Pahlawan Masa Kini: Yuhyina Maisura

Grup Sharing YKBH 

Seminggu yang lalu, saya membaca status BBM dari Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH). Isinya kurang lebih berbunyi, dibuka kesempatan untuk ikut grup BBM dari YKBH. Saya paling suka ikut grup parenting, apalagi ini dari YKBH. Langsung dong saya mengajukan diri.

Eits, ternyata ada persyaratannya untuk masuk grup. Kita harus aktif di grup, entah untuk curhat konsultasi atau ikut memberikan saran. Bila dalam seminggu tidak aktif, maka kita langsung dikeluarkan dari grup. Ok, deal! 

Saya masuk ke grup 5 yaitu grup sharing orangtua dengan anak usia 6-9 tahun. Grup ini berdasarkan usia dari anak tertua. Selain grup ini, ada 9 grup lainnya, yaitu grup sharing orangtua dengan anak usia 0-3 tahun, 3-6 tahun, 9-12 tahun. Masing-masing kategori usia ada dua grup. 

Diskusi parenting di grup ini sangat menyenangkan. Banyak yang curhat tentang masalah pengasuhan anak, dari mulai tentang pelukan ke anak, bagaimana mendidik anak laki-laki dan perempuan, mengajarkan mereka shalat dengan kesadaran sendiri, sampai cara mengajak para suami agar mau ikut belajar parenting. 


Di grup ini, para ibu muda (hihihi… berasa saya ibu muda yak) saling memberikan dukungan dan semangat. Seru, soalnya kita kan senasib, alias memiliki anak dengan umur yang hampir sama. Jadi kasusnya ya kurang lebih sama. Diskusi ditutup oleh admin dengan sharing ilmu parenting sesuai dengan kasusnya. 

Selain belajar ilmu parenting, saya membaca langsung aplikasi ilmu ‘admin’ ke keluarganya. Kita jadi semangat euy buat terus belajar jadi ibu yang sholihah. Admin dari BBM YKBH adalah Yuhyina Maisura, putri kedua dari ibu Elly Risman. Beliau diamanahi tugas menjadi admin dari media sosial YKBH, seperti Facebook, Twitter, dan BBM. Khusus BBM, juga memegang kendali atas 10 grup sharing plus grup bagi yang sudah mengikuti pelatihan bu Elly tahap 2.


Pahlawan Masa Kini 

Pahlawan adalah sosok yang berjuang dan memberikan kontribusi untuk negara. Saat ini, tidak harus menjadi orang yang terkenal atau memiliki kontribusi yang spektakuler untuk menjadi pahlawan. Banyak sosok pahlawan di sekitar kita dan bersentuhan dengan kita, walaupun dengan kontribusi yang terlihat sederhana, tetapi memiliki pengaruh yang cukup besar. 



Yuhyina Maisura, ibu rumah tangga dengan dua anak usia 8 tahun dan 3,10 tahun. Ilmu yang didapatnya dari S1 Psikologi UGM dan S2 Komunikasi Monash University, ditambah dengan ilmu parenting yang didapatnya dari sang ibu, Elly Risman, membuatnya menjadi sosok pahlawan saya dan anggota grup lainnya.


Bayangkan, satu grup saja sudah ‘riweuh’ dengan banyak pertanyaan setiap harinya. Apalagi ditambah grup lainnya. Belum lagi memegang akun FB YKBH dengan 5000 teman, page FB dengan sekitar 9000 likes, twitter dengan 4000 follower dan BBM dengan 1500 orang. Fyuuuh, kebayang ‘hectic’nya. Menjawab semua pertanyaan dalam grup membutuhkan kesabaran tinggi, dan ketulusan untuk berbagi ilmu. 

