My 2016 Resolution





Sejak jaman kuliah, saya suka bikin resolusi pas tiap awal tahun. Daftar resolusinya saya tempel di tempat yang bisa saya ingat. Seringnya sih di dompet (tempat foto), atas meja belajar atau meja kerja, di binder atau planner saya.


Tiap akhir tahun biasanya suka saya evaluasi daftarnya. Kadang bisa tercapai semua, kadang cuma sebagian, kadang malah tidak ada yang tercapai hehehe...


Tapi, karena udah kebiasaan, ya tetap aja setiap tahun saya bikin daftarnya. Jadi resolusi yang gagal biasanya saya jadikan resolusi tahun berikutnya. Dan, saya pasti tulis catatan, kenapa bisa gagal. Harapannya tahun depannya ya tidak keulang lagi.

Catatan untuk tahun ini: beberapa resolusi saya tidak tercapai karena kekurangan saya dalam manajemen waktu dan tenaga, dan suka menunda pekerjaan hikss... Biasanya yang saya tunda sih pekerjaan rumah tangga *nyengir*

Jadiii, mudah-mudahan tahun ini saya bisa lebih  pandai memilah dan memilih prioritas, belajar lebih baik lagi memanajemen waktu dan tenaga (dan uang hihihi...), dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Pekerjaan apa pun *menegaskan pada diri sendiri*

Beberapa keinginan (resolusi) saya berkaitan dengan hobi, skill, dan finance di tahun ini (2006), antara lain:



Lebih Konsisten Nge-Blog

Saya pengin banget bisa konsisten nulis blog. Bisa belajar lebih banyak lagi tentang konten yang bagus dan manfaat, cara menuliskan yang enak, plus seluk beluk per-bloggingan. Pengin banget sih blog ini bisa punya 'nilai' yang bagus, baik secara statistik maupun bisa dapat tawaran job review *uhuk* #kode

Tapi, untuk tahun ini sih penginnya terus aja meningkatkan kualitas tulisan. Sedikit yang baca nggak apa-apa, kalau yang baca banyak ya bonus banget *alhamdulillah*

Terus, mau rajin blogwalking. Secara saya sadar banget, masih punya teman blogger sedikit. Lagipula, selain silaturahmi, pasti saya bakalan banyak belajar dari tulisan teman-teman blogger yang lain.



Rajin Kirim Cerita Anak ke Media

Sebelum mulai nge-blog, awalnya saya senang menulis cerita anak. Penginnya tahun ini mau balik belajar serius lagi buat nulis cerita anak, soalnya

(1) anak-anak suka nanyain cerpen anak buatan bundanya
(2) pengin banget cerita anak saya dimuat di media.

Selama ini baru beberapa kali ngirim cerita anak  ke Bobo dan satu cerita anak ke Kompas Anak. Semuanya ditolak *ditolak kok pengumuman wkwkwk..*. Bahkan, yang Kompas Anak pun ada surat penolakannya. Eh, tapi pernah deh dimuat sekali di Kompas Anak, tapi berupa resensi buku anak sih.

Foto dari Mbak Haya. Seneng banget soalnya ini pertama kalinya tulisan mejeng di Kompas Anak *dan belum ada lagi sampai sekarang* #ngakak



Stir Mobil

Saya pernah latihan stir mobil sekitar 4 tahun lalu. Eh, karena hamil anak ketiga, jadi udah nggak pernah lagi pegang stir mobil. Mau mulai lagi kok ya nyalinya ciut banget yak.


Etapi, karena emang butuh banget bisa, tahun ini pokoknya harus berani dan mulai belajar lagi.  Doain ya teman-teman.


Other Skills 

Pengin punya keahlian lain, seperti baking, crafting atau menjahit *ih, saya mah banyak maunya yak hihihi...*

Untuk baking sih lagi belajar pelan-pelan.
Crafting baru mulai belajar tentang decoupage. Tentang decoupage saya tulis di postingan lain ya.Saya baru bisa teknik dasar decoupage, itu pun ya masih harus banyak latihan. Penginnya tahun ini bisa belajar teknik decoupage yang lainnya, plus media yang lebih menantang. Soalnya sejauh ini saya baru coba di bahan pandan, seperti clutch dan pouch.





