Macet? Ini Harapan Saya pada Polisi

Beberapa minggu lalu, saya janjian dengan teman-teman dekat di SMP. Berhubung mereka semua tinggal di kawasan timur Jakarta, jadilah lokasi janjian di Cipinang Indah Mal. Nun jauh banget dari rumah saya.

Saya dan anak-anak berangkat dari dua jam sebelum waktu janjian. Ealah, ternyata 2 jam saya masih mentok di tol depan CITOS. Mau nyampe kapan. Padahal, sepanjang jalan ya macetnya sama seperti itu.

Akhirnya mempertimbangkan kalau bakal lama di jalan, saya batal pergi. Gara-gara macet, gagal silaturahmi *mewek*

Selain kerugian secara ekonomis, kemacetan ini memang membawa banyak sekali dampak negatif. Setidaknya, rugi waktu dan tenaga.

Pengin banget biar lalu lintas Jakarta dan sekitarnya bisa bersahabat, sehingga aktivitas penduduknya bisa berjalan dengan lebih lancar dan produktif.

Gimana caranya? Atasi kemacetan. Butuh dukungan dari berbagai pihak, tapi polisi sangat besar perannya dalam mengatasi kemacetan ini.



Harapan saya kepada polisi untuk menangani kemacetan lalu lintas: 

  1. Pengawasan terhadap angkutan umum yang suka ‘ngetem’ di sembarang tempat dan menaikkan atau menurunkan penumpang di tengah jalan. 
  2. Sosialisasi pada masyarakat tentang tata cara berkendara yang baik, serta pengenalan rambu lalu lintas. Diharapkan, masyarakat mampu berkendara dengan aturan yang baik, walau tanpa diawasi polisi. 
  3. Penanganan cepat terhadap kecelakaan lalu lintas yang terindikasi akan menimbulkan kemacetan jalan. 
  4. Masih banyaknya persimpangan jalan yang tidak memiliki underpass atau fly-over, dan lampu lalu lintas. Minimal, tiap persimpangan yang terindikasi akan menimbulkan kemacetan diberi lampu lalu lintas. 
  5. Dengan bertumbuhnya pembukaan jalan tol, potensi akan adanya titik ‘bottleneck’ atau jalan yang menyempit menuju pintu masuk tol akan semakin banyak. Diharapkan polisi bisa mengatasi kemacetan di titik ‘bottleneck’ ini. 
Angkutan umum yang menurunkan atau menaikkan penumpang di tengah jalan (www.repulika.co.id)

'bottle neck' atau jalur menyempit (www.kompas.com)


Yuk, kita dukung polisi! Cepat info ke twitter TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) bila ada kecelakaan, kemacetan, atau info lalu lintas lainnya.

Komentar

  1. Polisi cepat tanggap, lalu lintas aman terkendali. Tapi gimana masyarakatnya juga sih. Tapi yang terpenting adalah infrastrukturnya yaitu blueprint tata kota nya harus bagus.
    goodluck ya lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dasarnya emang infrastrukturnya harus bagus ya

      Hapus
  2. angkot kadang bikin gak nyaman

    BalasHapus
  3. Macet memang bikin waktu terbuang ya mbak

    BalasHapus
  4. macet memang menyebalkan ya mba...kapan jakarta gak macet lg hohoho....

    BalasHapus

Posting Komentar