Yuhyina atau biasa dipanggil Busar di grup kami, memiliki manajemen waktu yang baik untuk menangani semuanya. Busar memegang yang namanya prioritas. Kerjakan yang menjadi prioritas dan fokus. Tidak ada yang namanya multitasking, misalnya menemani anak jalan pagi sambil pegang smartphone. Mengerjakan tugasnya sebagai admin grup ada waktunya tersendiri. *langsung sontek tipnya* 


Kita Juga Bisa… 

Menjadi ibu rumah tangga tidak menjadikan kita tidak bisa melakukan sesuatu yang berguna untuk orang lain atau sekitar kita. Sosok busar membuat saya mengerti bahwa hanya dengan berbagi ilmu yang kita miliki merupakan salah satu sosok pahlawan masa kini. 

Berbagi dari yang sedikit, akan memberikan pengaruh yang besar nantinya. Berbagi ilmu parenting dengan ‘sedikit’ ibu-ibu yang bisa dibilang melek teknologi, akan menyebar luas nantinya dengan cara word of mouth

Kita juga bisa menjadi sosok pahlawan bagi segelintir orang, salah satunya dengan berbagi sedikit ilmu yang kita miliki. Dan, semoga saja dengan ilmu yang kita miliki, bisa membawa perubahan positif pada diri kita dan sekitar kita.

Komentar

  1. Bu Sar tidak punya tim sosmed Mbak? Salut dengan keikhlasan beliau.
    Saya juga contek ah, tipsnya, hehe.. Sekarang saya juga tidak mau multitasking, kecuali untuk pekerjaan yang menunggu. Seperti menunggu masakan matang, saya nyapu-nyapu :). Sosmed ada waktunya sendiri, pagi2 seperti ini dan malam2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak punya mba Riski, di-handle sendiri. Keren ya. Saya juga sontek tipnya. :)

      Hapus
  2. hmm, saya masih penasaran gimana cara si emak bagi waktunya utk menjawab banyaknya pertanyaan mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga penasaran mak :D
      Tapi, Busar ini memang ada waktunya buat melongok tiap grup dan jawab-jawab kalo ada yang curhat tentang pola asuh anak :)

      Hapus
  3. Sangat inspiratif, anak muda yang peduli dengan pekerjaan besar mengurus kebutuhan orang banyak yang haus akan wawasan parenting. Saya punya pengalaman mengurus grup, memang tidak mudah. Keren pokoknya anak muda ini, salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh. Kereeen dan inspiratif :)

      Hapus
  4. Jadi admin buat sosmed parenting pasti harus pintar-pintar menjawab beragam pertanyaan dari permasalaham beragam orang tua. Bu Yuhyina ini pastikeren banget manajemen mental dan pengetahuannya. Keren pisan :)

    BalasHapus
  5. Betul mak Ima. Ilmu parentingnya keren banget, secara didikan bu Elly Risman :D

    BalasHapus
  6. Jadi pengen kenal sama Bu Sar :D

    BalasHapus
  7. Bu Sar cantik yaa :) tapi bener juga tuh Mak, bisa disebut multitasking gak ya kalo nemenin anak bermain sambil sibuk sama gadget? atau malah lebih bermanfaat fokus dengan satu kegiatan? perlu pendalaman ilmu ini sayah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih ternyata emang lebih bagus hasilnya pas fokus mak, padahal kita udah biasa multitasking yak :(

      Hapus
  8. Lia baru tau ada group parenting mba, Setelah membaca tulisan ini lia menjadi tahu kalau ibu-ibu alias emak-emak juga ternyata suka diskusi tentang perkembangan anak-naknya. Mungkin setelah nanti menikah dan punya anak lia ikut grup parenting itu, terima kasih mba, tulisannya informatif.

    Mba Yuhyina Maisura, keren banget manajemen waktunya. Lia saja yang single membagi waktu antara kerja dengan menulis masih belum bisa. Semoga Mba Yuhyina Maisura tetap selalu menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya aja salut sama manajemen waktunya. Makasih ya mak Lia :)

      Hapus
  9. blogwalking seperti ini juga gak bisa multitasking sambil buka fbb atau bbman yang ada bw nya terganggu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak Lid, BW juga musti fokus :D

      Hapus

Posting Komentar