Webmaker for Android: Aplikasi Baru dan Mudah dari Mozilla

Seneng banget pas akhirnya bisa ikutan acara dari KEB dan Mozilla Indonesia, yaitu Pengenalan Webmaker for Android.

Saya biasa menggunakan Mozilla Firefox di PC, jadi penasaran juga nih sama aplikasi barunya Mozilla yang katanya mudah dan menyenangkan.

Sabtu, 15 Agustus 2015, saya datang bersama Haqqi. Dan, ternyata nggak ada yang bawa anak, kecuali saya hehehe... Untunglah Haqqi bisa anteng nungguin bundanya sampai selesai acara.

Oiya, acara ini diadakan di Jakarta Digital Valley, Menara Multimedia, Kebon Sirih, Jakarta. Dekorasi tempatnya bagus, mirip-mirip 'valley' gitu deh. Dan, konon, hasil nanya-nanya sama mba panitia, katanya memang dekorasi kantor di Menara Multimedia dibuat seru dan menarik. Dekorasi tiap lantai juga berbeda temanya. Mungkin, mirip-mirip kantor Google Indonesia kali ya. Jadi kan, karyawannya semangat buat ngantor.

Balik ke acara...

Acara mulai agak mundur. Seharusnya jam 10, jadi mulai menjelang jam 11.

Acara dibuka dengan pengenalan Mozilla dan aplikasi barunya, yaitu Webmaker, oleh William Quiviger (Global Community Manager-nya Mozilla).



Mozilla yang merupakan organisasi non profit percaya bahwa masyarakat tidak hanya membaca apa yang ada di internet (hanya menjadi konsumen internet), tapi juga harus melek internet. Melek internet yang dimaksud di sini adalah dengan cara berpartisipasi dalam lalu lintas internet, yaitu MENULIS. Dengan melek internet, diharapkan lebih banyak lagi orang yang taraf hidupnya bisa meningkat secara sosial ekonomi.

Mozilla mengeluarkan aplikasi terbarunya untuk android, yaitu WEBMAKER. Aplikasi ini terdiri dari sekumpulan tools, dimana kita bisa membuat 'website' tanpa harus mengerti tentang coding. Seru, yaa...



Webmaker dibuat dengan tujuan: nantinya aplikasi ini bisa menjadi alternatif ketiga, setelah android dan ios. Aplikasi ini bisa bikin kita jadi kreator web. Dengan konsep open source (sumber terbuka), Mozilla berharap dengan adanya Webmaker, makin banyak orang yang terlibat dalam internet, salah satunya dengan menjadi creator website. Tentunya harus digunakan untuk hal-hal yang positif dong, ya.

Kalau ada yang mau download aplikasinya, meluncur deh ke : mzl.la/org 

Dan, kalau ada juga yang mau membuat workshop tentang pengenalan Webmaker bisa juga kok. Tanya-tanya aja di teach.mozilla.org 


Acara dilanjutkan dengan pengenalan cara penggunaan Webmaker. Cukup gampang, kok.

Pertama, setelah unduh aplikasi, kita daftar dulu. Setelah itu, ada dua tombol, yaitu Discover dan Make. Discover untuk mencari proyek-proyek yang sudah dibuat orang lain, sedangkan Make untuk membuat proyek kita sendiri. Setelah itu kita bisa mulai proyek kita dengan membuat teks, unduh foto, maupun link untuk ke halaman selanjutnya. Kita juga bisa loh share proyek kita ke berbagai akun medsos kita.

Masih bingung, ya? Emang akan bingung kalo gak dicoba sendiri. Jadi, yang punya android, yuk unduh dan mulai utak-atik Webmakernya.

Oiya, Webmaker ini masih versi beta, alias masih trial. Dan, beberapa peserta mengeluh karena jika posting foto banyak di webmaker, smartphone-nya jadi agak lola.

Well, semoga Webmaker ini bisa makin berkembang ya nantinya, soalnya seru sih. Kalo bisa sih dibuat ada interaksi dengan pembaca, jadi kita bisa komen gitu di proyek teman kita di Webmaker. Kan, bisa sekalian ngasih masukan ke teman kita tersebut :)

Setelah panduan menggunakan Webmaker, para peserta ditantang untuk membuat proyek secara berkelompok. Tantangan dibagi dalam dua tahap: (1) presentasi ide dengan bekal gambar atau tulisan di kertas besar, dan (2) presentasi hasil aplikasi ide ke Webmaker.



Tema dari tantangan adalah tentang perayaan 17 Agustus. Seru-seru deh idenya, mulai dari tips menang berbagai lomba 17-an, sampai ke portal merchant yang memberikan diskon selama tanggal 17 Agustus. Dan, aplikasi ide-ide tersebut ke Webmaker juga keren-keren banget.

Seneng deh ikut acara ini. Tambah teman dan tambah ilmu.

Makasih KEB dan Mozilla Indonesia.

Komentar

  1. seru ya acaranya...aku ga ikut pas itu.. :"(
    cobaaa ah donlot

    BalasHapus
  2. Keren liputannya (y) Thanks for sharing!^__^

    BalasHapus
  3. Wah ternyata ibu ya yang bawa anak ke acara. heheh... saya sekali si dede' ngk mau makan siang sendiri.

    Tulisanya sangat bagus bu.

    FYI untuk link downloadnya itu mzl.la/webmaker heheh... kalau mzl.la/org ngk bisa di akses ibu. Dan sekarang Webmaker sudah tidak beta lagi ibu. :)

    Terimakasih sudah datang dan memeriahkan acaranya. Sampai ada review yang sangat menarik.

    BalasHapus
  4. aku belum posting :) tapi seneng dapet ilmu baru

    BalasHapus
  5. tambah wawasan baru nih mbaa..kayaknya harus kreatif untuk menjadi web creator handal :)

    BalasHapus
  6. Wah, ilmu baru nih. Coba-coba ah...

    BalasHapus
  7. Wah seneng yaa, banyak ilmu yg didapat di acara itu, aku ga bisa ikut waktu itu

    BalasHapus

Posting Komentar