saat tes masuk SD.

Pasrah lah ya, tidak mungkin juga mengajarkan bahasa asing dalam waktu singkat. Eh, ternyata alhamdulillah lulus, dan nilai bahasa Inggris-nya bagus. Loh, kok bisa?

Setelah ditelisik, ternyata dia banyak tahu kosa kata Bahasa Inggris karena nonton film kartun di Disney Junior. Waktu masih berlangganan tv kabel, cuma saluran tersebut yang kami perbolehkan buat ditonton. Dan, padahal sehari pun cuma menonton maksimal 2 jam. Ternyata dari menonton pun, bisa mendapatkan manfaat ya *syarat dan ketentuan berlaku*.

Peluncuran Miao Mi di Indonesia

Saya mendapatkan undangan dari Celestial Tiger Entertainment (CTE) untuk acara peluncuran saluran anak Mandarin Miao Mi di Indonesia. Acara peluncuran ini diadakan di Lollipop's Playland, Lotte Shopping Avenue, Kuningan pada 28 Januari 2016.

Lokasi Acara Peluncuran Saluran Anak Miao Mi


CTE, yang merupakan operator saluran televisi Asia terbesar, menggaet PT MNC Sky Vision (MSKY) untuk menghadirkan Miao Mi di Indonesia.

Miao Mi merupakan saluran edutainment berbahasa Mandarin yang ditujukan untuk anak-anak pra sekolah (3-6 tahun). Saluran anak ini menawarkan sudut pandang lain dalam program edutainment-nya. Biasanya acara-acara anak yang ditawarkan di televisi berbayar adalah dari sudut pandang Barat, sehingga kebanyakan kurang sesuai dengan nilai dan budaya yang dianut.

Dengan menggunakan sudut pandang Asia, diharapkan Miao Mi dapat menghibur anak dan mendapatkan nilai lebih karena lebih mirip dengan nilai dan budaya yang dianut.

Semua hal tersebut disampaikan oleh Ofanny Choi, Executive Vice President, TV Networks, CTE. Selain sebagai hiburan bernuansa Asia, Miao Mi juga menawarkan berbagai acara yang dirancang agar para penonton cilik terbiasa mendengar Bahasa Mandarin. Dengan cara yang menyenangkan, mereka tidak akan sadar sedang menghapal banyak kosa kata Bahasa Mandarin.

Yudha Wibawa, Deputy CEO PT MNC Skyvision, Tbk


Di era MEA ini, kita harus bersiap menghadapi persaingan tingkat internasional. Dimana, dipastikan China akan merajai perekonomian dunia dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini saja, China sudah menjadi ekonomi kedua di dunia.

Untuk berhubungan dengan para investor dari China, sebaiknya kita menggunakan bahasa Mandarin. Kenapa tidak menggunakan Bahasa Inggris yang jelas-jelas bahasa internasional? Sebab, orang China kebanyakan bahasa Inggrisnya kurang fasih, akibat dialek mereka yang membuat artikulasi bahasa Inggris nya pun sulit dimengerti.

Begitu penjelasan dari Yudha Wibawa, Deputy CEO PT MNC Skyvision, Tbk.

Melissa Karim, bintang tamu di acara ini, berujar bahwa anaknya Jazz senang menonton TV. Tapi, dia mengusahakan agar tayangan yang dipilih menghibur, mendidik, dan sesuai dengan umur anaknya (4,5 tahun). Dia berkeinginan Jazz bisa belajar bahasa Mandarin, karena menurutnya bahasa Mandarin sangat penting dalam posisinya sebagai bahasa internasional kedua.

Karena itu, Melissa memilihkan Miao Mi untuk anaknya. Hal-hal yang dia senangi dari Miao Mi:

(1) Miao Mi membawa nilai-nilai Asia dalam tayangannya, seperti hormat pada orang yang lebih tua.
(2) Ada kriteria umur di Miao Mi, yaitu tayangan untuk 3-5 tahun dan 5-6 tahun.
(3) Bisa belajar bahasa Mandarin dasar secara menyenangkan





Melissa Karim, Jazz, dan Miao Mi


Program Acara dari Saluran Miao Mi

Miao Mi merupakan saluran hiburan anak berbahasa Mandarin, yang tujuannya adalah:

(1) mendukung anak belajar bahasa Mandarin secara interaktif, kreatif, dan menyenangkan.
(2) menghibur, mendidik dan memperluas wawasan anak sesuai sudut pandang unik Asia.

Setiap tayangan dari Miao Mi dikemas secara menarik dan menyenangkan, jadi anak bisa menyerap kosa kata bahasa Mandarin sebanyak mungkin.

Nama Miao Mi sendiri berasal dari Miao yang artinya kucing, dan Mi adalah wonderful. So, Miao Mi means wonderful cat.

Keseluruhan program Miao Mi menawarkan sarana belajar yang menyenangkan dalam mengembangkan kemampuan belajarnya, dalam hal:
- Budaya dan nilai Asia
- Kemampuan motorik
- Kemampuan berbahasa
- Kemampuan sosialisasi
- Kemampuan kognitif
- Belajar nilai kehidupan

Program-program di Miao Mi juga sepenuhnya disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia,sehingga penonton bisa memilih atau mengganti audio antara Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia dengan menggunakan remote control TV.

Berikut beberapa gambar yang menampilkan program-program unggulan di Miao Mi:


Rubi Yoyo





Bellbug Popo



Pleasant Goat and Big Big Wolf

Selain itu, ada juga Miao Mi Classroom yang tayang setiap 20 menit. Acara ini mengenalkan Bahasa Mandarin dasar pada anak-anak melalui lagu dan cerita.

Ada tayangan sekilas beberapa film kartun tersebut di atas, dan seru juga kayaknya menghapal bahasa Mandarin sambil nonton film-nya yang lucu dan menghibur.


Oiya, Maio Mi ini tayang di Indovison channel 38 ya. Untuk keterangan lebih lanjut tentang Miao Mi ada di www.MiaoMi-tv.com.

Cupcake Miao Mi (rasanya enak)






Komentar

  1. Wah asik nih, anak saya bisa belajar bahasa mandarin.. etapi aku baru nutup indovision hehehe

    BalasHapus
  2. Bagus banget buat belajar, sayangnya gak punya TV :(

    BalasHapus

Posting Komentar