5 Alasan Lebaran 2015 #LebihBaik

Momen Lebaran itu sepertinya nggak akan bosan untuk terus diceritakan. Sebab, ada banyak cerita di balik tradisi mudik dan silaturahmi.

Saya merasa bahwa Lebaran tahun ini #LebihBaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Lima alasan saya bahwa Lebaran kami tahun ini #LebihBaik adalah:


1. 

Lebaran tahun ini spesial bagi Haqqi (7) dan Danish (5) juga, karena akhirnya mereka bisa lulus berpuasa. Yay, alhamdulillah. Artian lulus sih bukannya mereka full berpuasa selama bulan Ramadhan. Haqqi ada bolong 4, selebihnya full sampai magrib. Danish mah nggak ada yang bertahan sampai magrib, tapi sudah ikut sahur dan mau berpuasa selama beberapa jam saja saya sudah menganggapnya lulus.

Mereka menantikan momen Lebaran, karena saat itu mereka sudah tidak harus berpuasa dan sholat tarawih di masjid *haduh, tepok jidat*.


2.

Tahun ini, kami sekeluarga bisa sholat Idul Fitri berbarengan di masjid. Akhirnyaaa... Seneng banget. Soalnya, beberapa tahun belakangan, ada saja halangannya saya untuk ikut sholat Idul Fitri. Saya akhirnya tetap ke masjid, cuma untuk mendengarkan ceramahnya.

Persiapannya juga seru. Biar Farghan (2.5) nggak rewel, saya sudah siapkan minuman dan camilan. Camilannya saya pilih yang nggak akan bikin masjid kotor karena remahannya. Sudah disiapkan juga buku mewarnai dan gadget, kalau-kalau Danish ikutan bosan.

Anak-anak ke masjid dengan baju koko model Arab, hadiah dari Uti-nya pas Umroh. Alhamdulillah-nya, Danish ternyata bisa ikut sholat dengan tenang, dan Farghan gak rewel. Saya bisa tenang deh sholat Idul Fitri.


3.

Saya dan suami sudah mengatur jadwal silaturahmi dan jalan-jalan selama Lebaran. Belajar dari pengalaman Lebaran tahun-tahun sebelumnya, kami mulai realistis mengatur jadwal. Sejauh pengalaman saya Lebaran di Jakarta sih, kalau kota Jakarta-nya termasuk lengang, tapi ada beberapa spot di dalam kota Jakarta, dan apalagi pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, nih, yang macetnya kok ya jadi gak masuk akal. Katanya banyak yang mudik, kok jalanan pinggiran Jakarta tetap aja macet yaa *grin*

Jadi, kami pun mengatur jadwal silaturahmi selonggar mungkin, menyesuaikan dengan jam dimana menurut prediksi kami macetnya sudah terurai. Tujuan jalan-jalan pun kami cari yang tidak biasa dengan tiket yang murah, sehingga kami bisa berlibur tanpa harus berdesak-desakan atau antri.

Lebaran tahun ini kami bisa jalan bersilaturahmi dengan keluarga tanpa kemacetan yang berarti dan bisa liburan, di antaranya menonton film Ant Man dan main ke Taman Wisata Alam Angke.



4.

Kami memang sudah terbiasa dengan tidak adanya ART. Tapi, pas saat Lebaran itu pekerjaan jadi double, bahkan kadang triple dari biasanya. Karena jadwal padat *gayanya*, jadi baju kotor pun menumpuk.

Nah, untungnya suami mau berbagi tugas rumah tangga. Jadi, lebaran tahun ini kerjaan rumah bisa beres, jalan-jalan pun lanjut terus *yup, tapi abis itu uang THR abis yak* :D


5.

Ini nih yang paling penting. Perencanaan FINANCIAL pas Lebaran. Saya udah pernah ngebahas sih di sini.
Nah, belajar dari pengalaman Lebaran sebelumnya, kami jadi tahu pos mana yang paling BOROS, dan pos mana yang sebenarnya bisa dihemat atau malah ditiadakan.

Saya banyak membaca di beberapa website perencanaan keuangan, termasuk salah satunya adalah Brighter Life. Di website yang memberikan informasi seputar keuangan, kesehatan, keluarga, karir, dan lain-lain itu, saya mendapatkan beberapa tips tambahan untuk mengelola keuangan. Terutama sih, tentang investasi.

Lebaran tahun ini, pas banget juga dengan anak-anak mulai sekolah tahun ajaran baru. Jadi, kami musti ekstra ketat dengan keuangan. Berkat komitmen bersama, kami masih bisa menyisihkan sedikit untuk investasi.



Itu 5 alasan saya menganggap Lebaran tahun ini #LebihBaik. Apa alasan teman-teman?


Komentar

  1. seneng ya mbak kalo anak2 puasanya full..saya lebaran kali ini g jadi mudik^^

    BalasHapus
  2. Lebaran memang menjadi moment yang sangat penting bagi kita. Orang-orang rela bermacet-macetan saat mudik, demi bisa berkumpul dengan keluarga pas lebaran

    BalasHapus
  3. kunjungan pertama.....
    manfaat banget website/Blog nya.....

    ijin lihat-lihat blog/website nya ya gan/sist.....

    Daftar rumah Murah Subsidi Bekasi tahun 2015-2016

    BalasHapus
  4. semua punya kisah lebaran unik ya mba, kalau ini secuplik alasan-alasan saya tentang lebaran #LebihBaik :) : http://braveandbehave.blogspot.com/2015/08/secuplik-kisah-mudik-lebaran-lebihbaik.html

    BalasHapus
  5. senangnya bisa sholat Ied barengan ya

    BalasHapus
  6. Lebaran memang selalu seru ya 🎉👏

    BalasHapus
  7. Mak,sepertinya link brighter life nya salah tuh. Coba cek lagi mak

    BalasHapus

Posting Komentar