Kalau menjahit, hmmm, itu untuk resolusi berapa tahun ke depan deh. Pertama, harus kursus dulu (belum ada waktu) hihihi... Kedua, belum punya mesin jahitnya.




Finance 

Tahun ini saya pengin bisa lebih berhemat lagi, dan bisa punya tambahan tabungan atau investasi.


Masalah penghematan sih sebenarnya sudah banyak dilakukan, seperti hemat penggunaan listrik, air, pulsa telepon, masak sehari-hari, transpor, sampai belanja bulanan.

Untuk belanja bulanan, biasanya saya cari yang sedang harga promo. Atau, belanja di swalayan yang memang terkenal harganya murah. Untuk belanja keperluan lainnya, seperti kebutuhan sandang, tetep cari yang ada potongan harga (udah dicek beneran diskon, bukan yang harganya dinaikin dulu).

Saya sering juga belanja online. Belanja online biasanya karena emang butuh dan harganya lebih murah dari yang offline, atau barangnya justru lebih mudah didapat secara online. Paling seneng kalau lagi belanja online, terus dapat voucher. Hemat banget!

Makanya. saya senang pas tahu ada website flipit. Flipit tuh situs kupon online (voucher) yang lengkap banget. Gerainya banyak, mulai dari fashion, makanan, tiket pesawat, hotel, sampai taksi. Ikutin aja media sosialnya, kalau ada voucher baru pasti update. Saya udah ambil beberapa kode untuk vocher, jadi tinggal dipake.

Oiya, gerai (toko online) yang kerjasama dengan flipit udah dipilih yang terpercaya yaa... Dan, tiap ada voucher (kode promo) sudah diuji coba oleh tim flipit sebelum dipublish di situsnya.

Btw, flipit lagi ngadain kuis loh, kerjasama dengan Bilna. Gampang banget deh. Klik aja link ini. Cuma tulis apa sih keinginan kamu di tahun 2016. Siapa tau bisa dapat voucher belanja Bilna senilai Rp300.000; buat dua orang pemenang.



Nanti kalau ada kolom tahu dari siapa, tulis aja di OTHER nama blog sayah yaa hihihi...



Good luck...

Komentar

  1. mba Indri, beberapa resolusinya mirip sama saya, seperti blajar nyetir (lagi) dan menyelesaikan novel remaja dan cerita anak :)

    semoga resolusi kita banyak yang tercapai tahun ini, yaa, amiinnn..

    BalasHapus
  2. Wah..craftingnya keren mbak, mau dong belajar ☺

    BalasHapus
  3. Ayoo semangat belajar nyetirnyaa. Emang hrs dpaksa spy bs sih. Hihi.. aku jg pgn blajar crafting yg lain nih. Klo jahut insya Allah udb bs, dikiittt...

    BalasHapus
  4. Wahhhh.... itu pouch jadi cantik gitu ya. Btw semoga resolusinya menjadi nyata semua yaaaa..

    BalasHapus
  5. Stir mobil itu resolusiku yang gagal dari tahun ke tahun sampai 10 thn dan sudah gak mood hehehe

    BalasHapus
  6. Semoga resolusi 2016 nya tercapai semua ya mak. Aku pun masih bermasalah sama manajemen waktu.. suka nunda nunda pekerjaan. Prinsipnya, Pekerjaan rumah tangga mah nanti aja di beresin kalau udah selesai nonton drama korea :)))

    BalasHapus
  7. Dompetnya tantik tantik

    Semoga terwujud dan menang juga ya, Mak Indri

    BalasHapus
  8. Semoga semua resolusi tahun ini bisa terwujud ya Mak, aamiin

    BalasHapus
  9. Mbak, boleh tanya belajar decoupage-nya di mana ya (mungkin ada komunitasnya atau link tutorialnya gitu)? Sepertinya menarik ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar